Lagi-lagi Terbantai, Gethuk Siap Tanggung Jawab Kekalahan Arema FC

Arema FC dibantai Barito Putera 0-4

Malang, IDN Times - Arema FC kembali dibantai dalam lanjutan pekan ke-6 Liga 1 Musim 2023/2024. Singo Edan ditekuk 4 gol tanpa balas oleh Barito Putera dalam laga sore tadi (5/8/2023) di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Bali. Empat gol Barito Putera dicetak oleh brace Gustavo Tocantins di menit 13 dan 38, Murilo Mendes juga mencetak brace di menit 24 dan 73.

Bek tengah Arema FC, Bayu Aji sangat menyesalkan hasil ini, tapi menurutnya pemain Arema FC telah berjuang keras dalam laga ini. "Ya, semua sudah bekerja keras untuk pertandingan sore ini. Tapi kita belum meraih hasil maksimal," terangnya dalam konferensi pers usai pertandingan.

1. Pelatih Arema FC pasang badan, siap tanggung Jawab atas kekalahan Arema FC

Lagi-lagi Terbantai, Gethuk Siap Tanggung Jawab Kekalahan Arema FCMudah dijebol, pertahanan Arema FC sangat mengenaskan. (Dok. Media Officer Arema FC)

Pelatih Arema FC, Joko 'Gethuk' Susilo mengatakan hasil ini sangat mengecewakan, tapi ia tidak mau menyalahkan siapapun karena semua ini adalah tanggungjawab pelatih. Dan ia akan bertanggung jawab atas kekalahan ini.

"Ini normal, kalau kelah pasti yang bertanggung jawab adalah pelatih. Tidak menyalahkan pemain dan tidak menyalahkan yang lain," tegasnya.

Dalam laga sore tadi, Gethuk mengatakan kalau mereka terlalu fokus pada penyerangan. Hal ini dikarenakan mereka ingin mengejar kemenangan. Tanpa disadari, mereka meninggalkan lubang di sisi pertahanan. Ketika mereka sadar, semuanya sudah terlambat.

Ia juga menjelaskan terkait strategi nekatnya dengan memasukkan 3 penyerang sekaligus di babak kedua, membuat mereka bermain dengan 4 striker. Mereka diantaranya Dedik Setiawan, Muhammad Rafli, Greg Nwokolo, dan Gustavo Almeida.

Hasilnya mereka kembali kebobolan pada babak kedua, dan mereka juga gagal memasukkan satupun gol. Membuat laga berakhir dengan skor o-4 untuk keunggulan tim tamu.

"Kalaupun pada babak kedua kebobolan satu gol, itu adalah kesalahan seluruh tim. Beberapa kali kami bertahan dan merebut bola, justru terkena ke lawan," ujarnya.

2. Gethuk tegaskan para pemain Arema FC harus bisa bangkit sendiri

Lagi-lagi Terbantai, Gethuk Siap Tanggung Jawab Kekalahan Arema FCStriker Arema FC, Gustavo Almeida sangat kesal karena pergerakannya terus dijegal bek Barito Putera. (Dok. Media Officer Arema FC)

Ketika disinggung terkait kondisi mental pemain, Gethuk mengatakan kalau ia sudah mengatakan kalau hanya pemain itu sendiri yang bisa mengatasinya. Ia sudah memberikan motivasi, tapi pemain sendiri yang bisa memutuskan untuk bangkit atau tetap terjatuh.

"Masalah mental kemarin sudah kita sampaikan soal eksternal dan internal. Secara eksternal kami sudah berusaha, tapi semua kembali pada internal pemain," tegasnya.

Ia mengakui kalau situasi Singo Edan sedang tidak baik-baik saja, mereka belum sekalipun meraih kemenangan musim ini. Mereka juga sudah kebobolan sebanyak 17 gol dan hanya mencetak 7 gol. Posisi di klasemen juga tercecer sebagai juru kunci dengan mengoleksi 2 poin saja.

"Memang situasi tidak mudah, tapi kembali lagi, tidak ada alasan untuk semua itu. Karena kita seperti ini situasinya," ucapnya.

3. Arema FC menghadapi PSIS Semarang di laga selanjutnya, Gethuk khawatirkan kondisi fisik pemain

Lagi-lagi Terbantai, Gethuk Siap Tanggung Jawab Kekalahan Arema FCGelandang Arema FC, Evan Dimas saat mengontrol bola di laga melawan Barito Putera. (Dok. Media Officer Arema FC)

Arema FC hanya diberikan istirahat 3 hari setelah laga melawan Barito Putera sore tadi, pada tanggal 9 Agustus 2023 mereka sudah harus berada di Semarang untuk menghadapi tuan rumah PSIS Semarang. Gethuk mengaku masih meragukan fisik para pemainnya karena waktu istirahat yang mepet. Apalagi merekanharis menjalani perjalanan darat untuk sampai ke Semarang.

"Persiapan normal, bagaimana kita mempersiapkan fisik kemudian taktik. Tapi yang utama adalah fisik, karena kita harus melakukan perjalanan, dan dari sini tidak ada pesawat yang menuju Semarang. Kami harus turun di Solo, setelah itu naik bus ke Semarang," ungkapnya.

Ia juga mengkhawatirkan beberapa pemain yang masih mengalami cedera dan sakit. Ia mencontohkan pada hari ini Johan Ahmad Farisi yang absen karena terkendala flu.

"Alfarizi masih belum bisa main, beberapa pemain masih flu. Memang sulit bagi kami mengkondisikan pemain. Tapi itu bukan alasan," pungkasnya.

Baca Juga: Usai Arema Kalah dari Bali United, Putu Gede Mundur dari Arema FC

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya