Hadapi Barito Putera, Arema FC Waspadai Makan Konate

Arema FC kini terjerembab di posisi juru kunci

Malang, IDN Times - Memasuki pekan ke-6 Liga 1 Musim 2023/2024, Arema FC akan menjamu Barito Putera pada Sabtu (05/08/2023) di Stadion I Wayan Dipta Gianyar, Bali. Arema FC dituntut menunjukkan hasil positif, pasalnya mereka belum sekalipun meraih kemenangan dalam 5 pertandingan terakhir.

Pada pekan sebelumnya melawan tuan rumah Persis Solo, Arema FC berhasil menahan imbang skuad yang dilatih Leonardo Medina Arellano ini dengan skor 1-1. Menjadi modal penting bagi Singo Edan untuk memaksimalkan pon pada pertandingan besok sore.

"Alhamdulillah semua perjalanan sesuai yang kita inginkan. Persiapan berjalan lancar, kami siap untuk menghadapi Barito Putra," terang Pelatih Arema FC, Joko 'Gethuk' Susilo saat konferensi pers pre-march Arema FC melawan Barito Putera pada Jumat (04/08/2023).

1. Arema FC mewaspadai gelandang kreatif Barito Putera, Makan Konate

Hadapi Barito Putera, Arema FC Waspadai Makan KonatePemain Arema FC saat sesi latihan di Stadion I Wayan Dipta Gianyar. (Dok. Media Officer Arema FC)

Ada satu nama yang akan jadi perhatian Gethuk, ia adalah Makan Konate. Gelandang yang pernah memperkuat Arema FC ini memang merupakan salah satu pemain papan atas di Liga 1. Kemampuannya mengolah bola dan membagikan umpan sangat diwaspadai.

"Mereka (Barito Putera) memiliki beberapa pemain tambahan terutama pemain asing yang cukup berkualitas. Saya melihat dua stopper asing mereka, dua striker asing mereka, dan satu gelandang Makan Konate juga kita sudah tahu kapasitas dan kemampuannya. Mereka itu yang kami waspadai semua," bebernya.

Ia juga sudah mengetahui bagaimana kualitas pelatih Barito Putera, Rahmad Darmawan. Ia mengenal betul kapasitas Coach RD karena sama-sama memiliki lisensi Pro AFC. Sehingga ia juga mewaspadai racikan mantan pelatih Sriwijaya FC ini.

Meskipun demikian, ia mengatakan kalau persiapan mereka juga sudah lebih dari cukup menghadapi Barito Putera. Mereka akan bermain semaksimal mungkin untuk merengkuh 3 poin pertama Singo Edan.

"Tentu persiapan kami berbeda dari saat menghadapi Persis. Saat menghadapi Barito komposisi pemain dan taktik akan berbeda. Kami sudah siapkan itu, semoga besok sesuai dengan apa yang kami harapkan," jelasnya.

Baca Juga: Tercecer di Zona Degradasi, Apa yang Salah dengan Arema FC?

2. Gethuk mengatakan kalau mental pemain-pemainnya kini telah terasah

Hadapi Barito Putera, Arema FC Waspadai Makan KonatePemain Arema FC saat sesi latihan di Stadion I Wayan Dipta Gianyar. (Dok. Media Officer Arema FC)

Setelah rentetan hasil buruk, kondisi tim yang masih menjadi tim musafir, ditambah mundurnya I Putu Gede Dwi Siswanto di jajaran kepelatihan tentunya dikhawatirkan akan mempengaruhi mental pemain. Meskipun demikian, Gethuk mengatakan kalau pemain-pemain Singo Edan telah terbiasa dengan kondisi ini. Sehingga tidak ada alasan bagi mereka untuk mengeluh.

"Kami tekankan kepada pemain untuk membenahi mental terutama mental kalian sendiri. Percuma kalau dari luar diberi motivasi, tapi yang terbaik adalah motivasi dari internal atau dari dalam diri masing-masing. Jadi tidak ada alasan kita mempermasalahkan situasi seperti ini," tegasnya.

Arema FC juga harus fokus menghadapi laga-laga selanjutnya, pasalnya mereka masih terpuruk di peringkat 18 atau juru kunci. Mereka harus meraih kemenangan jika ingin keluar dari posisi juru kunci. Oleh karena itu, Gethuk mengatakan mereka hanya ingin fokus pada pertandingan esok terlebih dahulu.

3. Pemain Arema FC menyatakan sudah recovery setelah melawan Persis Solo

Hadapi Barito Putera, Arema FC Waspadai Makan KonateBek Tengah Arema FC, Bayu Aji. (Instagram/@@bayuajii03)

Bek tengah Arema FC, Bayu Aji mengatakan kalau mereka telah siap menghadapi Barito Putera. Ia juga mengatakan sudah menjalani recovery pasca pertandingan melawan Persis Solo. Kini mereka tidak sabar untuk meraih hasil maksimal di Stadion I Wayan Dipta Gianyar.

"Tentunya kami bermain secara maksimal dan ingin meraih tiga poin untuk pertandingan besok. Semoga besok bisa diberi kelancaran dan kami sebagai pemain siap bekerja keras untuk pertandingan besok," pungkasnya.

Baca Juga: Usai Arema Kalah dari Bali United, Putu Gede Mundur dari Arema FC

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya