6 Pemuda Jatim yang Bawa Indonesia Juara SEA Games 2023

Ada Cah Ngawi hingga Kera Ngalam

Tim Nasional Indonesia U-22 mengakhiri penantian panjang di ajang sepak bola SEA Games. Mereka akhirnya menyabet medali emas setelah puasa gelar selama 32 tahun. Garuda Muda juara usai mengalahkan Thailand di final SEA Games 2023 Kamboja.

Semua pihak berjasa atas prestasi Indonesia tersebut. Salah satunya, para penggawa yang langsung berjuang di dalam lapangan. Menariknya, ada enam pemain dari Jawa Timur yang ikut berkontribusi. Satu di antaranya bahkan menjadi penentu titel juara Indonesia saat mencetak gol di final.

1. Rizky Ridho

6 Pemuda Jatim yang Bawa Indonesia Juara SEA Games 2023Rizky Ridho (instagram.com/persija)

Rizky Ridho memberi sumbangsih besar di lini pertahanan Indonesia. Peran bek berusia 21 tahun kelahiran Surabaya ini begitu dominan. 

Di SEA Games 2023, Rizky Ridho mengumpulkan 7 pertandingan dengan 660 menit tampil. Pemain yang sekaligus jadi kapten tim ini selalu jadi pemain belakang utama Garuda Muda.

2. Irfan Jauhari

6 Pemuda Jatim yang Bawa Indonesia Juara SEA Games 2023Irfan Jauhari (instagram.com/pssi)

Irfan Jauhari adalah pemain muda gesit dan lincah asal Ngawi. Ia begitu diandalkan sebagai winger kiri. Namun, terkadang bermain sebagai striker.

Bersama Indonesia U-22, Irfan Jauhari membukukan 2 gol dalam 8 aksi (356 menit tampil). Kontribusinya paling tampak saat mencetak satu gol ke gawang Thailand di final SEA Games 2023.

3. Marselino Ferdinan 

6 Pemuda Jatim yang Bawa Indonesia Juara SEA Games 2023Marselino Ferdinan (instagram.com/pssi)

Di posisi ketiga ada Merselino Ferdinan. Sebenarnya, eks pemain Persebaya Surabaya ini adalah pemain kelahiran Jakarta. Namun, sedari kecil ia sudah lama menetap di Jawa Timur, tepatnya di Sidoarjo dan Surabaya.

Di SEA Games 2023, Merselino Ferdinan tampil ciamik sebagai gelandang serang Indonesia U-22. Ia mencetak 2 gol dari 5 penampilan. Marselino total meraup 436 menit bermain.

4. Titan Agung

6 Pemuda Jatim yang Bawa Indonesia Juara SEA Games 2023Titan Agung (instagram.com/bhayangkarafc)

Pemain asal Malang, Titan Agung, juga berjasa atas prestasi Timnas Indonesia di SEA Games 2023. Ia diandalkan sebagai penyerang tengah di lini depan.

Titan Agung bisa dibilang menjadi pemain supersub bagi Indonesia. Hal ini terjadi karena ia cukup produktif meski jarang tampil. Titan membuktikannya dengan catatan 2 gol hanya dalam 4 laga di SEA Games 2023.

5. Haykal Alhafiz

6 Pemuda Jatim yang Bawa Indonesia Juara SEA Games 2023Haykal Alhafiz (instagram.com/psisfcofficial)

Haykal Alhafiz berperan di sektor bek kiri Timnas Indonesia. Sumbangsih pemuda 22 tahun asal Sidoarjo ini lumayan terlihat di SEA Games 2023.

Haykal Alhafiz mengemas 295 menit bermain dalam 5 laga bersama Garuda Muda. Ia juga tampak bermain sejak menit awal ketika Indonesia melakoni laga final kontra Thailand di SEA Games 2023.

6. Akbar Arjunsyah

6 Pemuda Jatim yang Bawa Indonesia Juara SEA Games 2023Akbar Arjunsyah (instagram.com/akbararjunsyah16)

Di posisi terakhir ada Akbar Arjunsyah sebagai pemain asli Jawa Timur yang berjasa atas prestasi Indonesia di SEA Games 2023. Hanya saja, pemain kelahiran Sidoarjo ini belum pernah tampil.

Akbar Arjunsyah kerap menduduki bangku cadangan di SEA Games 2023. Meski begitu, keberadaan pemain 21 tahun ini sedikit banyak sudah membantu tim, terutama dalam hal dukungan mentalitas kepada rekan-rekannya.

 

Kelima pemain di atas sudah mengharumkan nama Jawa Timur di pentas olah raga sepak bola. Kendati begitu, hal ini bukanlah jadi patokan utama untuk dibanggakan. Melainkan, jasa pemain dari wilayah Indonesia manapun yang seharusnya dihargai.

 

Baca Juga: 2 Bintang Timnas U-22 Jadi Top Skor SEA Games 2023

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya