4 Fakta Jelang Persebaya vs Madura United, Derbi Suramadu!

Bajol Ijo dalam skuad pincang

Persebaya Surabaya menatap pertandingan sarat gengsi pada pekan ke-29 Liga 1 Indonesia 2023/2024. Mereka akan menghadapi Madura United. Duel bertajuk Derbi Suramadu ini akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (13/3/2024) malam WIB.

Ini menjadi pertandingan yang wajib dimenangkan oleh anak asuhan Paul Munster. Itu disebabkan Persebaya baru menderita kekalahan pada pertandingan terakhir Liga 1. Mereka mesti memburu poin penuh saat menjamu Madura United demi mendongkrak posisi lagi di papan klasemen sementara Liga 1 2023/2024.

1. Dilibas Borneo, Persebaya kehilangan tren positif

4 Fakta Jelang Persebaya vs Madura United, Derbi Suramadu!Persebaya dalam laga menghadapi Borneo FC pada pekan ke-28 Liga 1 2023/2024. (persebaya.id)

Persebaya Surabaya baru saja tumbang saat menghadapi Borneo FC pada pertandingan terakhir Liga 1 2023/2024. Skuad Bajol Ijo keok dengan skor 1-2 saat laga digelar di Stadion Batakan, Balikpapan. Torehan tersebut tentu menjadi pekerjaan rumah bagi Persebaya jelang menjamu Madura United pada pekan ke-29 Liga 1.

Kekalahan atas Borneo ternyata mematahkan rekor apik yang dibukukan Persebaya di Liga 1 2023/2024. Bukan tanpa alasan, Bruno Moreira dan kolega sempat tidak terkalahkan dalam 9 aksi beruntun dengan statistik 2 menang dan 7 imbang. Itu jelas menjadi pengingat bagi Persebaya bahwa mereka mesti bangkit ketika menghadapi Madura United nanti.

Baca Juga: 2.503 Personel Akan Amankan Liga 1 Persebaya vs Madura United

2. Dua pemain inti Persebaya dipastikan absen

4 Fakta Jelang Persebaya vs Madura United, Derbi Suramadu!Paulo Henrique (instagram.com/paulohenriique9)

Apesnya lagi, Persebaya Surabaya tidak menurunkan komposisi pemain terbaik dalam laga melawan Madura United pada pekan ke-29 Liga 1 2023/2024. Ini terjadi karena dua pemain inti mereka bakal absen. Kedua pemain itu bernama Paulo Henrique dan Muhammad Iqbal.

Absennya dua pilar itu disebabkan terkena hukuman akumulasi kartu. Diketahui, Henrique mendapat ganjaran kartu merah kala melawan Borneo FC pada pekan terakhir Liga 1. Di satu sisi, Iqbal mesti menjalani skorsing akumulasi kartu kuning.

Persebaya wajib memutar otak dengan absennya dua nama tersebut. Untuk Iqbal, mereka masih mempunyai pengganti yang cukup sepadan, yakni Toni Firmansyah. Sedangkan, berbeda cerita dengan Henrique. Bajol Ijo tidak memiliki sosok ujung tombak yang menandingi striker asal Brasil tersebut.

Walau demikian, Persebaya masih mempunyai opsi untuk mengatasi persoalan yang ada. Mereka bisa memakai taktik tanpa striker murni kala menjamu Madura United pada pekan ke-29 Liga 1. Mesin gol Bajol Ijo, Bruno Moreira, diprediksi jadi suksesor Henrique ketika taktik tersebut digunakan.

3. Dalam ambisi penuh, Persebaya wajib mewaspadai tren positif Madura United

4 Fakta Jelang Persebaya vs Madura United, Derbi Suramadu!Persebaya Surabaya saat menghadapi Madura United pada putaran pertama Liga 1 Indonesia 2023/2024. (instagram.com/officialpersebaya)

Persebaya Surabaya menatap pertandingan yang tidak mudah kontra Madura United pada pekan ke-29 Liga 1 2023/2024. Dikatakan demikian karena calon lawan tengah berada dalam grafik performa menanjak. Madura United berhasil mengemas 3 menang, 1 imbang, 1 seri dalam 5 laga terakhir di Liga 1.

Di satu sisi, hasil tersebut kian mengantarkan Madura United menembus zona Championship Series Liga 1. Kini, Hugo Gomes dan kawan-kawan bersandar di tangga ke-5 dengan koleksi 45 poin. Tim Laskar Sapeh Kerrab pasti memburu kemenangan saat menantang Persebaya demi menembus zona penentuan gelar juara kompetisi tersebut.

Tidak hanya itu, rekor laga pertemuan pertama atas Madura United dipercaya menjadi pekerjaan rumah lain bagi Persebaya. Betapa tidak, mereka sempat keok saat bertandang ke kandang Madura United. Berlaga di Stadion Gelora Bangkalan, Persebaya dibantai dengan skor 0-3 pada putaran pertama Liga 1 2023/2024.

4. Persebaya mengantongi dua modal penting saat menjamu Madura United

4 Fakta Jelang Persebaya vs Madura United, Derbi Suramadu!Persebaya Surabaya saat menghadapi Madura United pada putaran pertama Liga 1 Indonesia 2023/2024. (instagram.com/officialpersebaya)

Kendati begitu, Persebaya Surabaya tetap mengantongi dua bekal positif jelang menyambut laga kontra Madura United pada pekan ke-29 Liga 1 2023/2024. Itu adalah faktor pertandingan kandang dan unggul dalam rekor pertemuan. Berikut uraian singkatnya.

Untuk laga kandang, Persebaya jelas diunggulkan karena akan merumput di depan Bonek Mania. Keberadaan pendukung setia Bajol Ijo ini berpotensi memberikan teror bagi Madura United. Terlebih, Madura United tidak pernah memetik kemenangan saat bertanding di markas Persebaya sejak 2018.

Di lain sisi, Persebaya ternyata unggul dalam rekor pertemuan kontra Madura United. Dalam 5 pertemuan terakhir, Bajol Ijo diketahui menuai catatan 3 menang, 1 imbang, 1 kalah. Statistik itu tentu menjadi modal yang bisa diandalkan Persebaya saat menjamu Madura United nanti.

Pertandingan sarat gengsi dipastikan akan menghiasi dalam pertemuan Persebaya Surabaya versus Madura United pada pekan ke-29 Liga 1 Indonesia 2023/2024. Tim manakah yang keluar sebagai pemenang dalam duel bertajuk Derbi Suramadu ini nantinya?

 

Baca Juga: Persebaya vs Borneo FC, Kompak Punya Rantai Kemenangan Beruntun 

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya