4 Fakta Ousmane Fane, Gelandang Persik Kediri Asal Prancis

Eks gelandang Persiraja Banda Aceh

Persik Kediri resmi mendatangkan gelandang berdarah Eropa untuk menambah amunisi di Liga 1 Indonesia 2024/2025. Pemain itu adalah Ousmane Fane. Ia merupakan pesepak bola berkewarganegaraan Prancis yang mengantongi rekam jejak karier cukup apik di atas lapangan.

Ousmane Fane mempunyai pengalaman berkarier di Eropa. Pemain kelahiran 13 Desember 1993 (30 tahun) ini pernah berkiprah di Prancis, Norwegia, hingga Inggris. Di sisi lain, pemain yang memiliki garis keturunan Pantai Gading itu sempat berkiprah di Indonesia dengan memperkuat Persiraja Banda Aceh pada 2021.

1. Pemain yang berpengalaman merumput di Eropa

4 Fakta Ousmane Fane, Gelandang Persik Kediri Asal PrancisOusmane Fane (instagram.com/persikfcofficial)

Ousmane Fane merupakan pemain yang cukup berpengalaman di Eropa. Buktinya, ia pernah menapakkan kaki di tiga negara berbeda Benua Biru, yakni Prancis, Norwegia, dan Inggris. Kiprah Ousmane itu pun berlangsung dalam tempo 2009—2019.

Mulanya, Ousmane mengenyam karier di Prancis pada 2009—2014. Ia di sana menghabiskan masanya bareng Aviron Bayonnais, Paris FC, Racing Club de France, dan GSI Pontivy. Ousmane sendiri dominan menghabiskan kariernya untuk berkiprah di kasta bawah Liga Prancis ketika itu.

Karier Ousmane lalu bergeser ke Norwegia dengan membela Lyn 1896 FK II pada 2015. Selang setahun kemudian, ia kembali hijrah ke Inggris untuk berkostum Kidderminster Harriers, Oldham Athletic, dan Shrewsbury Town dalam kurun 2016—2019.

Baca Juga: Perkuat Lini Belakang, Persik Kediri Rekrut Bek Asing Asal Brasil

2. Pernah merasakan atmosfer dua kejuaraan bergengsi di Inggris

4 Fakta Ousmane Fane, Gelandang Persik Kediri Asal PrancisOusmane Fane (instagram.com/persikfcofficial)

Selama di Inggris, Ousmane Fane juga dominan menghabiskan kiprahnya di kasta ketiga Liga Inggris. Meski demikian, ia juga punya pengalaman merasakan atmosfer dua kejuaraan bergengsi di sana. Ousmane pernah tampil di kejuaraan Piala Inggris (FA Cup) dan Piala Liga Inggris (Carabao Cup).

Pengalamannya tersebut terjadi ketika Ousmane berkostum Oldham Athletic. Secara statistik, sang pemain berhasil membukukan 1 penampilan (61 menit) di Piala Inggris 2016/2017, serta 2 penampilan (180 menit) di Piala Liga Inggris 2016/2017. Lalu, Ousmane mengemas masing-masing satu laga (90 menit) di dua kejuaraan tersebut pada 2017/2018.

3. Mulai hijrah ke Asia sejak 2020, eks Persiraja Banda Aceh

4 Fakta Ousmane Fane, Gelandang Persik Kediri Asal PrancisOusmane Fane (instagram.com/persikfcofficial)

Ousmane Fane terakhir kali merumput di Inggris pada 2019. Setelah itu, ia mulai berpetualang ke Asia. Ini terbukti setelah sang pemain memilih untuk bergabung dengan klub Malaysia, UiTM United FC, pada Februari 2020.

Tak berselang lama, Ousmane kembali melanglang buana untuk mencicipi atmosfer sepak bola Indonesia. Ia resmi bergabung dengan Persiraja Banda Aceh pada Maret 2021. Hanya saja, karier Ousmane berjalan singkat ketika itu.

Hal demikian terjadi karena memang kompetisi ditiadakan imbas pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia. Meski begitu, Ousmane sempat berkontribusi untuk Persiraja di Piala Menpora 2021. Ia pun mencatat statistik dua penampilan (134 menit) di ajang pramusim tersebut. 

4. Resmi berlabuh ke Persik Kediri pada 2024

4 Fakta Ousmane Fane, Gelandang Persik Kediri Asal PrancisOusmane Fane (instagram.com/persikfcofficial)

Seusai tak ada kejelasan kompetisi di Indonesia, Ousmane Fane lalu kembali ke UiTM United FC pada Mei 2021. Ia pun sempat merumput di Inggris lagi bersama Morecambe FC pada 2022. Namun, karier sang pemain kembali bergeser ke Penang FC (Malaysia) pada 2023, serta Khaitan SC (Kuwait) pada 2024.

Tepat 15 Juli 2024, Ousmane berpisah dengan Khaitan serta memutuskan untuk berlabuh ke Persik Kediri. Ini menjadi periode keduanya di Indonesia setelah berseragam Persiraja Banda Aceh pada 2021. Akan tetapi, kali ini, Ousmane dipastikan memiliki potensi yang lebih besar untuk debut bersama Persik di Liga 1 Indonesia 2024/2025.

Ousmane Fane menjadi 1 dari 3 gelandang asing yang resmi berseragam Persik Kediri. Selain dirinya, masih ada Ze Valente dan Majed Osman yang siap menambah kekuatan di lini tengah Tim Macan Putih menjelang Liga 1 Indonesia 2024/2025.

Baca Juga: Genjot Fisik Pemain, Persik Kediri Gelar Latihan di Boyolali

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya