Peluang Lolos Degradasi Kian Sempit, Pelatih Arema Masih Optimistis

Liga 1 Musim 2023/2024 hanya menyisakan 10 laga lagi

Malang, IDN Times - Pukulan telak didapatkan skuad Arema FC setelah dibantai 1-4 oleh PSIS Semarang pada Senin (5/2/2024) di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Bali. Hasil ini membuat Singo Edan semakin tenggelam di zona degradasi Liga 1 Musim 2023/2024.

Arema FC kini terancam untuk pertama kalinya turun ke kasta kedua sejak format kompetisi diubah menjadi liga. Pasalnya, sisa pertandingan tinggal 10 laga lagi dan Arema FC masih tertinggal 5 poin dari Persita Tangerang yang ada di peringkat 15.

1. Fernando Valente mengatakan jika ia masih optimistis bisa menyelamatkan Singo Edan

Peluang Lolos Degradasi Kian Sempit, Pelatih Arema Masih OptimistisStriker Arema FC, Gilbert Alvarez. (Dok. Media Officer Arema FC)

Pelatih Arema FC, Fernando Valente mengatakan jika ia masih optimis untuk menyelamatkan Singo Edan dari keterpurukan. Meskipun laga perdana Liga 1 di tahun 2024 berakhir mengenaskan, ia optimis pada 10 laga selanjutnya akan meraih hasil positif. Pria asal Portugal ini melihat permainan Arema FC sudah bagus, tapi mereka kurang kreatif dalam menciptakan peluang dan gol.

"Target kita adalah keluar dari zona degradasi, tapi tentu saya sudah berbicara sejak awal bahwa saya tidak bisa membuat keajaiban. Tentu saja yang bisa saya katakan bahwa setiap orang di klub ini berkembang melalui belajar dari kesalahan," terangnya saat dikonfirmasi pada Rabu (7/2/2024).

Oleh karena itu, ia berharap semua pihak untuk bersabar menunggu hasil dari latihan intensif selama 4 Minggu yang mereka jalani sebelumnya. Ia percaya latihan yang sudah mereka lakukan selama ini tidak akan sia-sia.

"Yang saya harapkan adalah semua komponen di tim ini mulai dari manajemen, pelatih, hingga suporter bisa membantu pemain untuk fokus agar keluar dari zona degradasi," ujarnya.

2. Fernando minta para pemainnya untuk tampil spartan di sisa 10 laga

Peluang Lolos Degradasi Kian Sempit, Pelatih Arema Masih OptimistisPemain-pemain Arema FC saat sesi latihan. (Dok. Media Officer Arema FC)

Fernando pun berharap para pemainnya bisa sadar bahwa setiap pertandingan kini harus dimenangkan.

"Pada momen ini, setiap pertandingan adalah final. Karena jika kita tidak mendapatkan poin maka akan menyulitkan kita untuk keluar dari zona degradasi," jelasnya.

Ia mengingatkan perjuangan ini tidak akan mudah, karena semua tim sudah mempersiapkan tim sejak jeda kompetisi pada Januari 2024. Jadi ia berharap anak-anak asuhannya tidak membuat kesalahan konyol dalam sisa pertandingan Liga 1.

"Tentu saja ini pertarungan yang sangat hebat, karena tim-tim lain juga mempersiapkan diri dan menjadi lebih kuat. Setiap pemain harus memiliki mental yang kuat untuk bermain bagus sehingga kita bisa keluar dari zona degradasi," paparnya.

3. Arkhan Fikri juga yakin Arema FC akan keluar dari zona degradasi

Peluang Lolos Degradasi Kian Sempit, Pelatih Arema Masih OptimistisGelandang muda Arema FC, Arkhan Fikri. (Instagram/arkhanfikri)

Sementara itu, wonderkid Arema FC, Arkhan Fikri yakin jika Singo Edan akan berhasil melewati cobaan ini. Ia dan pemain-pemain lain telah bekerja keras dalam setiap sesi latihan dengan serius. Arkhan percaya jika setiap usaha yang mereka lakukan tidak akan mengkhianati hasil.

"Yang pasti kita pemain telah mempersiapkan beberapa Minggu ini. Semoga saya dan teman-teman bisa mengamankan 3 poin dalam pertandingan-pertandingan berikutnya," pungkasnya.

Baca Juga: Dihajar PSIS Semarang, Pelatih Arema Sebut Pemainnya Kalah Kualitas

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan merajut keabadian. Karena dengan menulis, kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu, keduanya saling tarik-menarik menciptakan sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya