Arkhan Fikri, Wonderkid Arema FC yang Jadi Masa Depan Timnas

Pernah jadi pemain terbaik Piala AFF U-23 2023

Arema FC mengandalkan banyak pemain muda ketika mengarungi Liga 1 Indonesia 2023/2024. Mereka melakukannya demi menjaga persoalan regenerasi tim. Ke depannya, Singo Edan ingin melahirkan sosok yang diharapkan bisa menjadi idola baru bagi Aremania.

Salah satu pemuda yang diandalkan Arema sendiri adalah Arkhan Fikri. Ia merupakan pemain berumur 19 tahun. Walau begitu, talenta yang dimiliki sang wonderkid tak bisa dipandang sebelah mata. Dikatakan demikian karena Arkhan telah memperoleh tempat reguler di Arema. Bahkan, dirinya jadi pemuda kepercayaan Timnas Indonesia pula pada era kepelatihan Shin Tae Yong.

1.  Sosok yang memiliki talenta sebagai gelandang box-to-box

Arkhan Fikri, Wonderkid Arema FC yang Jadi Masa Depan TimnasArkhan Fikri (instagram.com/aremafcofficial)

Arkhan Fikri memiliki keterampilan sebagai seorang gelandang yang memiliki kecepatan. Didukung stamina yang kuat, pemain asal Sumatra Utara ini biasa bermain dengan memakai konsep free role. Itu bisa diartikan Arkhan bisa bergerak bebas ke mana saja, atau disebut gelandang box-to-box.

Arkhan memulai kariernya juniornya di Barito Putera U-15 pada 2018. Tak berselang lama, ia naik ke tim U-16 pada 2019. Bahkan, sang pemain kembali menembus Barito Putera U-18 pada 2020. Namun, Arkhan memilih hengkang ke PS Kwarta Deli Serdang pada 2021. Setahun kemudian, ia hijrah lagi ke Arema FC pada 2022.

Baca Juga: Arkhan Fikri jadi Langganan Timnas, Arema FC Girang

2. Jadi pemain reguler Arema FC pada 2023/2024

Arkhan Fikri, Wonderkid Arema FC yang Jadi Masa Depan TimnasArkhan Fikri (instagram.com/aremafcofficial)

Arkhan Fikri sudah menjadi bagian dari Arema FC sejak 15 Juni 2022. Saat itu, dirinya debut kala mengarungi Liga 1 Indonesia 2022/2023. Arkhan pun tidak ragu mempertontonkan bakat menonjolnya dengan catatan 16 penampilan (844 menit bermain) bersama Singo Edan.

Perkembangan sang wonderkid kian terlihat pada musim kedua di Arema FC. Arkhan jadi pemain reguler Singo Edan usai membukukan 19 penampilan dalam 765 menit bermain di Liga 1 2023/2024. Bahkan, catatan itu masih bisa bertambah lantaran terhitung sampai paruh musim kompetisi. Arkhan benar-benar masuk dalam skema permainan pelatih Arema asal Portugal, Fernando Valente. 

3. Telah dipercaya masuk timnas sejak berusia 17 tahun

Arkhan Fikri, Wonderkid Arema FC yang Jadi Masa Depan TimnasArkhan Fikri (instagram.com/arkhanfikri)

Potensi Arkhan Fikri pun tercium oleh Timnas Indonesia. Dikatakan seperti itu lantaran sang pemain telah dipercaya untuk memperkuat Garuda di level internasional. Bahkan, Arkhan bermain dalam beberapa kelompok usia berbeda di timnas.

Arkhan pernah memperkuat Indonesia U-19, U-20, U-23, dan senior. Shin Tae Yong menjadi sosok penting di balik pemanggilan sang wonderkid ke timnas. Betapa tidak, ini lantaran pelatih asal Korea Selatan itu yang selalu merekomendasikan Arkhan.

Bahkan, Arkhan sudah dipanggil timnas saat berusia 17 tahun. Kala itu, ia dipercaya untuk membela Indonesia U-19 dan U-20 oleh Shin Tae Yong. Hebatnya, sang wonderkid tidak hanya menjadi figuran saja di sana. Arkhan telah mengemas 1 gol dari 4 caps bareng Indonesia U-19, serta meraih 1 gol dari 19 caps bersama Indonesia U-20.

4. Arkhan Fikri menyabet penghargaan pemain terbaik di Piala AFF U-23 2023

Arkhan Fikri, Wonderkid Arema FC yang Jadi Masa Depan TimnasArkhan Fikri (jersi merah) saat meraih penghargaan individu sebagai pemain terbaik di Piala AFF U-23 2023. (instagram.com/timnas.indonesia)

Hebatnya, Arkhan Fikri pernah mendulang penghargaan bergengsi pula di level timnas. Ia pernah dinobatkan sebagai Best Player alias pemain terbaik di Piala AFF U-23 2023. Itu terjadi setelah penampilan impresifnya bersama Indonesia U-23.

Namun, sayangnya, Arkhan gagal membawa Indonesia juara di Piala AFF U-23 2023. Ini disebabkan mereka kalah dari Vietnam pada pertandingan final. Bermain di Rayong Province Stadium, Thailand, Sabtu (26/8/2023), skuad Garuda Muda tumbang lewat adu penalti 5-6 ketika itu. Alhasil, Indonesia pulang membawa gelar runner-up saja.

5. Arkhan Fikri berhasil menembus timnas senior Indonesia sejak 2023

Arkhan Fikri, Wonderkid Arema FC yang Jadi Masa Depan TimnasArkhan Fikri (instagram.com/timnas.indonesia)

Pencapaian terbaik Arkhan Fikri saat ini adalah menembus timnas senior Indonesia. Lagi-lagi, dirinya memperoleh kepercayaan dari Shin Tae Yong. Keberadaan Arkhan sendiri cukup diperhitungkan di lever senior.

Sejauh ini, Arkhan sudah mengoleksi 3 caps dengan 61 menit bermain untuk Indonesia sejak debut pada 17 Oktober 2023. Penampilan sang wonderkid terjadi saat mentas di kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Arkhan sempat bermain saat menghadapi Brunei Darussalam, Irak, dan Filipina.

Akan tetapi, sayang, Arkhan gagal membela Indonesia saat mentas di ajang terbaru di Piala Asia 2023. Ia kalah bersaing dengan beberapa gelandang unggulan, seperti Ivar Jenner, Ricky Kambuaya, dan Adam Alis. Padahal, Arkhan sempat masuk dalam training center (TC) Garuda sebelum akhirnya dicoret.

Arkhan Fikri tentu menjadi aset bagi Arema FC, bahkan Timnas Indonesia pula. Maka dari itu, pemain ini harus diperhatikan perkembangannya. Itu wajib dilakukan agar Arkhan bisa menjadi pahlawan Arema maupun Indonesia pada suatu hari nanti.

Baca Juga: Arkhan Fikri Dicoret dari Timnas, Arema FC: Ini Bukan Akhir Segalanya

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya