5 Fakta Jelang Arema FC vs Persebaya, Derbi Klasik Jatim

Pertandingan digelar tanpa penonton

Derbi Klasik Jawa Timur akan tersaji pada pekan ke-30 Liga 1 Indonesia 2023/2024. Pertandingan ini mempertemukan Arema FC versus Persebaya Surabaya. Duel kedua tim sendiri akan terlaksana di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Rabu (27/3/2024) 20.30 malam WIB.

Ini menjadi pertandingan yang dipenuhi rasa gengsi bagi Arema dan Persebaya. Maklum, keduanya dikenal memiliki rivalitas sengit selama ini. Praktis, tak ayal bila pertemuan Arema versus Persebaya amat dinanti-nanti oleh pencinta sepak bola Tanah Air, terutama bagi pendukung kedua kesebelasan.

Inilah 5 fakta menarik jelang menyambut bentrok Arema vs Persebaya.

1. Sama-sama kehilangan pemain kunci lantaran dipanggil timnas

5 Fakta Jelang Arema FC vs Persebaya, Derbi Klasik JatimArema FC saat menghadapi Persebaya pada putaran pertama Liga 1 Indonesia 2023/2024. (instagram.com/aremafcofficial)

Arema FC dan Persebaya Surabaya mengalami nasib yang senada jelang bentrok pada pekan ke-30 Liga 1 2023/2024. Mereka kompak kehilangan pemain lantaran memenuhi pemanggilan membela Timnas Indonesia. Ini jelas menjadi pekerjaan rumah bagi kedua kesebelasan untuk mencari pengganti yang tepat.

Diketahui, Arema mesti merelakan kepergian Arkhan Fikri yang membela Indonesia dalam laga Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia 2026. Kiper utama Persebaya, Ernando Ari, juga mengikuti jejak Arkhan Fikri pada ajang yang serupa. Di sisi lain, Toni Firmansyah sebagai gelandang muda Bajol Ijo tengah memperkuat Indonesia U-20 dalam laga kontra China U-20 pada laga persahabatan internasional 2024.

Baca Juga: Main di Kandang Tanpa Penonton, Pelatih Arema FC Legowo 

2. Arema punya modal positif meski dihantui rekor pahit dari Persebaya

5 Fakta Jelang Arema FC vs Persebaya, Derbi Klasik JatimArema FC dalam laga menghadapi Persebaya pada putaran pertama Liga 1 Indonesia 2023/2024. (instagram.com/aremafcofficial)

Arema FC dihantui catatan pahit jelang menjamu Persebaya Surabaya pada pekan ke-30 Liga 1 2023/2024. Bukan tanpa alasan, mereka tak pernah menang dalam 5 pertemuan terakhir dengan catatan 1 kali seri dan 4 kali kalah. Bahkan, hasil minor terbaru Arema dari Persebaya terjadi pada putaran pertama Liga 1 musim ini. Berlaga di Stadion Gelora Bung Tomo, Singo Edan dipecundangi 1-3 ketika itu.

Meski demikian, Arema tetap berkesempatan untuk mematahkan catatan buruk dari Persebaya. Ini didukung setelah mereka berada dalam tren cukup positif di Liga 1 2023/2024. Dalam 5 pertandingan terakhir, Singo Edan berhasil membukukan statistik 3 menang, 1 imbang, 1 kalah. Untuk sementara, catatan itu membuat Dedik Setiawan dan kawan-kawan berhasil mentas dari zona degradasi Liga 1 musim ini.

3. Pelatih Arema mengusung optimisme tinggi dalam laga melawan Persebaya

5 Fakta Jelang Arema FC vs Persebaya, Derbi Klasik JatimWidodo Cahyono Putro (instagram.com/aremafcofficial)

Arema FC tetap memburu hasil positif saat menjamu Persebaya Surabaya pada pekan ke-30 Liga 1 2023/2024. Itu didukung dengan sikap kepala pelatih, Widodo Cahyono Putro, yang optimis dalam menatap Derbi Klasik Jatim ini. Eks pelatih Deltras Sidoarjo tersebut tetap berupaya mengincar hasil terbaik kala bersua Bajol Ijo.

"Sebagai pelatih, saya biasa saja, harus memenangkan pertandingan lawan siapa saja. Motivasi kami sama seperti tim-tim lain sebelumnya. Kami akan berjuang, tak mau kalah, dan tetap semangat, karena posisi kita semua tahu belum aman,” kata Widodo kepada Liga Indonesia Baru.

4. Lebih dijagokan, Persebaya tetap pantang meremehkan Arema

5 Fakta Jelang Arema FC vs Persebaya, Derbi Klasik JatimPersebaya Surabaya (instagram.com/officialpersebaya)

Persebaya Surabaya lebih diunggulkan jelang bertolak ke markas Arema FC pada pekan ke-30 Liga 1 2023/2024. Catatan pertemuan positif yang membuat Bajol Ijo pantas dijagokan dalam pertandingan ini. Walau begitu, Persebaya pantang menganggap remeh Arema karena kejutan bisa saja terjadi nantinya.

"Kami tahu mereka (Arema) meraih hasil bagus dalam beberapa pertandingan terakhir. Tidak boleh meremehkan, kami akan fokus dari hari ke hari. Kami akan berjuang maksimal untuk meraih tiga poin,” ujar pelatih Persebaya, Paul Munster, di situs resmi klub.

Di satu sisi, Persebaya gagal meraih kemenangan dalam dua laga terakhir Liga 1 2023/2024. Mereka baru saja dibekuk Borneo FC (1-2) dan imbang dari Madura United (0-0). Hasil itu pun sekaligus menjadi catatan tersendiri bagi Persebaya jelang menantang Arema.

5. Prediksi starting line-up Arema vs Persebaya

5 Fakta Jelang Arema FC vs Persebaya, Derbi Klasik JatimArema FC saat menghadapi Persebaya pada putaran pertama Liga 1 Indonesia 2023/2024. (instagram.com/aremafcofficial)

Arema FC dan Persebaya Surabaya dipastikan mengincar tiga poin sempurna saat berduel pada pekan ke-30 Liga 1 2023/2024. Sehingga, tak heran jika mereka akan berjuang mati-matian demi menjaga muruah masing-masing. Inilah prediksi starting line-up Arema versus Persebaya.

Arema FC (4-3-3): Julian Schwarzer, Achmad Maulana Syarif, Julian Guevara, Bagas Adi Nugroho, Johan Alfarizi, Jayus Hariono, Muhammad Rafli, Ariel Lucero, Dendi Santoso, Dedik Setiawan, Charles Lokolingoy.

Persebaya (4-3-3): Andhika Ramadhani, Arief Catur Pamungkas, Dusan Stevanovic, Yan Victor, Mikael Tata, Andre Oktaviansyah, Ripal Wahyudi, Muhammad Hidayat, Robson Duarte, Bruno Moreira, Paulo Henrique. 

Pertandingan Arema FC dan Persebaya Surabaya sudah ditetapkan diselenggarakan tanpa penonton pada pekan ke-30 Liga 1 Indonesia 2023/2024. Ini merupakan regulasi yang wajib dipatuhi bagi suporter kedua kesebelasan demi menjaga kebaikan bersama.

Baca Juga: 2 Pemainnya Dipanggil Timnas Jelang Lawan Arema FC, Persebaya Galau

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya