3 Klub Jatim yang Mentas di Liga 2, Siapa yang Bakal Promosi?

Ada klub favoritmu?

Liga 2 Indonesia 2023/2024 akan digelar dalam waktu dekat. Kompetisi kasta kedua Liga Indonesia itu dihelat pada 10 September 2023—9 Maret 2024. Nantinya, ada 28 klub yang menjadi peserta. Mereka akan bersaing untuk memperebutkan posisi tiga besar demi promosi ke Liga 1 2024/2025.

Dari seluruh kontestan Liga 2 musim ini, ada tiga klub di antaranya yang berasal dari Jawa Timur. Mereka dominan sudah memiliki nama cukup besar di sepak bola Indonesia. Sebab, ketiganya sempat berkiprah di kasta tertinggi Liga Indonesia sebelumnya. Lantas, siapa saja mereka? Berikut daftar klub Jatim yang mentas di Liga 2 pada 2023/2024.

1. Gresik United

3 Klub Jatim yang Mentas di Liga 2, Siapa yang Bakal Promosi?Gresik United (instagram.com/gresikunited)

Gresik United adalah klub yang bermarkas di Stadion Gelora Joko Samudro, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Klub yang berdiri sejak 2005 itu akan ikut berkompetisi di Liga 2 Indonesia 2023/2024. Mereka jadi salah satu pesaing kuat nantinya.

Gresik United sudah mempersiapkan diri dengan matang sejauh ini. Salah satunya dengan mendatangkan beberapa pemain berkelas. Di Liga 2 musim ini, Gresik United akan diperkuat oleh tiga pemain baru yang mumpuni, seperti Samsul Arif, Renshi Yamaguchi, dan Victor Bertomeu.

Gresik United sendiri mengusung target tinggi, yaitu promosi ke Liga 1 musim depan. Maklum, mereka sudah 6 tahun terdampar di kasta kedua dan ketiga sepak bola Indonesia. Gresik terdegradasi dari Liga 1 pada musim 2017 lalu. Kala itu, mereka menjadi juru kunci dan hanya mengantongi dua kemenangan dari 34 pertandingan.

Nasib mereka kian miris lantaran harus kembali terjermbab di musim 2019. Kala itu, mereka kembali terdegradasi ke kasta terendah, yaitu Liga 3. Beruntung, tahun lalu mereka kembali ke Liga 2 bersama 7 klub lainnya. 

Selain secara performa, Gresik United juga sempat disorot karena punya tanggungan utang pemain musim lalu. Utang yang ada sejak tahun 2017 itu pun langsung dilunasi sesaat sebelum mereka meluncurkan timnya untuk mengarungi Liga 2, pada Rabu malam (6/9/2023). Mengandalkan skuad berkualitas Liga 1, mampukah Gresik United menjawab ekspektasi pendukungnya?

2. Persela Lamongan

3 Klub Jatim yang Mentas di Liga 2, Siapa yang Bakal Promosi?Persela Lamongan (instagram.com/perselafc)

Persela Lamongan bisa dikatakan sebagai calon kuat penantang gelar juara Liga 2 2023/2024. Dikatakan seperti itu karena persiapan mereka yang luar biasa. Klub berjuluk Laskar Joko Tingkir ini melakukan persiapan mulai dari perubahan tim ofisial pelatih, komposisi pemain, serta keperluan sponsor tim.

Persela sendiri merekrut pemain baru secara besar-besaran pada musim ini. Setidaknya, ada 15 pemain lebih yang sudah mereka boyong, termasuk 2 pemain asing. Adapun beberapa pemain top yang didapatkan Persela, di antaranya Herman Dzumafo, Silvio Escobar, Jonny Campbell, Yu-jun Lee, dan Do-hyun Kim. Nama terakhir bahkan pernah berlaga dalam kompetisi antar klub eropa, UEFA Conference League beberapa waktu lalu. 

Persela bisa dibilang mempunyai 5 pemain asing dengan 3 di antaranya pemain naturalisasi. Bahkan, untuk posisi pelatih, mereka juga mendatangkan nama baru. Persela mengangkat pelatih lokal ternama, Djadjang Nurdjaman. Untuk urusan pemain lokal kelahiran Indonesia, Persela juga punya nama besar macam Zulham Zamrun dan Agung Pribadi. 

Menilik semua upaya itu, tak ayal jika mereka jadi calon kuat peraih trofi Liga 2 2023/2024.

Baca Juga: Liga 2 2023/24 Siap Bergulir, Pegadaian Jadi Sponsor Utama

3. Deltras Sidoarjo

3 Klub Jatim yang Mentas di Liga 2, Siapa yang Bakal Promosi?Deltras Sidoarjo (instagram.com/deltras.official)

Deltras Sidoarjo menjadi klub Jatim terakhir yang ikut meramaikan Liga 2 2023/2024. Klub berjuluk The Lobster itu bisa dikatakan sebagai pendatang baru. Pasalnya, Deltras baru promosi ke Liga 2 usai menjuarai Liga 3 pada 2021/2022. 

Deltras sebenarnya sudah mencicipi atmosfer persaingan di Liga 2 pada 2022/2023 lalu. Hanya saja, kompetisi harus berhenti di tengah jalan kala itu. Semua peserta Liga 2 termasuk Deltras bernasib sama imbas tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober 2022.

Deltras untuk kali kedua berkiprah di Liga 2 pada 2023/2024 ini. Ini jadi kans bagi The Lobster untuk promosi ke liga tertinggi. Mampukah Deltras bersaing dengan klub lain di Liga 2 musim ini? Atau malah tercecer hingga terdegradasi ke Liga 3 lagi nantinya?

4. Ketiga klub Jatim di atas tergabung dalam Grup 3 Liga 2 2023/2024

3 Klub Jatim yang Mentas di Liga 2, Siapa yang Bakal Promosi?Persela Lamongan (instagram.com/perselafc)

Pembagian grup Liga 2 2023/2024 sudah dilakukan. Gresik United, Persela, dan Deltras diketahui tergabung dalam Grup 3. Mereka berada dalam satu grup dengan beberapa klub asal Jawa Tengah.

Ketiga klub Jatim di atas akan bersaing dengan Persijap Jepara, Persipa Pati, Persekat Tegal, dan PSCS Cilacap. Liga 2 2023/2024 sendiri akan dimulai pertama kali pada Minggu (10/9/2023) mendatang. Mampukah Gresik United, Persela, dan Deltras meraup hasil terbaik nantinya?

 

Itu tadi daftar klub Jawa Timur yang ikut berkompetisi di Liga 2 Indonesia 2023/2024. Gresik United, Persela, dan Deltras tampak sudah melakukan persiapan dengan matang sejauh ini. Dari ketiga klub Jatim tersebut, adakah klub favoritmu?

 

Baca Juga: 4 Klub Jawa Tengah yang Berkompetisi di Liga 2 2023/2024, Cek!

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya