Arema FC Perkenalkan Joel Cornelli sebagai Pelatih Baru 

Manajemen Arema FC pasang target tinggi

Malang, IDN Times - Arema FC akhirnya memperkenalkan Joel Cornelli sebagai Pelatih Kepala yang baru. Pelatih berusia 57 tahun asal Brasil ini diperkenalkan pada Selasa (25/6/2024) di Kantor Arema FC di Jalan Mayjend Panjaitan Nomor 42, Kelurahan Penanggungan, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

Joel akan memimpin Singo Edan untuk kompetisi Liga 1 Musim 2024/2025 dengan target membawa Arema FC kembali ke papan atas.

1. Pengalaman dan karier Joel Cornelli

Arema FC Perkenalkan Joel Cornelli sebagai Pelatih Baru Arema FC perkenalkan pelatih barunya, Joell Cornelli. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Joel memperkenalkan diri sebagai pelatih yang sudah berpengalaman selama 25 tahun. Pengalaman pertamanya sebagai asisten pelatih dimulai pada usia 27 tahun di Ser Caxias, Brasil, pada tahun 1991. Kemudian, ia melatih berbagai tim di Brasil sebelum pindah ke Guangdong Sports di Liga China pada 2012.

Pada 2014, ia melatih Tim B Al Shahab di Liga Dubai, dan pada 2017 melatih Tim B Al Ain. Terakhir, ia melatih Tim Wanita Etihad Club di Liga Jordania pada 2023, di mana ia meraih dua kali juara Jordan Women's Pro League dan Champions Cup Saudi Arabia.

"Senang bisa berada di sini, karena ini pertama kali saya di Indonesia. Datang ke sini membawa tanggung jawab besar karena Arema adalah tim besar," terangnya.

Baca Juga: Kasus Gratifikasi Eks Ketua KPU Kab Malang Disebut Jalan di Tempat

2. Joel Cornelli tahu persis kondisi Arema FC

Arema FC Perkenalkan Joel Cornelli sebagai Pelatih Baru Arema FC perkenalkan pelatih barunya, Joell Cornelli. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Joel mengakui bahwa ia sudah mengetahui kondisi tim Arema FC saat ini. Tim ini mengalami masa sulit dalam dua musim terakhir dan hampir terdegradasi.

"Kondisi Arema FC mirip dengan beberapa tim di Brasil, jadi saya siap membawa Arema FC kembali ke papan atas. Kita harus bekerja seperti keluarga, melakukan segalanya bersama-sama untuk kesuksesan Arema," tegasnya.

Menurutnya, Arema FC memerlukan kerja keras untuk mengembalikan kejayaannya di papan atas, seperti tim di kampung halamannya.

3. Alasan Arema FC merekrut pelatih yang belum pernah melatih di Indonesia

Arema FC Perkenalkan Joel Cornelli sebagai Pelatih Baru Arema FC perkenalkan pelatih barunya, Joell Cornelli. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Arema FC kembali mengambil langkah berani dengan merekrut pelatih yang belum pernah berkompetisi di Indonesia. Namun, Manajer Operasional Arema FC, Sudarmaji, mengatakan bahwa ini adalah hasil pencarian Manajemen Arema FC selama ini dan diskusi dengan para asisten pelatih.

"Arema FC sangat berkeinginan memiliki pelatih asal Brasil. Meski sebelumnya belum berjodoh, alhamdulillah sekarang bisa berjodoh dengan kesamaan filosofi tentang agresivitas dan permainan ideal Arema, yaitu permainan yang agresif tapi tidak kasar," tandasnya.

Joel akan dikontrak selama satu musim oleh Arema FC. Sudarmaji menambahkan bahwa tidak ada klausul khusus dalam kontraknya, namun ia dituntut untuk membawa Singo Edan kembali ke papan atas.

Baca Juga: 10 Restoran Dekat Stasiun Malang Kota Baru, Banyak Pilihannya!

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan merajut keabadian. Karena dengan menulis, kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu, keduanya saling tarik-menarik menciptakan sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya