Kalah dari Madura United, Javier Roca: Kita Kalah Yowes Kalah!

Menurutnya kelelahan tidak bisa dijadikan alasan kekalahan

Malang, IDN Times - Arema FC akhirnya mendapat kekalahan pertamanya dalam sistem baru Liga 1 Musim 2022/2023. Anak-anak Singo Edan ditundukkan Madura United dengan skor 0-2. Kekalahan ini juga menghentikan rekor kemenangan 4 kali beruntun anak asuh Javier Roca.

Pelatih Arema FC, Javier Roca pun enggan menyalahkan padatnya jadwal sebagai penyebab kekalahan. "Saya tidak setuju, itu berbau alasan. Kita kalah yowes kalah!" tegasnya saat konferensi pers usai laga pada Selasa (20/12/2022) di Stadion Sultan Agung Bantul.

Menurut dia kelelahan tidak bisa dijadikan alasan kekalahan. Ia menilai para pemain Arema FC melakukan banyak kesalahan. "Entah kondisi pemain capek atau tidak, entah 100 persen atau tidak, yang pasti kita melakukan kesalahan. Jadi kalau alasan saya sebenarnya tidak suka," terangnya.

"Setelah kita kemasukan gol, sebenarnya kita punya 3 peluang. Ada tiang, ada Irsyad, dan satu penalti yang tidak dikasih. Jadi si situ gak ada alasan untuk capek," imbuhnya.

1. Tetap apresiasi kerja keras pemain

Kalah dari Madura United, Javier Roca: Kita Kalah Yowes Kalah!Renshi Yamaguchi saat mengontrol bola. (Foto: Media Officer Arema FC)

Meskipun mendapatkan hasil negatif, Javier Roca tetap mengapresiasi para pemainnya. Menurutnya anak-anak Singo Edan telah bekerja maksimal. "Jujur kita apresiasi kerja keras para pemain, meskipun kita todak dapat hasil yang terbaik. Babak pertama sebenarnya cukup berimbang, ada beberapa peluang untuk kita dan beberapa peluang untuk mereka," paparnya.

"Tapi di awal babak kedua mereka lebih unggul. Buktinya mereka bisa bikin gol, sementara kita tidak," tambahnya. Kini pelatih asal Chile ini memilih fokus menatap pertandingan selanjutnya. Di mana Arema FC akan bertemu Bhayangkara FC pada Jumat (23/12/2022)

"Untuk pertandingan hari ini, kita akan evaluasi karena masih ada satu pertandingan lagi. Kita akan mencoba memperoleh 3 poin kembali," tuturnya.

Baca Juga: Dedik Jadi Pahlawan Arema FC saat Tumbangkan Persis Solo

2. Akan ada rotasi pemain

Kalah dari Madura United, Javier Roca: Kita Kalah Yowes Kalah!Pelatih Arema FC, Javier Roca. (Instagram/aremafcofficial)

Meskipun menegaskan belum ada rencana perombakan pemain, Roca memastikan akan ada rotasi pemain pada laga selanjutnya. "Kita belum ada kata-kata rombak tim. Tidak ada juga kata-kata layak, karena semua pemain di Arema ini layak. Mungkin lebih ke kata-kata beberapa posisi tertentu yabg mungkin akan kita rotasi, tapi belum bicara terlalu detail," jelasnya.

Roca menyadari jika tim besar seperti Arema FC dihadapkan pada ekspektasi tinggi. Namun, ia meminta agar para pendukung Singo Edan bersabar. "Kita lihat kondisinya nanti seperti apa. Target kita setelah kejadian itu saya tahu. Tim besar seperti Arema, target setiap tahunnya adalah juara," bebernya.

3. Belum bisa turunkan Abel Camara karena masih cedera

Kalah dari Madura United, Javier Roca: Kita Kalah Yowes Kalah!Abel Camara (kanan) dan Sergio Silva (kiri) bersama skuat Singo Edan saat menjalani sesi latihan. (Instagram/aremafcofficial)

Sebelumnya, Roca mengatakan kalau kemungkinan besar Abel Camara bisa bermain menghadapi Madura United. Namun, faktanya batang hidung pemain asal Portugal ini tidak kelihatan di lapangan maupun bench pemain. "Abel masih terasa (cedera), kita gak mau ambil resiko. Meskipun lama, selama saya jadi pelatih gak mau ambil resiko soal pemain," tandasnya.

"Saya tidak mau memaksa. Buat saya meskipun satu pertandingan, kesehatan pemain adalah yang utama," pungkasnya.

Sementara, winger muda Arema FC, Arkhan Fikri tetap mensyukuri hasil ini. "Meskipun kita belum mendapatkan tiga poin hari ini, tapi kita sudah bekerja keras. Di awal babak pertama kita bisa menguasai pertandingan, tapi di babak kedua mungkin kita kurang fokus. Jadi kita kecolongan," jelasnya.

Baca Juga: 6 Fakta Jelang Duel Arema FC vs Madura United, Derbi Jatim!

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya