Tekuk Persija, Arema FC Sementara Lolos dari Zona Degradasi

Setelah delapan bulan terkunci di zona merah

Malang, IDN Times - Setelah 8 bulan konsisten berada di zona degradasi, Arema FC akhirnya mengakhiri tren negatif ini setelah mengalahkan Persija Jakarta sore tadi (26/3/2024) di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Bali. Singo Edan berhasil menekuk Macan Kemayoran dengan skor 3-2 berkat brace Dedik Setiawan pada menit 20 dan 26, ditambah gol Charles Lokolingoy menit 78. Sementara 2 gol Persija dicetak Marco Simic di menit 12 dan 56.

Kemenangan ini membuat Arema FC sementara berhasil keluar dari zona degradasi dan naik ke peringkat 15 dengan 27 poin dari 26 pertandingan. Menggeser Persita Tangerang yang baru akan bermain besok sore melawan tuan rumah PSS Sleman.

1. Pelatih Arema FC apresiasi pemain-pemainnya dan minta tidak terbawa euforia

Tekuk Persija, Arema FC Sementara Lolos dari Zona DegradasiLaga Arema FC melawan Persija Jakarta di Stadion Kapten I Wayan Dipta pada Senin (26/2/2024). (Dok. Media Officer Arema FC)

Pelatih Arema FC, Widodo Cahyono Putro mengaku sangat bersyukur dengan kemenangan ini sehingga 3 poin berhasil direngkuh. Ia berterima kasih pada pemain yang telah berjuang dan Aremania yang datang untuk mendukung ke stadion.

"Saya berharap kedepannya kita tetap semangat. Menjaga kondisi juga tentunya, dan juga tim dokter dan fisioterapi yang bekerja keras karena jarak (pertandingan) yang mepet, tapi kebugaran pemain tetap terjaga," ucapnya usai pertandingan.

Widodo berharap pemain-pemainnya tidak terbawa euforia berlebihan. Besok mereka harus fokus kembali untuk menata laga selanjutnya melawan Persikabo 1973.

"Saya menyampaikan pada pemain agar euforia cukup di lapangan. Setelah ini kita harus fokus untuk pertandingan selanjutnya. Jadi para pemain harus tetap rendah hati, kita masih harus berjuang," ucapnya.

2. Evaluasi tim pelatih, permainan Arema FC belum konsisten

Tekuk Persija, Arema FC Sementara Lolos dari Zona DegradasiLaga Arema FC melawan Persija Jakarta di Stadion Kapten I Wayan Dipta pada Senin (26/2/2024). (Dok. Media Officer Arema FC)

Widodo juga menyampaikan evaluasi pertandingan sore tadi, menurutnya permainan Arema FC belum konsisten. Ada momen permainan mereka taktis dalam membangun serangan, tapi ada momen juga mereka membuat kesalahan sehingga tercipta 2 gol dari kepala Marco Simic.

"Secara taktikal kita lihat tadi menyerang, tapi tidak mungkin bisa konsisten 90 menit dengan tempo seperti itu. Saya paham para pemain berat melakukan itu, ditambah cuaca yang sangat panas tadi," bebernya.

Setelah melakukan recovery, Widodo akan merancang latihan lagi untuk pemain-pemainnya. Terutama lini belakang yang kerap kali kalah di duel-duel udara.

"Sebenarnya tidak ada alasan (kelelahan), sehingga bagaimana pemain bisa konsisten dalam taktikal. Sehingga pemain lawan tidak bisa mengembangkan permainan," tegasnya.

Baca Juga: Arema FC Larang The Jak Datang ke Bali saat Menghadapi Persija Jakarta

3. Dendi Santoso ingatkan rekan-rekannya hanya nikmati euforia sampai hari ini

Tekuk Persija, Arema FC Sementara Lolos dari Zona DegradasiLaga Arema FC melawan Persija Jakarta di Stadion Kapten I Wayan Dipta pada Senin (26/2/2024). (Dok. Media Officer Arema FC)

Winger Arema FC, Dendi Santoso juga bersyukur dengan kemenangan hari ini melawan Macan Kemayoran. Ia mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya pada tim pelatih dan manajemen yang membantu nereka memenangkan pertandingan hari ini. Begitu juga dengan suporter yang mendukung Singo Edan sehingga bisa keluar dari zona degradasi.

"Yang pertama kita pasti senang, tapi kemenangan ini cukup kita nikmati sampai hari ini saja. Karena setelah ini kita akan menghadapi Persikabo yang juga berjuang keluar dari zona degradasi. Besok kita kembali fokus menghadapi pertandingan selanjutnya," pungkasnya. 

Namun, posisi Arema FC bisa saja kembali ke zona degradasi jika besok Persita seri atau menang saat bertandang PSS. Kedua klub ini memang memiliki poin yang sama, yaitu 27. Hanya saja, laga pekan ke-26 Persita baru akan dimainkan Selasa (27/2/2024), pukul 15.00 WIB.

Baca Juga: Jelang Hadapi Persija Jakarta, Arema FC Waspadai 2 Fullback Lawan

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan merajut keabadian. Karena dengan menulis, kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu, keduanya saling tarik-menarik menciptakan sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya