5 Fakta Jelang Duel Arema FC vs PSM, Singo Edan Dilarang Keok!

Arema menatap laga kandang terakhir di Liga 1

Arema FC kembali dihadapkan dengan pertandingan penting pada pekan ke-33 Liga 1 Indonesia 2023/2024. Mereka harus meladeni tantangan PSM Makassar. Pertandingan dua klub papan bawah ini akan digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Kamis (25/4/2024) 19.00 WIB.

Arema dan PSM sama-sama menatap pertandingan krusial pada pekan ini. Dikatakan seperti itu karena posisi keduanya masih rawan tercebur ke jurang degradasi Liga 1. Praktis, pertemuan ini merupakan kesempatan bagi Arema dan PSM untuk saling mengalahkan demi menjaga harapan tidak turun kasta ke Liga 2 musim depan.

1. Menangi laga terakhir, Arema FC memiliki secercah asa menjauhi zona degradasi

5 Fakta Jelang Duel Arema FC vs PSM, Singo Edan Dilarang Keok!Arema FC dalam laga menghadapi PSM Makassar pada putaran pertama Liga 1 2023/2024. (instagram.com/aremafcofficial)

Arema FC berada dalam kondisi yang lebih baik jelang menjamu PSM Makassar pada pekan ke-33 Liga 1 2023/2024. Ini karena mereka baru memenangi pertandingan terakhir kontra Borneo FC Samarinda. Bermain di Stadion Batakan, Minggu (21/4/2024), Singo Edan unggul dengan skor 2-1.

Bomber Arema, Charles Lokolingoy, kembali menunjukkan tajinya dalam pertandingan tersebut. Bahkan, ia menjadi pahlawan kemenangan Singo Edan usai mencetak gol penentu atas Borneo. Kini, keberadaan Lokolingoy benar-benar jadi harapan besar Arema dalam urusan mencetak gol.

Di satu sisi, kemenangan dari Borneo akhirnya mematahkan catatan buruk Arema di Liga 1. Mereka sebelumnya gagal menang dalam 4 laga beruntun dengan 1 imbang dan 3 kalah. Catatan itu jelas menjadi hal yang dinanti-nantikan Singo Edan untuk bekal melewati dua pertandingan sisa babak Reguler Series Liga 1.

Baca Juga: Arema FC Kalahkan Pemuncak Klasemen, Widodo Cahyono Putro Girang

2. Arema FC berpeluang diperkuat Ariel Lucero lagi

5 Fakta Jelang Duel Arema FC vs PSM, Singo Edan Dilarang Keok!Ariel Lucero (instagram.com/aremafcofficial)

Sejauh ini, Arema FC masih tidak diperkuat gelandang asingnya dalam beberapa pertandingan terakhir di Liga 1 2023/2024. Pemain itu bernama Ariel Lucero. Gelandang berdarah Argentina ini memang tidak bisa tampil akibat cedera yang dialami saat melakoni sesi latihan bersama tim.

Absennya Lucero jelas menjadi persoalan tersendiri bagi Arema karena ia adalah pemain yang penting. Untungnya, sang pemain berpeluang kembali tampil saat menghadapi PSM Makassar pada pekan ke-33 Liga 1. Itu lantaran perkembangan cedera Lucero makin membaik.

Kabar berpeluang come back-nya Lucero jelas membawa angin segar bagi Arema. Apalagi, Singo Edan sedang krisis pemain di sektor tengah dalam beberapa laga terakhir. Itu terjadi imbas perginya gelandang wonderkid, Arkhan Fikri, yang bertugas membela Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 2024.

3. Arema FC punya catatan kalah head to head dari PSM

5 Fakta Jelang Duel Arema FC vs PSM, Singo Edan Dilarang Keok!Arema FC dalam laga menghadapi PSM Makassar pada putaran pertama Liga 1 2023/2024. (instagram.com/aremafcofficial)

Sayangnya, Arema FC memiliki catatan buruk jelang menghadapi PSM Makassar pada pekan ke-33 Liga 1 2023/2024. Mereka rupanya kalah dalam urusan rekor head to head. Ini terbukti setelah Singo Edan hanya memetik 1 menang dan 4 kalah dari PSM dalam 5 pertemuan terakhir di seluruh ajang.

Bahkan, Arema mesti menderita 4 kekalahan beruntun dari PSM pada 4 pertemuan terakhir. Kekalahan terbaru Singo Edan terjadi saat keduanya berhadapan pada putaran pertama di Liga 1 musim ini. Bertandang ke markas PSM, Arema dipermalukan dengan skor 0-3 pada 20 Oktober 2023. Catatan ini seharusnya menjadi pelecut semangat Singo Edan untuk mengalahkan PSM demi memperbaiki rekor pertemuan pada pertandingan selanjutnya.

4. PSM terjegal pada pertandingan terakhir Liga 1

5 Fakta Jelang Duel Arema FC vs PSM, Singo Edan Dilarang Keok!PSM Makassar dalam laga menghadapi Persis Solo pada pekan ke-27 Liga 1 2023/2024. (instagram.com/persisofficial)

Arema FC bisa dibilang sedikit diunggulkan dalam laga melawan PSM Makassar pada pekan ke-33 Liga 1 2023/2024. Selain faktor laga kandang, ini karena calon lawan baru saja terjegal pada pertandingan terakhir. PSM gagal menang setelah dikalahkan Madura United 0-2 pada Minggu (21/4/2024) lalu.

Tidak hanya itu, hasil pertandingan tersebut ternyata memperpanjang catatan inkonsisten PSM di Liga 1. Penampilan mereka masih naik turun dengan statistik 3 menang, 4 imbang, 3 kalah dalam 10 pertandingan berturut-turut. Torehan itu jelas menjadi kekurangan yang wajib dibenahi PSM jelang menantang Arema.

5. PSM bermain tanpa striker utama

5 Fakta Jelang Duel Arema FC vs PSM, Singo Edan Dilarang Keok!PSM Makassar dalam laga menghadapi Persis Solo pada pekan ke-27 Liga 1 2023/2024. (instagram.com/persisofficial)

PSM Makassar tidak menurunkan skuad terbaik saat menghadapi Arema FC pada pekan ke-33 Liga 1 2023/2024. Ini karena mereka harus kehilangan satu pemain penting. Ia adalah Victor Mansaray, striker utama PSM berpaspor Amerika Serikat.

Mansaray sendiri absen karena hukuman akumulasi kartu. Sebelumnya, ia sempat mendapat kartu kuning dalam laga melawan Madura United pada pekan terakhir Liga 1. Catatan itu pun menambah daftar koleksi kartu Mansaray menjadi empat kartu kuning sejauh ini. Praktis, torehan tersebut membuatnya tidak bisa turun saat menghadapi Arema nanti.

Arema FC wajib mengemas poin dalam pertandingan menghadapi PSM Makassar pada pekan ke-33 Liga 1 Indonesia 2023/2024. Itu demi mewujudkan asa mereka tidak jatuh ke jurang degradasi lagi hingga akhir musim. Maka dari itu, Singo Edan setidaknya wajib meraih hasil menang atau imbang dari PSM.

Baca Juga: Di Tepi Jurang Degradasi, Widodo Minta Pemain Arema FC Tetap Semangat

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya