Haykal Alhafiz, Arek Sidoarjo yang Bela Timnas Indonesia U-23

Ia sudah jadi langganan Garuda Muda

Provinsi Jawa Timur dikenal sebagai penghasil bibit-bibit atlet sepak bola di Indonesia. Ini didukung setelah ada sejumlah pemain yang menembus skuad Timnas Indonesia muda belakangan. Beberapa di antaranya ada yang masuk ke skuad Indonesia U-17 hingga U-23.

Haykal Alhafiz adalah salah satunya. Pemain berusia 22 tahun asli kelahiran Sidoarjo yang jadi langganan Indonesia muda sejak debut pada 2023. Ia aktif memperkuat Indonesia U-23 saat ini. Secara prestasi, Haykal diketahui pernah membawa Indonesia U-22 juara di SEA Games 2023 lalu.

Lantas, seperti apa kiprah sepak bola Haykal Alhafiz selama ini?

1. Pemain potensial jebolan PON Jatim

Haykal Alhafiz, Arek Sidoarjo yang Bela Timnas Indonesia U-23Haykal Alhafiz (instagram.com/haykal_alhafiz)

Haykal Alhafiz adalah salah satu pemain muda yang memiliki bakat besar. Secara ketrampilan, pemain kelahiran 24 Maret 2001 itu piawai bermain di sektor pertahanan. Ia andal bermain sebagai bek sayap di sebelah kiri.

Haykal Alhafiz sendiri memulai karier junior bersama akademi Persida Sidoarjo pada 2018. Lalu, sempat menimba ilmu di Persebaya Surabaya U-20 pada 2019. Karier Haykal lantas mulai menanjak setelah dipercaya membela PON Jatim pada 2020. Dari situlah karier profesionalnya dimulai.

2. Sempat juara bareng Persebaya U-20

Haykal Alhafiz, Arek Sidoarjo yang Bela Timnas Indonesia U-23Haykal Alhafiz saat menjuarai Liga 1 U-20 bareng tim muda Persebaya pada 2019. (instagram.com/haykal_alhafiz)

Pada usia muda, Haykal Alhafiz sudah merengkuh prestasi dalam karier juniornya. Ia meraih itu saat masih memperkuat Persebaya U-20. Mereka diketahui sukses menjuarai kompetisi Liga 1 Indonesia U-20 pada 2019.

Hal ini jelas menunjukkan bahwa Haykal Alhafiz merupakan pemain yang memiliki potensi besar. Ia mempunyai kesempatan untuk menjadi bintang baru di sepak bola Indonesia. Namun, semua itu juga bergantung pada sikap dan upaya yang dilakukan Haykal ke depannya.

Baca Juga: Shin Tae Yong Gerutu Timnas U-23 Cuma Menang Tipis Atas Timor Leste

3. Kariernya melejit bersama PSIS Semarang

Haykal Alhafiz, Arek Sidoarjo yang Bela Timnas Indonesia U-23Haykal Alhafiz (instagram.com/psisfcofficial)

Haykal Alhafiz memulai karier senior di PON Jatim pada 2020. Berkat potensi apiknya, ia dipercaya menjadi salah satu pemain andalan Persikab Bandung pada 2021. Karier Haykal pun cemerlang di sana usai membawa Persikab juara Liga 3 Indonesia.

Kiprah Haykal Alhafiz bertahan selama 2 musim di Persikab. Ia masih membela klub asal Bandung itu saat berkompetisi di Liga 2 musim 2022/2023. Namun, sayang, sepertinya kontribusi Haykal menurun sehingga putus kontrak dengan Persikab pada akhir musim.

Perjuangan Haykal Alhafiz lantas tak berhenti sampai situ. Ia mendapat nasib baik setelah dikontrak klub asal Jawa Tengah, PSIS Semarang, pada 2023/2024. Dari sinilah nama Haykal lebih mencuat lagi ke publik. Ia memikat perhatian sebagai pemain debutan di PSIS.

4. Jadi langganan Timnas Indonesia muda sejak 2023

Haykal Alhafiz, Arek Sidoarjo yang Bela Timnas Indonesia U-23Haykal Alhafiz (instagram.com/psisfcofficial)

Perjalanan karier Haykal Alhafiz makin gemilang lagi setelah memperkuat PSIS Semarang pada 2023/2024. Ia secara pasti dipercaya untuk membela Timnas Indonesia muda. Haykal memulainya pertama kali dengan memperkuat Indonesia U-22.

Nasib beruntung pun kembali menghampiri Haykal Alhafiz. Pasalnya, ia kembali berprestasi setelah menjuarai SEA Games 2023 bareng Indonesia U-22. Diperkirakan, Karier Haykal kembali berpeluang meningkat setelah dipercaya membela Indonesia U-23 saat ini.

 

Haykal Alhafiz dipercaya menjadi salah satu pemain terbaik Indonesia U-23 saat berkiprah di Piala AFF U-23 Thailand pada 2023. Ia baru mengumpulkan 1 caps dari 2 laga sementara ini di ajang tersebut. Mampukah Haykal kembali mempersembahkan trofi AFF U-23 ini bagi Indonesia nantinya?

Baca Juga: Shin Tae Yong Didesak Mundur dari Timnas, Wajar Gak Sih?

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya