Catatan Jelang Big Match Persija vs Persebaya di Pekan 15 Liga 1

Michael Krmencik makin tumpul! 

Persebaya Surabaya bakal melakoni laga berat menghadapi Persija Jakarta dalam lanjutan pekan 15 Liga 1 Indonesia 2022/2023. Laga bergengsi tersebut sejatinya bakal dihelat di Stadion Maguwoharjo pada Jumat (16/12/2022) pukul 15.00 sore WIB.

Laga Persebaya versus Persija pastinya berpotensi menyuguhkan laga yang sengit. Maklum, kedua klub sempat menuai hasil yang kurang optimal baru-baru ini. Mereka sekalipun belum menang. Apalagi, keduanya juga dikenal sebagai klub besar, pastinya adu gengsi bakal terjadi nantinya.

Tanpa berlama-lama, berikut sederet catatan menarik jelang big match Persija versus Persebaya di pekan 15 Liga 1 Indonesia 2022/2023.

1. Sama-sama menuai hasil buruk pada laga terakhir

Catatan Jelang Big Match Persija vs Persebaya di Pekan 15 Liga 1Persija kala menghadapi Borneo FC di Liga 1 Indonesia 2022/2023. (instagram.com/persija)

Persija dan Persebaya diketahui sama-sama meraih hasil yang kurang maksimal baru-baru ini di Liga 1 2022/2023. Mereka sekalipun belum merengkuh tiga poin penuh dalam dua laga terakhir, pada pekan ke-13 dan ke-14.

Pada pekan ke-13, Persija gagal mendulang kemenangan setelah bermain imbang 1-1 atas Persik Kediri. Persebaya pun begitu, mereka justru menelan kekalahan atas Persib Bandung dengan skor 2-1 di pekan yang sama.

Persija lagi-lagi gagal menuai tiga poin sempurna di pekan ke-14 Liga 1. Mereka makin buruk setelah kalah 2-0 atas PSIS Semarang. Persebaya juga gagal meraih kemenangan setelah bermain imbang 1-1 melawan Persik.

Baca Juga: Presiden Persija: Saya Akan Buat Persija Seperti Real Madrid

2. Michael Krmencik tumpul belakangan

Catatan Jelang Big Match Persija vs Persebaya di Pekan 15 Liga 1Michael Krmencik (instagram.com/persija)

Performa kurang optimal Persija pastinya tak lepas dari menurunnya performa striker andalan mereka, Michael Krmencik. Pemain asing asal Republik Ceko itu diketahui belum mencetak satu pun gol dalam empat laga terakhir di Liga 1.

Statistik Krmencik tersebut tampak saling berkaitan dengan hasil laga Persija dalam lima laga terakhir. Performa mereka menurun setelah melewati 2 laga menang, 2 seri, 1 kalah. Krmencik terakhir kali mencetak gol saat Persija menang 0-1 atas Barito Putera pada 11 September 2022.

3. Persija punya rekor buruk melawan Persebaya

Catatan Jelang Big Match Persija vs Persebaya di Pekan 15 Liga 1Duel antar pemain dalam laga Persebaya Surabaya vs Persik Kediri di pekan ke-14 Liga 1 Indonesia 2022/2023. (instagram.com/officialpersebaya)

Sejak musim 2018/2019, Persija diketahui memiliki catatan yang buruk ketika harus berhadapan dengan Persebaya. Mereka belum merengkuh kemenangan sekalipun dalam enam pertemuan terakhir.

Pencapaian terbaik Persija hanya meraih tiga kali laga imbang atas Persebaya. Sementara itu, Persebaya justru berhasil menuai rekor apik. Mereka meraih 3 kemenangan dalam 6 laga terakhir menghadapi Persija.

4. Lini belakang Persebaya melemah

Catatan Jelang Big Match Persija vs Persebaya di Pekan 15 Liga 1Duel antar pemain dalam laga Persebaya Surabaya vs Persik Kediri di pekan ke-14 Liga 1 Indonesia 2022/2023. (instagram.com/officialpersebaya)

Walau menuai rekor apik atas Persija, Persebaya sayangnya memiliki catatan yang cukup buruk di Liga 1 2022/2023. Lini pertahanan mereka masih jadi masalah utama. Itu terlihat pada jumlah kebobolan mereka yang mencapai 19 gol.

Hingga pekan ke-14, Persebaya baru berhasil mencetak 16 gol di Liga 1. Jumlah defisit gol mereka mencapai tiga gol saat ini. Hal itu dapat dijadikan sebagai salah satu cerminan bahwa lini pertahanan Persebaya masih buruk.

Apalagi, statistik lain mencatat bahwa lini pertahanan Persebaya terlalu bergantung kepada Rizky Ridho Ramadhani. Bek muda 21 tahun itu sangat berjasa sebagai pemain belakang. Ia telah tampil hebat dengan statistik 38 interceptions, 38 clearances, 16 tackles.

5. Persebaya tanpa Dandi Maulana Abdulhak

Catatan Jelang Big Match Persija vs Persebaya di Pekan 15 Liga 1Dandi Maulana Abdulhak sebagai salah satu bek andalan Persebaya di Liga 1 Indonesia 2022/2023. (instagram.com/dandimaulana5)

Selain punya catatan buruk pada sektor pertahanan, Persebaya lagi-lagi harus menerima kenyataan yang cukup merugikan. Mereka kehilangan salah satu bek andalan, Dandi Maulana Abdulhak, saat menghadapi Persija di pekan ke-15 Liga 1.

Hal tersebut terjadi setelah sang pemain menerima kartu merah pada laga Persebaya versus Persik Kediri di pekan ke-14. Dandi Maulana jadi salah satu penyebab kala timnya hanya bermain imbang kala itu. Pastinya, ia bakal absen membela Persebaya saat bersua Persija pada Jumat (16/12/2022).

Siapapun nantinya yang menang dalam laga Persija versus Persebaya, pastinya akan berpengaruh terhadap posisi mereka di klasemen Liga 1 Indonesia 2022/2023. Walau begitu, hasil laga masih belum bisa ditebak, apapun bisa terjadi mengingat keduanya juga merupakan klub besar.

Baca Juga: Murka Aji: Persebaya Kirim Surat Protes, Komite Wasit Ancam Sanksi

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya