Gagal Menang dari Bhayangkara FC, Pelatih Arema Sebut Pemain Kelelahan

Laga Arema FC melawan Bhayangkara FC berakhir 0-0

Malang, IDN Times - Duel papan bawah antara Arema FC melawan Bhayangkara FC pada Rabu (6/3/2024) malam di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Bali berakhir imbang. Kedua tim sama-sama gagal menyarangkan satu golpun ke gawang lawan.

Hasil ini membuat Arema FC gagal meroket ke peringkat 13. Mereka hanya bisa naik ke peringkat 14 dengan koleksi 31 poin dari 28 pertandingan. Sementara Bhayangkara FC masih tertahan di peringkat 17 dengan koleksi 19 poin dari 28 pertandingan.

1. Pelatih Arema FC beralasan jika pemain-pemainnya kelelahan

Gagal Menang dari Bhayangkara FC, Pelatih Arema Sebut Pemain KelelahanArema FC saat berduel dengan Bhayangkara FC. (Dok. Media Officer Arema FC)

Pelatih Arema FC, Widodo Cahyono Putro mengatakan jika pertandingan melawan Bhayangkara FC cukup berat dihadapi, bukan karena lawan bermain alot tapi karena faktor kelelahan pemain. Bagaimana tidak, dalam 4 laga terakhir mereka, Singo Edan hanya diberikan waktu istirahat kurang dari 4 hari. Tapi Widodo mengatakan ini sebenarnya bukan alasan, para pemain harus siap menghadapi konsekuensi dari mengikuti kompetisi Liga 1.

"Tadi ada beberapa peluang yang mestinya menjadi gol tapi tidak gol. Namun hasil ini patut kita syukuri, teman-teman pemain sudah bekerja keras. Kita belum dapat 3 poin, tapi kita masih dapat satu poin," terangnya saat dikonfirmasi pada Kamis (7/3/2024).

Widodo mengakui ada beberapa instruksinyabyang tidak berjalan pada pertandingan kemarin malam. Ia melihat jika pemain-pemainnya mengalami kelelahan sehingga tidak bisa berkonsentrasi dengan baik. Ia bahkan melihat beberapa pemain yang memiliki tingkat kelelahan yang sangat tinggi karena terus dipaksa bermain full 90 menit dalam 4 pertandingan.

"Akhirnya game plan yang kita rencanakan dengan beberapa chance tidak berbuah gol. Tapi secara defense kompak mereka, bagus, sehingga pemain lawan juga tidak bisa mencetak gol. Jadi saya harapkan ke depan ini kita mengoptimalkan supaya kondisi pemain lebih bagus lagi pada hari ini," ucapnya.

2. Tim Pelatih Arema FC akan fokus pada kebugaran pemain

Gagal Menang dari Bhayangkara FC, Pelatih Arema Sebut Pemain KelelahanArema FC saat berduel dengan Bhayangkara FC. (Dok. Media Officer Arema FC)

Widodo mengatakan saat ini mereka akan fokus pada pemulihan kebugaran pemain. Tim pelatih bersama dokter tim, fisioterapi, dan ahli gizi tim akan berfokus pada recovery pemain. Pemain haris segera bugar 100 persen, karena 6 hari lagi akan menghadapi Persita Tangerang.

"Saya juga berharap kepada pemain bisa menjaga (kebugaran sendiri), karena kita tidak bisa mengawasi mereka juga, mereka bisa jaga diri, pola makan, tentu istirahat juga harus bisa mereka atur. Saat ini kita sudah lupakan pertandingan kemarin, sekarang kita fokus untuk pertandingan selanjutnya," ucapnya.

Pertandingan melawan Persita Tangerang juga menjadi PR tersendiri karena tanggal 11 Maret 2024 sudah memasuki bulan Ramadhan. Sehingga latihan sudah harus disesuaikan saat pemain tengah berpuasa. Widodo mengatakan pada Minggu (10/3/2024) pagi adalah hari terakhir mereka latihan normal.

"Senin kita melakukan perjalanan ke Tangerang. Tentunya itulah kita harus banyak menyimpan nutrisi, suplemen makanan, karena metabolisme kita kan berubah. Untuk pemain, saya berharap itu menjadi PR juga buat kita bagaimana bisa menjaganya (kebugaran tubuh)," ujarnya.

Baca Juga: Hadapi Bhayangkara, Arema Kehilangan Julian Guevara dan Achmad Maulana

3. Dendi Santoso mengakui para pemain kelelahan, sehingga kurang konsentrasi untuk mencetak gol

Gagal Menang dari Bhayangkara FC, Pelatih Arema Sebut Pemain KelelahanDendi Santoso saat menggiring bola. (Instagram/@aremafcofficial)

Winger senior Arema FC, Dendi Santoso mengakui para pemain Singo Edan mengalami kelelahan setelah melakoni beberapa pertandingan secara berdekatan. Hal inilah yang membuat mereka menyia-nyiakan peluang untuk mencetak gol ke gawang Awan Setho Raharjo.

"Meskipun kita sudah sering latihan finishing di setiap latihan, tapi ada situasi yang berbeda seperti pertandingan malam kemarin, karena di samping kita sudah capek, konsentrasi juga mulai menurun. Kita punya satu peluang di kota penalti membentur mistar, sudah hampir gol, tapi semuanya tidak berubah hasil," ujarnya.

Dendi mengatakan ingin melupakan pertandingan melawan Bhayangkara FC dan fokus untuk pertandingan selanjutnya di Tangerang. Menurutnya kegagalan para laga malam tadi harus dibayar saat menghadapi Persita Tangerang.

"Kita harus konsentrasi di match berikutnya, karena kita akan bermain away. Jadi konsentrasi harus tertuju ke laga selanjutnya. Pertandingan selanjutnya adalah final bagi saya, karena kita masih belum aman (di klasemen Liga 1)," pungkasnya.

Baca Juga: Charles Lokolingoy Jadi Predator Baru Arema FC

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan merajut keabadian. Karena dengan menulis, kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu, keduanya saling tarik-menarik menciptakan sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya