Ini 4 Pemain Top Arema FC yang Setia di Bangku Cadangan

Didominasi pemain senior!

Arema FC menjadi klub jempolan yang tampil di luar ekspetasi ketika mengarungi Liga 1 Indonesia 2023/2024. Bukan tanpa sebab, ini karena mereka mesti mengakhiri persaingan di papan bawah klasemen akhir kompetisi. Bahkan, nasib Singo Edan beruntung lantaran hampir terdegradasi ke Liga 2.

Tidak sedikit faktor yang melatarbelakangi grafik penampilan Arema menurun drastis pada 2023/2024 ini. Salah satunya disebabkan skuad kedalaman Singo Edan yang mengalami ketimpangan peran antarpemain. Buktinya, ada beberapa pemain top Arema yang malah akrab menghuni bangku cadangan selama semusim penuh.

1. Muhammad Rafli gagal bersinar dalam 2 musim terakhir untuk Arema FC

Ini 4 Pemain Top Arema FC yang Setia di Bangku CadanganMuhammad Rafli (instagram.com/aremafcofficial)

Muhammad Rafli menempati daftar pertama sebagai pemain top Arema FC yang akrab dengan bangku cadangan pada musim 2023/2024 ini. Buktinya, pemain kelahiran Tangerang ini hanya membukukan statistik 848 menit bermain dalam 25 penampilan di Liga 1. Bahkan, sebagai penyerang, Rafli baru melesakkan dua assist saja tanpa meraup gol sama sekali selama 1 musim penuh.

Catatan tersebut pun memperpanjang tren penampilan eks penggawa Timnas Indonesia ini ternyata merosot dalam 2 musim beruntun. Sebab, pada 2022/2023 lalu, Rafli menampilkan performa yang tidak jauh berbeda. Dirinya hanya meraup 1 assist dari 22 penampilan (865 menit tampil) untuk Arema di Liga 1.

Padahal, bila berkaca pada 2021/2022, Rafli masih memberi kontribusi yang cukub besar untuk Arema. Ia berhasil menorehkan 6 gol dan 3 assist dari 33 penampilan (1.878 menit tampil) di seluruh ajang. Bahkan, kala itu, Rafli sukses mengantarkan Singo Edan menyabet gelar juara Piala Presiden 2022.

Baca Juga: Arema FC akan Coret 50 Persen Pemainnya

2. Greg Nwokolo hanya bermain dalam 89 menit tampil sepanjang gelaran Liga 1 2023/2024

Ini 4 Pemain Top Arema FC yang Setia di Bangku CadanganGreg Nwokolo (instagram.com/aremafcofficial)

Arema tak disangka memutuskan untuk merekrut pemain kawakan pada 20 Juli 2023. Ia adalah Greg Nwokolo. Pemain kawakan 38 tahun ini pun masuk dalam daftar pemain top Arema FC yang akrab dengan bangku cadangan pada 2023/2024.

Greg benar-benar minim kontribusi saat memperkuat Arema FC di Liga 1 2023/2024. Ini terbukti setelah ia hanya menorehkan catatan 10 penampilan dengan 89 menit bermain. Selama semusim penuh, eks andalan Persija Jakarta ini lebih sering menghuni bangku cadangan Singo Edan.

3. Posisi utama Teguh Amiruddin tergeser dengan keberadaan kiper asing Arema FC

Ini 4 Pemain Top Arema FC yang Setia di Bangku CadanganTeguh Amiruddin (instagram.com/aremafcofficial)

Di peringkat ketiga, ada Teguh Amiruddin. Ia merupakan sosok kiper asli Malang yang sempat diandalkan Arema FC. Namun, pada musim 2023/2024 ini, kiper berusia 30 tahun itu lebih sering duduk di bangku cadangan Singo Edan.

Secara statistik, Teguh baru mengemas 7 penampilan (598 menit bermain) dengan catatan 1 clean sheet dan 11 kebobolan di Liga 1 2023/2024. Itu merupakan torehan yang boleh dikatakan jauh dari ukuran kontribusi besar bagi seorang kiper. Penurunan tren penampilan sang pemain sendiri terjadi semenjak Arema menggaet kiper asing berpaspor Filipina, Julian Schwarzer Garcia, pada musim ini.

4. Rifad Marasabessy hanya jadi pemain figuran di lini pertahanan Arema FC

Ini 4 Pemain Top Arema FC yang Setia di Bangku CadanganRifad Marasabessy (instagram.com/aremafcofficial)

Rifad Marasabessy merupakan salah satu pemain yang baru didatangkan Arema FC pada 2023/2024 ini. Ia sendiri baru bergabung setelah berseragam Borneo FC Samarinda sebelumnya. Hanya saja, eks Timnas Indonesia ini tetap belum memberi sumbangsih terbaik untuk Singo Edan. Rifad pun masuk dalam daftar pemain top Arema yang akrab dengan bangku cadangan.

DI Liga 1 2023/2024, Rifad gagal memberi jasa besarnya sebagai pemain bertahan yang mempunyai label timnas untuk Arema. Ini terbukti setelah ia hanya mengemas 15 penampilan dengan 716 menit bermain. Di posisi yang sama, Rifad diketahui masih kalah bersaing dengan pemain muda yang diberi kepercayaan besar oleh Singo Edan, Achmad Maulana Syarif.

Boleh dibilang, nasib keempat pemain top Arema FC di atas rawan terdepak dari skuad kedalaman klub lantaran belum memberi kontribusi optimal mereka saat mengarungi Liga 1 Indonesia 2023/2024. Apakah SIngo Edan membuat keputusan tegas dengan melepas keempat pemain tersebut untuk musim depan?

Baca Juga: Arema FC Pengin Segera Menggunakan Stadion Kanjuruhan

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya