Arema FC Kembali Lepas 2 Pemain Bertahan

Total sudah 4 pemain yang dilepas pada bursa transfer

Malang, IDN Times - Arema FC kembali melepas pemain-pemainnya untuk dipinjamkan ke tim Liga 2. Kali ini giliran Mikael Alfredo Tata dan Asyraq Gufron Ramadhan yang disingkirkan dari tim Singo Edan. Artinya sudah ada 4 pemain Arema FC yang tersingkir saat bursa transfer November 2023.

Asyraq akan menyusul Samsudin yang lebih dulu bergabung dengan Persikab Kabupaten Bandung. Sementara Tata belum jelas akan bergabung dengan tim mana, namun ia telah memutuskan kontraknya dengan Arema FC.

1. Mikael Tata belum jelas akan berlabuh ke tim mana

Arema FC Kembali Lepas 2 Pemain BertahanArema FC lepas Mikael Tata. (Instagram/@aremafcofficial)

Kepergian Tata sebenarnya sudah lama diprediksi, ia hampir tidak pernah menjadi pilihan Fernando Valente di posisi bek sayap. Namun, yang mengejutkan adalah ia sendiri yang memutuskan untuk menyelesaikan kontraknya bersama Singo Edan lebih awal, padahal sisa kontrakan masih ada setengah musim lagi.

"Kami sudah berbicara dan berdiskusi dengan Tata bersama juga dengan tim pelatih. Tata memilih untuk tidak melanjutkan di Arema FC," terang Manajer Tim Arema FC, Wiebie Dwi Andriyas saat dikonfirmasi pada Senin (6/11/2023).

Wiebie mengatakan ia menghormati keputusan pemain 19 tahun asal Jakarta ini. Namun, belum diketahui ia akan memperkuat tim mana setelah ini. Status Tata saat ini adalah pemain tanpa klub.

Baca Juga: 4 Fakta Matheus Santos, Pemain yang Santer Dikabarkan Diincar Arema FC

2. Asyraq Gufron akan menyusul Samsudin ke Persikab Kabupaten Bandung

Arema FC Kembali Lepas 2 Pemain BertahanArema FC lepas Asyraq Gufron. (Instagram/@aremafcofficial)

Berbeda denga Tata, Asyraq meninggalkan Arema FC dalam status pemain pinjaman. Ia akan menemani Samsudin yang sudah lebih dulu bergabung dengan Persikan Kabupaten Bandung beberapa waktu lalu. Artinya ia akan bermain di Liga 2 yang telah dimulai sejak 10 September 2023 lalu.

"Tentu saja kami menghormati keinginan Asyraq untuk mendapatkan lebih banyak menit bermain. Keputusan ini sudah dipertimbangkan matang-matang karena berkaitan dengan karir kedepannya," ujar Wiebie.

Wiebie berharap Asyraq bisa mendapatkan porsi bermain lebih banyak di Persikab. Sehingga ia tetap bisa meningkatkan performanya di tim baru. Ia mendoakan kesuksesan untuk pemain 27 tahun yang berposisi sebagai bek tengah ini.

3. Mikael Tata dan Asyraq Gufron memang sudah tak terpakai di era Fernando Valente

Arema FC Kembali Lepas 2 Pemain BertahanFernando Valente saat memberi instruksi pada seluruh pemain Arema FC. (Dok. Media Officer Arema FC)

Tata pada awal musim memang sering dipasang sebagai bek kanan oleh I Putu Gede Dwi Siswanto dan Joko Susilo saat masih melatih Arema FC. Namun, penampilannya kerap kali bikin kecewa karena sangat mudah ditembus winger-winger lawan. Akhirnya ia tidak terpakai lagi saat era Fernando Valente memegang kursi kepelatihan. Tercatat ia telah memperkuat Singo Edan sebanyak 13 pertandingan.

Sementara nasib Asyraq lebih miris lagi, sepanjang paruh musim ini ia hanya bermain sebanyak 3 pertandingan saja. Ia kalah bersaing dengan Syaeful Anwar di posisi bek tengah. Kesempatannya kian tenggelam setelah Bagas Adi Nugroho pulih dari cedera. Ia jadi pilihan kelima di posisi bek tengah karena ada nama Ichaka Diarra dan Charles Raphael di tempat yang sama.

Keduanya kini membuat keputusan untuk menyerah mendapatkan tempat di skuad Fernando Valente. Mereka menyusul Samsudin dan Hamdi Sula yang lebih dulu angkat koper dari tim Arema FC.

Baca Juga: Gustavo Almeida dan Penalti-penalti yang Menolong Arema

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya