Arema FC vs Madura United, Laga Hidup Mati Singo Edan

Jika kalah, Arema bisa saja degradasi

Banyak pertandingan menarik yang tersaji pada pekan penutup (pekan 34) babak Reguler Series Liga 1 Indonesia 2023/2024. Salah satunya ada laga Derbi Jawa Timur Arema FC versus Madura United. Bentrok kedua kesebelasan akan dilaksanakan di Stadion Gelora Bangkalan, Bangkalan, Selasa (30/4/2024) 15.00 sore WIB.

Ini menjadi pertandingan yang amat penting bagi Arema dan Madura United. Sebab, keduanya akan beradu nasib. Arema membutuhkan tambahan poin demi menyelamatkan diri dari hukuman degradasi Liga 1. Sementara itu, Madura United tengah berambisi untuk mengamankan tiket Championship Series Liga 1. Ini mengindikasikan pertemuan mereka akan berlangsung sengit nantinya.

Baca Juga: Greg Nwokolo Kesal, Arema FC Disebut Menang Cuma Modal Penalti

1. Madura United dalam ambisi berburu tiket Championship Series Liga 1

Arema FC vs Madura United, Laga Hidup Mati Singo EdanMadura United dalam laga menghadapi Arema FC pada putaran pertama Liga 1 2023/2024. (instagram.com/maduraunited.fc)

Madura United mengusung misi menjaga asa lolos ke babak Championship Series saat menjamu Arema FC pada pekan ke-34 Liga 1 2023/2024. Ini karena mereka masih menjadi tim yang paling diunggulkan dari tim kompetitor lain, PSIS Semarang dam Dewa United. Di klasemen sementara Liga 1, Madura sendiri kokoh di peringkat ke-4 dengan 54 poin, unggul 1 poin dari PSIS serta 3 poin dari Dewa.

Madura United benar-benar harus menang atas Arema bila ingin mengamankan asa lolos Championship Series mereka. Dengan begitu, hasil ini akan mengubur mimpi PSIS dan Dewa United meski meraih kemenangan pula pada laga penentu. Sementara itu, jika Madura hanya imbang atau kalah dari Arema, maka hasil itu justru mengancam posisi mereka untuk dikudeta oleh dua kompetitornya.

2. Arema FC terus beradu nasib dengan zona degradasi

Arema FC vs Madura United, Laga Hidup Mati Singo EdanArema FC dalam laga menghadapi Madura United pada putaran pertama Liga 1 2023/2024. (instagram.com/maduraunited.fc)

Berbeda halnya dengan Madura United, Arema FC malah sedang berjuang untuk menyelamatkan diri dari hukuman degradasi. Maklum, posisi Singo Edan memang rawan terjatuh ke zona merah saat ini. Itu terbukti setelah Arema masih duduk di tangga ke-13 klasemen sementara Liga 1 dengan 37 poin, selisih dua peringkat saja dari jurang degradasi.

Ada satu peluang yang dapat bikin Arema selamat dari hukuman turun kasta musim ini. Jalan pintasnya mereka mesti menang saat menantang Madura United pada laga pemungkas Liga 1. Di lain sisi, bila Singo Edan gagal menang, mereka mesti menunggu hasil akhir dari pertandingan tiga kompetitornya, PSS Sleman, Persita Tangerang, dan RANS Nusantara. Nasib Arema masih bisa selamat bila salah satu dari ketiga tim tersebut tersungkur pada laga penutup musim.

3. Arema FC dan Madura United sama-sama punya bekal positif

Arema FC vs Madura United, Laga Hidup Mati Singo EdanArema FC dalam laga menghadapi Madura United pada putaran pertama Liga 1 2023/2024. (instagram.com/maduraunited.fc)

Menariknya, Arema FC dan Madura United kompak berada dalam situasi lebih baik jelang berhadapan pada pekan ke-34 Liga 1 2023/2024. Ini karena mereka sama-sama membukukan hasil positif pada beberapa pertandingan terakhir. Itu pasti menjadi bekal berharga bagi kedua kesebelasan saat berjumpa nanti.

Diketahui, Arema sendiri berhasil membukukan dua kemenangan beruntun baru-baru ini. Hasil ciamik itu terjadi ketika mereka mampu menumbangkan Borneo FC Samarinda 2-1 pada pekan ke-32 serta unggul 3-2 dari PSM Makassar pada pekan ke-33 Liga 1. Hasil ini bahkan membuat Arema berhasil menjauhi zona degradasi sementara ini.

Madura United, di sisi lain, mereka justru mengantongi modal tidak terkalahkan dalam enam pertandingan beruntun di Liga 1. Tim Laskar Sapeh Kerrab sukses memetik 3 hasil menang dan 3 hasil imbang sejauh itu. Dengan catatan yang lebih apik, Madura United diprediksi akan lebih percaya diri saat menghadapi Arema nanti.

4. Dua legiun asing Arema ini menjadi ancaman serius bagi Madura United

Arema FC vs Madura United, Laga Hidup Mati Singo EdanCharles Lokolingoy (instagram.com/aremafcofficial)

Arema FC memiliki banyak pemain andalan di Liga 1 2023/2024. Beberapa di antaranya ada Charles Lokolingoy dan Julian Guevara. Lokolingoy sendiri berperan sebagai ujung tombak sedangkan Guevara piawai sebagai jenderal lapangan di sektor gelandang.

Lebih hebatnya, Lokolingoy dan Guevara sama-sama menyedot perhatian lantaran produktif dalam dua pertandingan terakhir Liga 1. Kedua pemain itu diketahui selalu mencetak gol saat mengalahkan Borneo FC dan PSM Makassar. Lokolingoy memborong 3 gol serta Guevara membukukan 2 gol.

Rekor apik tersebut jelas menjadikan Lokolingoy dan Guevara sebagai ancaman bagi Madura United pada pekan ke-34 Liga 1 2023/2024. Keduanya berpotensi menjegal Tim Laskar Sapeh Kerrab saat bertanding nanti. Maka dari itu, Madura benar-benar wajib memberi catatan kepada Lokolingoy dan Guevara.

5. Rekor head to head kedua klub

Arema FC vs Madura United, Laga Hidup Mati Singo EdanArema FC dalam laga menghadapi Madura United pada putaran pertama Liga 1 2023/2024. (instagram.com/maduraunited.fc)

Rekor head to head merupakan salah satu tolok ukur guna mengetahui hasil pertemuan dua kesebelasan sepanjang sejarah. Arema FC dan Madura United pun telah melangsungkan beberapa pertemuan. Untuk hasil, ternyata, Arema masih unggul dengan statistik 2 menang, 2 imbang, 1 kalah jika diukur dalam 5 pertemuan terakhir.

Tatap muka teraktual Arema dan Madura United sendiri baru terjadi pada putaran pertama Liga 1 2023/2024. Ketika itu, kedua tim kompak imbang dengan skor 1-1 saat laga digelar di kandang Singo Edan. Ini membuktikan bila Arema dan Madura United sama-sama mempunyai kekuatan yang sepadan saat saling bertemu dalam suatu pertandingan.

Arema FC dan Madura United akan melakoni pertandingan hidup dan mati dengan tujuan berbeda pada pekan ke-34 Liga 1 Indonesia 2023/2024. Siapakah yang mampu keluar sebagai pemenang nantinya? Atau, mereka hanya bermain sama kuat?

 

Baca Juga: Tutup Liga 1 dengan Kemenangan, Persebaya Jaga Gengsi Atas Arema FC

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya