Jelang Hadapi Persita, Persik Kediri Dibayangi Kekalahan Tak Wajar

Ada match fixing?

Persik Kediri mesti bersiap menlakoni pertandingan penting pada pekan ke-32 Liga 1 Indonesia 2023/2024. Mereka akan menghadapi Persita Tangerang di Stadion Brawijaya, Kediri. Bentrok kedua kubu nantinya diselenggarakan pada Sabtu (20/4/2024) lusa pukul 15.00 WIB.

Ini menjadi pertandingan krusial bagi Persik karena berpengaruh untuk menentukan nasib ke babak Championship Series Liga 1. Namun, sayangnya, mereka dalam kondisi dilema jelang melakoni pertandingan tersebut. Itu karena mereka baru saja menelan kekalahan yang tidak wajar dari Bhayangkara Presisi Indonesia FC pada pekan terakhir Liga 1.

1. Persik baru menelan kekalahan mencolok 0-7 dari Bhayangkara FC

Jelang Hadapi Persita, Persik Kediri Dibayangi Kekalahan Tak WajarPersik dalam laga menghadapi Persita pada putaran pertama Liga 1 2023/2024. (instagram.com/persikfcofficial)

Persik Kediri menorehkan hasil di luar nalar saat melakoni pertandingan terakhir Liga 1 2023/2024. Melawan Bhayangkara FC di Stadion STIK Jakarta, Jakarta Selatan, pasukan Macan Putih mesti keok dengan skor mencolok 0-7. Hasil minor itu pun menjadi kekalahan terbesar yang dialami Persik sepanjang musim ini.

Bisa dibilang, ini menjadi kekalahan tidak wajar yang dialami Persik. Betapa tidak, bagaimana mungkin mereka dengan skuad terbaik bisa menderita kekalahan setelak itu dari tim yang masih berjuang untuk keluar dari zona degradasi Liga 1. Secara statistik, Bhayangkara sendiri terpaku di tangga ke-15 klasemen sementara.

Di satu sisi, Persik mengusung ambisi tinggi demi tiket lolos ke Championship Series Liga 1 saat menghadapi Bhayangkara. Itu tentu mendukung asumsi Tim Macan Putih tidak mungkin membiarkan dirinya diinjak habis-habisan ketika melakoni bentrok tersebut. Tak disangka, asumsi itu rupanya direspons oleh tim manajemen Persik dengan dugaan kasus match fixing.

2. Kekalahan tak wajar, Persik melayangkan dugaan kasus match fixing

Jelang Hadapi Persita, Persik Kediri Dibayangi Kekalahan Tak WajarPersik dalam laga menghadapi Persita pada putaran pertama Liga 1 2023/2024. (instagram.com/persikfcofficial)

Dikutip akun media sosial resmi klub, Persik Kediri resmi melayangkan dugaan kasus yang mencoreng nilai fair play dalam sepak bola kepada pihak operator Liga 1 2023/2024. Menariknya, mereka melaporkan persoalan itu untuk beberapa pemainnya sendiri yang dicurigai terlibat. Dugaan itu muncul setelah beberapa penggawa Persik tampil abnormal ketika melakoni laga kontra Bhayangkara FC.

Dalam pernyataan resminya, Persik menuliskan surat yang berisi kekecewaan terhadap kekalahan menohok dari Bhayangkara. Mereka pun menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh suporter dan berupaya untuk segera berbenah. Meski demikian, dalam surat tersebut, Persik melalui jajaran tim manajemen juga segera menindaklanjuti kasus dugaan match fixing dengan melaporkan kepada Satgas Anti Mafia Bola.

Baca Juga: Dugaan Match Fixing, Persik Lapor Satgas Anti Mafia Bola

3. Tetap fokus menatap sisa pertandingan demi tiket Championship Series Liga 1

Jelang Hadapi Persita, Persik Kediri Dibayangi Kekalahan Tak WajarPersik dalam laga menghadapi Persita pada putaran pertama Liga 1 2023/2024. (instagram.com/persikfcofficial)

Persik Kediri tidak boleh berlama-lama terjebak dalam hasil minor kontra Bhayangkara FC. Ini karena mereka mesti mempersiapkan diri untuk mengarungi sisa pertandingan babak Reguler Series Liga 1 2023/2024. Paling dekat, Tim Macan Putih akan menghadapi Persita Tengerang dan wajib menang. Itu harus dilakukan demi menjaga asa lolos ke babak Championship Series. Sejauh ini, Persik masih memiliki harapan itu dengan catatan positif di papan klasemen Liga 1.

Untuk sementara, Persik diketahui tengah menduduki peringkat ke-7 dengan raihan 46 poin. Mereka tertinggal empat poin dari Madura United (50 poin) yang menduduki peringkat ke-4 klasemen Liga 1 2023/2024. Maka dari itu, Persik wajib meraih kemenangan pada sisa pertandingan Reguler Series. Dengan kalender yang menyisakan tiga laga, tidak mustahil Persik bisa menembus persaingan empat besar bila terus meraih kemenangan hingga akhir musim nanti.

4. Persik dijagokan menang atas Persita

Jelang Hadapi Persita, Persik Kediri Dibayangi Kekalahan Tak WajarPersik dalam laga menghadapi Persita pada putaran pertama Liga 1 2023/2024. (instagram.com/persikfcofficial)

Secara statistik, Persik Kediri diunggulkan menang jelang melakoni bentrok kontra Persita Tangerang pada pekan ke-32 Liga 1 2023/2024. Ini lantaran Tim Macan Putih akan menghadapi tim yang masih terombang-ambing di papan bawah klasemen. Sejauh ini, Persita tampak kesulitan bersaing dengan catatan 2 menang, 3 imbang, 5 kalah dalam 10 pertandingan berturut-turut.

Selain itu, status pertandingan kandang juga menjadi tambahan modal penting bagi Persik. Apalagi, mereka masih dalam momentum positif dengan penampilan cemerlang bomber andalan, Flavio Silva, usai melibas Persikabo 1973 pada pekan ke-30 Liga 1 2023/2024. Bahkan, Persik memiliki catatan apik usai menahan imbang Persita 2-2 pula pada putaran pertama Liga 1.

Persik Kediri wajib mengevaluasi seluruh pemainnya untuk menghindari dugaan-dugaan buruk jelang menghadapi Persita Tangerang pada pekan ke-32 Liga 1 Indonesia 2023/2024. Kali ini, mampukah Flavio Silva dan kolega meraih kemenangan demi melupakan hasil buruk dari Bhayangkara FC?

Baca Juga: Manajemen Persik Kediri Evaluasi Tim Usai Kalah Memalukan

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya