Ini Sosok Pelatih Baru Arema FC asal Brasil 

Joell Cornelli sudah tiba di Malang

Malang, IDN Times - Teka-teki mengenai siapa sosok pelatih baru Arema FC akhirnya terjawab. Pelatih baru tersebut adalah Joell Cornelli, seorang pelatih berpengalaman asal Brasil yang sebelumnya melatih Clube Atlético Rondoniense di Liga Regional Brasil.

Joell Cornelli, 57 tahun, kelahiran Brasil, kini siap untuk memimpin Arema FC. Bahkan, akun Instagram resmi Arema FC telah mengunggah video yang menampilkan sang pelatih dari belakang, tinggal menunggu waktu hingga ia diperkenalkan secara resmi kepada publik.

1. Joell Cornelli dikabarkan telah mendarat di Malang

Ini Sosok Pelatih Baru Arema FC asal Brasil Asisten Pelatih Arema FC, Kuncoro. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Asisten Pelatih Arema FC Kuncoro menyampaikan, bahwa pelatih baru Arema FC telah tiba di Malang. Kuncoro telah dua kali berkomunikasi dengan Joell Cornelli dan membicarakan program latihan. Menurutnya, baik Joell maupun Manajemen Arema FC telah sepakat, tinggal menunggu waktu untuk diumumkan.

"Kemarin sudah komunikasi dua kali. Dia (Joell) sudah di sini, tinggal pengenalan, mungkin besok," ujar Kuncoro usai latihan perdana Arema FC di Stadion Gajayana, Kota Malang, pada Senin (24/6/2024).

Baca Juga: 10 Restoran Dekat Stasiun Malang Kota Baru, Banyak Pilihannya!

2. Kuncoro mengatakan jika latihan sore hari ini berdasarkan arahan pelatih baru

Ini Sosok Pelatih Baru Arema FC asal Brasil Latihan perdana Arema FC di Stadion Gajayana pada Senin (24/6/2024). (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Meskipun Joell Cornelli belum sepenuhnya melatih Arema FC, Kuncoro mengatakan bahwa latihan sore ini sudah mengikuti arahan dari pelatih baru. Pada sesi pertama, para pemain melakukan latihan ketahanan dan fisik, kemudian dilanjutkan dengan latihan game.

"Kemarin sudah komunikasi. Hari ini latihan juga dari program dia (pelatih baru). Itu sudah komunikasi, termasuk program itu dari pelatih kepala," ujar Kuncoro.

Ini merupakan pengalaman pertama Joell melatih di Indonesia, sehingga ia akan disiapkan seorang penerjemah. Penerjemah ini akan menerjemahkan instruksi dari Bahasa Portugis ke Bahasa Indonesia.

3. Kualitas pelatih baru diragukan, ini jawaban Kuncoro

Ini Sosok Pelatih Baru Arema FC asal Brasil Pelatih Baru Arema FC, Joell Cornelli. (Instagram/@cornelli5joell)

Kualitas Joell Cornelli sempat diragukan oleh berbagai pihak, mengingat ia hanya berpengalaman melatih tim-tim Liga Regional Brasil seperti Clube Atlético Rondoniense, ACD Potiguar, hingga UNIRB FC. Namun, Asisten Pelatih Arema FC, Kuncoro, yakin bahwa pelatih asing kali ini akan berbeda dari sebelumnya. Kuncoro merasa komunikasi dengan Joell berjalan dengan baik dan optimis terhadap pendekatan yang akan diterapkan.

"Kalau pelatih, saya kira komunikasi kemarin dia enak, ada kesamaan antara di sini dan di sana ketika dia melatih. Dia mau terapkan agresif, dia paham gaya Malangan. Kemarin dia juga sempat melatih di Saudi di Riyadh. Pelatih kasarnya bisa memberikan informasi dan komunikatif ke pemain. Bisa menekankan kekeluargaan, makanya saya kasih tahu," pungkasnya.

Baca Juga: Meme Logo NU Jadi Tambang juga Dilaporkan di Malang 

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan merajut keabadian. Karena dengan menulis, kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu, keduanya saling tarik-menarik menciptakan sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya