Arema FC vs PSS, Pertandingan Hidup Mati Dua Klub Liga 1

Bakal saling sikut demi hindari degradasi

Pertandingan krusial bakal tersaji pada pekan ke-31 Liga 1 Indonesia 2023/2024. Pertandingan itu mempertemukan Arema FC versus PSS Sleman. Pertemuan keduanya bakal terlaksana di Stadion Manahan, Solo, Senin (15/4/2024) 15.00 WIB.

Bisa dikatakan, ini menjadi pertandingan hidup mati bagi Arema dan PSS di Liga 1 musim ini. Maklum, Arema dan PSS merupakan tim yang bersaing di papan bawah klasemen Liga 1. Siapa yang kalah akan semakin rawan terdegradasi.li

1. Duel tim yang sama-sama rawan terdegradasi

Arema FC vs PSS, Pertandingan Hidup Mati Dua Klub Liga 1PSS Sleman saat menghadapi Arema FC di Liga 1 Indonesia 2023/2024 putaran pertama. (instagram.com/pssleman)

Arema FC dan PSS Sleman merupakan dua klub yang rawan terdegradasi dari Liga 1 2023/2024. Ini karena keduanya gagal menampilkan grafik performa terbaik. Arema dan PSS masih kalah bersaing dengan kebanyakan klub di Liga 1.

Di klasemen sementara Liga 1 2023/2024, Arema dan PSS sendiri masih tertahan di papan bawah. Arema menduduki tangga ke-16 dengan raihan 31 poin. Di satu sisi, PSS berada di tangga ke-14 dengan 32 poin. Mereka hanya berjarak dua peringkat di tabel Liga 1 dengan raihan poin yang tidak berbeda jauh saat ini.

2. Arema dan PSS masih menderita kekalahan beruntun di Liga 1 2023/2024

Arema FC vs PSS, Pertandingan Hidup Mati Dua Klub Liga 1Arema FC saat menghadapi PSS Sleman di Liga 1 Indonesia 2023/2024 putaran pertama. (instagram.com/pssleman)

Arema FC dan PSS Sleman merupakan dua klub yang memiliki kemiripan nasib di Liga 1 2023/2024. Mereka sama-sama terancam dengan hukuman terdegradasi ke Liga 2 musim depan. Fakta ini tidak lepas dari penampilan buruk yang ditampilkan Arema dan PSS musim ini.

Bahkan, Arema dan PSS kembali mengukir catatan kurang apik pada beberapa pertandingan terakhir di Liga 1 2023/2024. Arema gagal meraih kemenangan dalam 3 laga beruntun dengan raihan 1 imbang dan 2 kalah di Liga 1. Sementara itu, catatan lebih buruk justru dibukukan PSS setelah tak pernah menang dalam 5 laga dengan 2 imbang dan 3 kalah.

Baca Juga: Liga 1 Dihentikan, Arema FC Tak Mau Mengeluh

3. Arema kantongi modal unggul pertemuan pertama atas PSS di Liga 1

Arema FC vs PSS, Pertandingan Hidup Mati Dua Klub Liga 1Arema FC saat menghadapi PSS Sleman di Liga 1 Indonesia 2023/2024 putaran pertama. (instagram.com/aremafcofficial)

Walau demikian, bekal positif masih dimiliki Arema FC. Itu terjadi karena mereka berhasil meraup kemenangan dari PSS Sleman pada putaran pertama Liga 1 2023/2024. Berlaga di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Singo Edan mengemas poin sempurna dengan kedudukan 2-1 ketika itu.

Dalam kemenangan tersebut, Arema terbantu dengan catatan dua gol penalti dari Gustavo Almeida. Namun, sayang, Singo Edan tak lagi bekerja dengan bomber asal Brasil itu seusai hengkang ke Persija Jakarta dengan status pinjaman pada paruh musim Liga 1. Ini jelas menjadi pekerjaan rumah bagi Singo Edan guna mencari pengganti Gustavo agar dapat mengulang catatan manis dari PSS.

Charles Lokolingoy dipastikan menjadi harapan baru Arema saat menantang PSS pada putaran kedua Liga 1 2023/2024. Ini tidak luput dari dedikasi striker berpaspor Australia itu yang moncer semenjak jadi suksesor Gustavo. Diketahui, Lokolingoy terus menunjukkan kapasitasnya dengan menyumbang 7 gol dan 1 assist dari 24 penampilan bersama Arema sejauh ini.

4. Sejumlah pemain kunci absen dalam laga Arema vs PSS

Arema FC vs PSS, Pertandingan Hidup Mati Dua Klub Liga 1Arema FC saat menghadapi PSS Sleman di Liga 1 Indonesia 2023/2024 putaran pertama. (instagram.com/aremafcofficial)

Sejumlah pemain akan berhalangan tampil dalam pertandingan Arema FC versus PSS Sleman pada pekan ke-31 Liga 1 2023/2024. Setidaknya, ada tiga pemain penting yang bakal absen dalam bentrok ini. Mereka adalah Arkhan Fikri, Ariel Lucero, dan Hokky Caraka.

Arema kehilangan dua gelandang andalan mereka saat menantang PSS. Pertama, Arkhan Fikri mesti absen untuk memperkuat Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 2024. Sementara itu, Ariel Lucero tak bisa ikut rombongan Singo Edan lantaran mengalami cedera saat latihan.

Di satu sisi, PSS harus merelakan kepergian Hokky Caraka yang notabene menjadi ujung tombak andalan di Liga 1 2023/2024. Alasan bomber muda itu absen karena menunaikan tugas yang sama dengan Arkhan Fikri untuk memperkuat Timnas Indonesia U-23. Kepergian Hokky pun menjadi pukulan bagi PSS.

"Bagi kami, Hokky adalah pemain yang sangat penting, tanpa dia saya pikir kami akan kehilangan banyak hal. Namun, Keputusan sudah dibuat, kami harus menerimanya karena tidak bisa mengubahnya. Kami harus maju menghadapi permasalahan ini," ujar pelatih PSS Sleman, Risto Vidakovic, di situs resmi klub.

Arema FC dan PSS Sleman sama-sama menatap pertandingan krusial saat saling berhadapan pada pekan ke-31 Liga 1 Indonesia 2023/2024. Siapakah yang akan keluar sebagai pemenang dalam laga ini nantinya?

Baca Juga: 3 Syarat Arema FC Lolos dari Hukuman Degradasi Liga 1

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya