Arema FC Tahan Imbang Persija, Kuncoro: Seperti Menang!

Laga Persija Vs Arema FC berkesudahan dengan skor 2-2

Malang, IDN Times - Arema FC sukses menahan imbang Persija Jakarta di kandangnya dengan skor 2-2 dalam lanjutan pekan ke-9 Liga 1 Musim 2023/2024 pada Minggu (20/8/2023). Singo Edan harus bersusah payah menahan 10 pemain Macan Kemayoran, gol Persija Jakarta dicetak oleh Maciej Gajos dan Hanif Sjahbandi, sementara 2 gol Arema FC diborong Gustavo Almeida.

Dengan hasil ini Persija Jakarta harus tertahan di peringkat 19 dengan mengoleksi 13 poin. Sementara Arema FC juga belum beranjak dari dasar klasemen dengan koleksi 3 poin.

1. Bagi Arema FC, hasil ini adalah kemenangan jika melihat kekuatan Persija Jakarta

Arema FC Tahan Imbang Persija, Kuncoro: Seperti Menang!Gelandang Arema FC, Ariel Lucero saat mengontrol bola saat laga melawan Persija. (Dok. Media Officer Arema FC)

Pelatih Caretaker Arema FC, Kuncoro terlihat sangat sumringah dengan hasil ini. Ia tampak sangat puas setelah berhasil menahan permainan anak-anak Macan Kemayoran. Ia bahkan berujar kalau ini seperti kemenangan bagi skuad Singo Edan.

"Satu poin ini menurut saya adalah kemenangan, karena Persija Jakarta adalah pemain yang kuat. Dan Alhamdulillah strategi kita dijalankan dengan baik sama anak-anak. Kita bertahan dulu kemudian lakukan counter attack, itu dijalankan dengan baik," terangnya saat dikonfirmasi pada Senin (21/8/2023).

Kuncoro mengatakan kalau ini adalah tuah permainan pragmatis yang diterapkan Arema FC. Sebelumnya Arema FC selalu kalah setiap kali bermain terbuka, tapi berakhir kebobolan banyak gol.

"Kemari sudah saya sampaikan kita akan bermain berbeda kali ini. Kita siapkan strategi karena daya serang Persija ini tajam sekali. Jadi kita tunggu kemudian kita huat counter attack. Meskipun resiko kita juga sama, yaitu kebobolan," tegasnya.

Baca Juga: Hasil Liga 1: Persija Ditahan Imbang Arema FC, Persib Bungkam PSIS

2. Kuncoro akui Arema FC masih tertekan meskipun Persija Jakarta main hanya dengan 10 orang

Arema FC Tahan Imbang Persija, Kuncoro: Seperti Menang!Gelandang Arema FC, Jayus Hariono saat dibayangi pemain Persija. (Dok. Media Officer Arema FC)

Arema FC sebenarnya mendapatkan keuntungan pasa menit 51 saat Bek Persija, Firza Andika, mendapat kartu kuning kedua. Meskipun demikian Singo Edan tetap dikurung di dalam pertahanannya sendiri. Arema FC tidak diijinkan mengembangkan permainan saat masih tertinggal 2-1 di babak kedua.

"Meskipun kita sempat unggul jumlah pemain, kita tetap terkurung. Karena lawan yang kita hadapi kuat sekali. Ini pertandingan yang berat karena kita melawan tim yang sudah matang dalam permainan. Alhamdulillah kita bisa menahan imbang, kita bersyukur tak terhingga," ujarnya.

Kuncoro bersyukur dengan hasil ini meskipun hanya mendapatkan 1 poin, karena menurutnya Persija Jakarta bukan tim yang remeh, apalagi saat bermain di kandang. Ia bersyukur anak-anak asuhnya bisa memainkan taktik yang sudah disiapkan khusus.

"Meskipun tadi Persija bermain dengan hanya 10 orang. Tapi secara teknik mereka bisa mengurung kita. Karena itu kita lihat Persija sebagai tim yang sudah matang di segi teknik dan permainan," tuturnya.

3. Achmad Maulana sangat senang bisa meredam tim masa kecilnya

Arema FC Tahan Imbang Persija, Kuncoro: Seperti Menang!Gelandang Arema FC, Achmad Maulana saat konferensi pers. (Dok. Media Officer Arema FC)

Senada dengan Kuncoro, gelandang Arema FC, Achmad Maulana mengungkapkan kebahagiaannya karena berhasil meredam Persija Jakarta. Pemain jebolan Akademi Persija Jakarta ini bersyukur dengan hasil yang mereka peroleh kali ini.

"Alhamdulillah kerja keras kita di latihan buat melawan Persija tidak sia-sia. Walaupun belum bisa dapat tiga poin, tapi masih bisa bawa pulang poin. Mungkin secara kualitas mereka adalah pemain bintang, tapi itu bisa dikalahkan dengan motivasi," ucapnya.

Ia mengakui kalau sepanjang pertandingan ia kerap kali diintimidasi oleh mantan rekan-rekannya di Persija Jakarta. Namun, ia tidak ambil pusing karena menganggap rivalitas hanya 90 menit di lapangan. Setelah itu, mereka kembali bersahabat di luar lapangan.

"Mungkin itu cara mereka untuk menjatuhkan mental aku sepanjang 2 kali 45 menit. Tapi setelah itu kita ketawa-ketawa lagi sama Doni dan Rio, kita baik-baik saja di atas lapangan," pungkasnya.

Baca Juga: Firza Andika Kartu Merah, Persija Ditahan Imbang Arema FC

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya