Begini Nasib Deltras, Persela, Gresik United di Liga 2

Gagal promosi ke Liga 1 musim depan

Liga 2 Indonesia 2023/2024 sudah memasuki babak semifinal. Sebanyak empat klub telah memastikan diri sebagai yang terbaik. Mereka kurang selangkah lagi bisa mewujudkan harapan promosi ke kompetisi kasta tertinggi Liga 1 Indonesia musim depan.

Namun, sayang, tidak ada klub Jawa Timur yang menjadi wakil pada fase semifinal Liga 2. Deltras Sidoarjo, Persela Lamongan, dan Gresik United gagal mewujudkan hal tersebut setelah tidak mampu melewati babak 12 besar. Ketiganya kalah bersaing dengan lawan jempolan di masing-masing grup yang mereka huni.

1. Deltras gagal melaju ke semifinal Liga 2 2023/2024 usai dihajar Malut United

Begini Nasib Deltras, Persela, Gresik United di Liga 2Deltras dalam laga melawan Malut United pada pekan ke-6 babak 12 besar Liga 2 2023/2024 Grup Y. (instagram.com/deltras.official)

Deltras Sidoarjo di luar dugaan gagal melenggang ke babak semifinal Liga 2 Indonesia 2023/2024. Kepastian itu diperoleh usai mereka kalah pada laga terakhir pekan ke-6 babak 12 besar Grup Y. Menantang tim kuat, Malut United, Deltras harus tertunduk lesu setelah dipecundangi dengan skor 1-2 di markas lawan.

Hasil itu memupuskan asa Deltras untuk Promosi ke Liga 1 musim depan. Itu disebabkan mereka hanya finis sebagai runner-up di klasemen akhir Grup Y. The Lobster mengumpulkan 9 poin dari 6 pertandingan.

Nahas, walau jadi runner-up Grup Y, Deltras tetap gagal melaju ke semifinal Liga 2 2023/2024. Itu terjadi usai mereka kalah dari tim runner-up Grup  X, Persiraja Banda Aceh. Meski kompak mengumpulkan poin yang sama, tetapi Deltras kalah selisih gol (+1) dari Persiraja (+3).

Perlu diketahui, Liga 2 2023/2024 memakai format empat klub untuk berlaga pada fase semifinal. Rinciannya, ada 3 slot untuk juara grup dan 1 slot runner-up terbaik dari Grup X, Y, dan Z pada babak 12 besar. Peringkat runner-up terbaik sempat jadi bidikan Deltras sebelumnya, tetapi gagal.

Baca Juga: Gak Cuma Menang, Ini 6 Syarat Agar Persela Lolos ke Semifinal

2. Ditekuk FC Bekasi City, Persela hanya finis di peringkat ke-3 Grup Y

Begini Nasib Deltras, Persela, Gresik United di Liga 2Persela dalam laga menghadapi FC Bekasi City pada pekan ke-6 babak 12 besar Liga 2 2023/2024 Grup Y. (instagram.com/perselafc)

Di posisi selanjutnya ditempati oleh Persela Lamongan. Mereka gagal melaju ke semifinal usai menelan kekalahan atas FC Bekasi City pada pekan penutup babak 12 besar Liga 2 2023/2024. Berlaga di kandang Bekasi City, Persela harus menyerah dengan skor 1-3 pada Sabtu (3/2/2024) 15.00 WIB.

Hasil kekalahan itu hanya menempatkan Persela finis di posisi ketiga di klasemen akhir Grup Y babak 12 besar Liga 2. Mereka mengumpulkan 6 poin dari 6 pertandingan. Grafik penampilan Persela terbilang belum konsisten dengan statistik 1 menang, 3 imbang, 2 kalah. Mereka tak mampu menyaingi dua klub teratas, Malut United dan Deltras, dalam grup yang sama.

3. Jadi runner-up Grup Z, Gresik United gagal merebut slot runner-up terbaik dari Persiraja

Begini Nasib Deltras, Persela, Gresik United di Liga 2Gresik United dalam laga melawan Persipal Babel United pada pekan ke-6 babak 12 besar Liga 2 2023/2024 Grup Z. (instagram.com/gresikunited)

Gresik United menjadi klub Jatim terakhir yang gagal lolos ke babak semifinal Liga 2 2023/2024. Senada dengan dua wakil Jatim sebelumnya, kegagalan tim Kebo Giras terjadi usai tak mampu menang pada laga terakhir babak 12 besar di Grup Z. Gresik United hanya meraih hasil imbang 1-1 saat bertandang ke markas Persipal Babel United.

Di klasemen akhir Grup Z, Gresik United sebenarnya finis di posisi runner-up. Mereka mendulang total 8 poin dari 6 pertandingan. Akan tetapi, sial, capaian Gresik United itu tetap gagal mengantarkan mereka untuk lolos ke babak semifinal Liga 2 2023/2024. Ini karena jumlah poin yang dikumpulkan Gresik (8 poin) masih kalah dengan torehan poin Persiraja Banda Aceh (9 poin) sebagai runner-up terbaik dari Grup X 

Deltras Sidoarjo, Persela Lamongan, dan Gresik United memang gagal mengharumkan nama baik klub Jatim di Liga 2 2023/2024. Namun, perjuangan ketiganya bisa menembus babak 12 besar telah membuktikan seperti apa potensi yang dimiliki klub-klub asal Jatim. Deltras, Persela, dan Gresik United wajib promosi ke Liga 1 musim depan. Bangkit!

Baca Juga: Duel Sengit Persela vs Malut United Berakhir Seri 2-2

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya