Fakta Francisco Carneiro, Bek Anyar Persik Kediri dari RANS 

Ia biasa dipanggil Kiko

Francisco Pereira Carneiro merupakan pemain yang baru didatangkan Persik Kediri untuk mengarungi Liga 1 Indonesia 2024/2025. Ia sendiri adalah pemain asing berpaspor Portugal. Di atas lapangan, pria dengan panggilan akrab Kiko itu punya keterampilan sebagai stopper atau bek tengah.

Francisco Carneiro memiliki sepak terjang karier cukup lama di Portugal. Namun, sebelum berlabuh ke Persik, pemuda kelahiran 25 Maret 2000 (24 tahun) ini ternyata pernah berkiprah di Indonesia bersama RANS Nusantara. Francisco sudah unjuk kemampuan saat berkiprah di Liga 1 2023/2024 lalu.

1. Pemain asing berpaspor Portugal

Fakta Francisco Carneiro, Bek Anyar Persik Kediri dari RANS Francisco Carneiro (instagram.com/persikfcofficial)

Francisco Carneiro adalah pria asli kelahiran dari Pacos de Ferreira, Portugal. Ia mengenyam karier cukup lama di negara sendiri. Diketahui, perjalanan karier Francisco itu berlangsung selama 5 tahun lebih pada 2016—2023.

Di Portugal, Francisco Carneiro sudah melanglang buana bersama banyak klub. Ada setidaknya enam klub yang pernah ia singgahi. Mereka adalah SC Freamunde, FC Vizela, SC Mirandela, Juventude de Pedras Salgadas, Valadares Gaia FC, dan CDC Montalegre.

Baca Juga: Ramiro Fergonzi, Bomber yang Catatkan Gol Debut di Persik

2. Perjalanan karier Francisco Carneiro di Portugal

Fakta Francisco Carneiro, Bek Anyar Persik Kediri dari RANS Francisco Carneiro (instagram.com/persikfcofficial)

Francisco Carneiro memulai karier junior di Portugal bersama SC Freamunde U-17 dan U-19 pada 2016—2017. Ia pun naik ke tim senior Freamunde pada Januari 2018. Hanya saja, Francisco hijrah ke FC Vizela dengan skema bebas transfer pada Juli 2018.

Pada Januari 2020, Vizela sempat meminjamkan Francisco Carneiro ke SC Mirandela. Namun, ia langsung kembali dari masa peminjaman pada Juni 2020. Tak berhenti di situ, Vizela kembali melepas Francisco ke Pedras Salgadas dengan status pinjaman pada Agustus 2020.

Francisco Carneiro bertahan cukup lama di Pedras Salgadas hingga Juni 2021. Ia lalu pulang lagi ke Vizela. Hanya saja, Francisco memilih berpisah dengan Vizela selang sebulan kemudian, serta melanjutkan karier di Valadares Gaia pada Juli 2021—Juni 2022 dan CDC Montalegre pada Juli 2022—Juni 2023.

3. Pernah berkostum RANS Nusantara di Liga 1 2023/2024

Fakta Francisco Carneiro, Bek Anyar Persik Kediri dari RANS Francisco Carneiro (instagram.com/persikfcofficial)

Francisco Carneiro terakhir kali bermain di Portugal bersama CDC Montalegre pada Juni 2023. Selepas itu, ia ingin mencari pengalaman baru ke luar negeri. Benar saja, pada Juli 2023, Francisco akhirnya berpetualang ke Indonesia untuk membela RANS Nusantara.

Francisco Carneiro sudah menghabiskan waktunya selama semusim kompetisi di RANS. Ia cukup diandalkan ketika mengarungi Liga 1 Indonesia 2023/2024 dengan statistik 1 gol dari 30 penampilan (2.603 menit tampil). Sayangnya, kontribusi Francisco itu tetap tidak mampu menyelamatkan keterpurukan RANS usai turun kasta ke Liga 2 2024/2025.

4. Gabung Persik, untuk kali kedua merumput di Indonesia pada 2024

Fakta Francisco Carneiro, Bek Anyar Persik Kediri dari RANS Francisco Carneiro (instagram.com/persikfcofficial)

Kontrak Francisco Carneiro tak diperpanjang lagi oleh RANS Nusantara usai terdegradasi. Namun, pada 20 Juli 2024, ia resmi dipinang Persik Kediri untuk menyongsong Liga 1 2024/2025. Ini sekaligus menjadi musim kedua Francisco merumput di Indonesia.

Perekrutan Francisco Carneiro sendiri merupakan pilihan terbaik bagi pelatih Persik, Marcelo Rospide. Ia berharap sang pemain bisa memperkokoh sektor pertahanan Tim Macan Putih. Terlebih, Marcelo membutuhkan banyak pemain berkualitas demi menerapkan skema rotasi pemain dengan baik di Liga 1 2024/2025.

"Kompetisi musim ini akan sangat berat, karena itu kami perlu kedalaman skuad. Musim lalu kami beberapa kali harus memainkan pemain bukan pada posisinya karena sejumlah faktor, seperti di posisi bek tengah ini. Kami berharap musim ini hal tersebut tidak terulang lagi karena target tim jelas ingin berada di posisi yang lebih baik lagi dari sebelumnya," kata Marcelo Rospide dilansir situs resmi klub.

Francisco Carneiro akan menjadi salah satu benteng kokoh Persik Kediri di Liga 1 Indonesia 2024/2025. Mampukah kedatangannya membuat perubahan yang signifikan di lini pertahanan Tim Macan Putih?

Baca Juga: Hanya Mampu Bermain Imbang, Ini Komentar Pelatih Persik Kediri

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya