6 Pemain Cile Pernah Berkostum Persela Lamongan, J-lo Hingga Aravena

Teruntuk penggemar Persela, apakah masih ingat?

Persela Lamongan dikenal sebagai klub yang kerap jatuh hati dengan pemain berdarah Cile. Buktinya, tim berjuluk Laskar Joko Tingkir ini sudah meneken kontrak dengan banyak pemain asal Amerika Latin itu. Persela kembali melakukannya pada musim 2023/2024 ini.

Laskar Joko Tingkir paling baru mendatangkan gelandang asal Cile bernama Matt Lagos. Pemain berusia 27 tahun yang baru diboyong dari klub domestik, San Luis. Kedatangan Lagos sendiri menambah deretan pemain Cile yang pernah berlabuh ke Persela. Ada setidaknya 6 pemain Cile yang pernah berkiprah di Persela Lamongan. Berikut ulasannya.

1. Julio Lopez (2001/2002)

6 Pemain Cile Pernah Berkostum Persela Lamongan, J-lo Hingga AravenaJulio Lopez (instagram.com/smgfootball)

Julio Lopez jadi pemain Cile yang kerap didebatkan. Pasalnya, pemain dengan panggilan akrab J-Lo ini dikenal sebagai pemain orbitan PSIS Semarang. Padahal, Lopez diketahui pernah berkostum Persela Lamongan pada awal masa karier di Indonesia.

Klub pertama J-Lo di Indonesia ternyata adalah Persela. Salah satu buktinya ditulis dalam buku Mencintai Sepak Bola Indonesia Meski Kusut karya mantan wartawan bola senior Jawa Pos, Miftakhul F.S. 

Diketahui, J-Lo sempat berseragam Persela pada musim 2001/2002. Ia membela Persela saat masih berkiprah di kasta kedua. J-Lo satu angkatan dengan pemain Persela asal Cile lainnya, Oscar Aravena. Mereka jadi pemain asing angkatan pertama Persela kala itu bersama pemain asal Liberia Ibrahim Hasan.

2. Oscar Aravena (2001/2002)

6 Pemain Cile Pernah Berkostum Persela Lamongan, J-lo Hingga AravenaOscar Aravena (instagram.com/oscar_aravena.9_)

Selanjutnya ada Oscar Aravena dalam daftar ini. Pemain asal Cile kelahiran 8 Januari 1978 yang andal bermain di sektor ujung tombak. Ia pernah jadi striker andalan Persela dalam kurun waktu 2 periode di kompetisi Indonesia.

Rinciannya, Oscar Aravena memperkuat Persela selama semusim di divisi I alias kasta kedua pada 2001/2002. Lalu kembali mengabdi selama semusim di Divisi Utama 2003/2004 (kasta tertinggi). Dalam jeda kariernya itu, Aravena sempat membela PSM Makassar pada 2002/2003.

3. Juan Duran (2002/2003)

6 Pemain Cile Pernah Berkostum Persela Lamongan, J-lo Hingga AravenaJuan Duran (instagram.com/perselainfographic)

Setelah memakai jasa Julio Lopez dan Oscar Aravena pada 2001/2002, Persela Lamongan lalu mendatangkan dua pemain Cile lagi pada musim selanjutnya. Laskar Joko Tingkir salah satunya merekrut Juan Duran pada 2002/2003.

Juan Duran adalah pemain yang berjasa besar membawa Persela naik kasta ke Divisi Utama 2003/2004. Ia berperan sebagai striker mematikan kala itu. Diketahui, Duran bermain impresif saat memperkuat Persela di Divisi 1 2002/2003. Tercatat, ia mengoleksi 16 gol sebagai ujung tombak.

4. Jorge Rodriguez Guzman (2002/2003)

6 Pemain Cile Pernah Berkostum Persela Lamongan, J-lo Hingga AravenaJorge Rodriguez Guzman (bawah kanan) di skuad Persela Lamongan Playoff Ligina 2003. (twitter.com/PerselaFC)

Selain Juan Duran, Persela Lamongan memakai jasa Jorge Rodriguez Guzman pada musim 2002/2003. Pemain berdarah Cile ini begitu diandalkan juga di posisi penyerang.

Keberadaan Jorge Rodriguez Guzman menjadi duet Cile mematikan yang dimiliki Persela saat berkiprah di Divisi 1 2002/2003. Duetnya bersama Juan Duran begitu diperhitungkan. Kontribusi mereka sendiri membawa Persela menembus ke Divisi Utama 2003/2004.

5. Paolo Vivar (2006/2007)

6 Pemain Cile Pernah Berkostum Persela Lamongan, J-lo Hingga AravenaPaolo Vivar. Facebook.com/Pelotudos Chile

Persela Lamongan pernah meneken kontrak Paolo Vivar pada musim. Ia didatangkan usai penampilan impresifnya bersama Persema pada musim sebelumnya. Laskar Joko Tingkir mengandalkan pemain eks Timnas Cile U-20 itu sebagai pemain sayap unggulan ketika itu.

Catatan tentang perjalanan karir Vivar di Persela juga tak banyak. Setelah bersama Persela, ia diketahui kembali ke Cile untuk membela CD Cobreloa. Vivar diketahui pensiun di usia 32 tahun. 

Baca Juga: Profil Pemain Asing Persela Lamongan asal Cile Matt Lagos

6. Matt Lagos (2023/2024)

6 Pemain Cile Pernah Berkostum Persela Lamongan, J-lo Hingga AravenaMatt Lagos (instagram.com/mattlagos)

Matt Lagos jadi pemain Cile terbaru yang dimiliki Persela Lamongan. Mereka menjalin kontrak kerja dengan pemain kelahiran 7 November 1995 itu, tepatnya pada 2023/2024.

Matt Lagos akan memperkuat Persela ketika mengarungi kompetisi Liga 2 Indonesia 2023/2024. Di atas lapangan, ia sendiri dikenal sebagai pemain yang terampil mengisi pos gelandang. Lagos bisa berperan sebagai gelandang serang, tengah, dan kiri.

 

Dari semua pemain Cile di atas, hanya Oscar Aravena yang bertahan lama membela Persela Lamongan di Indonesia. Sebagai pemain baru, mampukah Matt Lagos juga berkiprah lama bersama Laskar Joko Tingkir sejak 2023/2024 ini?

Baca Juga: Uji Coba Lawan Nusantara United, Persela Lamongan Ditahan Imbang

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya