Arema FC Lengkapi Barisan Stopper dengan Rekrut Mantan Pemain Suwon FC

Ternyata prestasi Choi di K-League cukup cemerlang, ya

Malang, IDN Times - Arema FC tampaknya akan memasang 2 bek asing untuk Liga 1 Musim 2024/2025. Pasalnya setelah merekrut Thales dari PSS Sleman, kini mereka juga mengontrak stopper Suwon FC yaitu Choi Bo-kyung. 

Meskipun usianya tidak muda lagi, tapi ia sudah malang melintang di kompetisi tertinggi Korea Selatan alias K-League. Sebelum memperkuat Suwon FC, ia pernah membela Asan Mugunghwa, Jeounbuk Hyundai, hingga Ulsan Hyundai.

1. Choi Bo-kyung telah mendapatkan 10 thropy di K-League

Arema FC Lengkapi Barisan Stopper dengan Rekrut Mantan Pemain Suwon FCChoi Bo-kyung saat diperkenalkan sebagai pemain baru Arema FC. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Choi ternyata memiliki karir cukup cemerlang di K-League, bersama Jeounbuk Hyundai, ia telah mendapat 7 kali juara K-League dan 2 kali juara Piala FA Korea. Kemudian bersama Ulsan Hyundai pada 2011/2012, ia pernah menjuarai AFC Champions League.

"Saya datang ke sini karena Malang adalah kota yang sangat populer dan orang-orangnya juga sangat baik, maka saya suka ada di sini beberapa hari kemarin. Saya juga ingin membawa Arema sebagai juara," terangnya saat diperkenalkan pada Senin (1/7/2024).

Choi mengatakan ia memiliki banyak teman di Indonesia, ia juga memiliki feeling bagus saat mendapatkan tawaran dari Manajemen Arema FC. Ia memperhitungkan Arema FC sebagai tim besar di Indonesia.

"Pada dasarnya saya memang stopper, tapi kalau saya dibutuhkan di gelandang bertahan juga bisa. Saya orangnya bisa cepat dekat dengan pemain lokal, jadi saya ingin adanya komunikasi dengan baik supaya makin connect antara saya dengan pemain-pemain lokal Arema," jelasnya.

Baca Juga: Arema FC Kenalkan 3 Pemain Asing, Siapa Mereka? 

2. Manajemen Arema FC ngebet datangkan Choi Bo-kyung untuk benahi lini belakang

Arema FC Lengkapi Barisan Stopper dengan Rekrut Mantan Pemain Suwon FCChoi Bo-kyung saat diperkenalkan sebagai pemain baru Arema FC. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Manajer Tim Arema FC, Wiebie Dwi Andriyas mengakui jika mereka jarang merekrut pemain Korea Selatan selama ini. Tapi Choi menjadi pengecualian, pasalnya ia memiliki banyak prestasi dan pengalaman sebagai stopper.

"Kita datangkan Choi dari beberapa bulan yang lalu evaluasi, bahwa di Arema kita pertahanan kita kurang bagus. Kalau itu maka manajemen mendatangkan Thales dan Choi untuk memperkuat pertahanan Arema," jelasnya.

Pengalaman Choi bermain di tim-tim juara juga diharapkan bisa menularkan mental pada yang sama pada pemain-pemain lain. Pasalnya Singo Edan memang target juara musim depan.

3. Alasan khusus Arema FC rekrut Choi Bo-kyung

Arema FC Lengkapi Barisan Stopper dengan Rekrut Mantan Pemain Suwon FCChoi Bo-kyung saat diperkenalkan sebagai pemain baru Arema FC. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Ternyata bukan sebentar Arema FC mencoba merekrut pemain 36 tahun ini. Ternyata mereka sudah menghubungi agen Choi sejak pertengahan musim lalu. Hal ini setelah mereka terkena prank beberapa kali saat merekrut stropper asing.

Tidak hanya itu, kemampuan berbahasa Portugis milik Choi juga jadi nilai plus. Jadi ia tidak memerlukan translator untuk memahami instruksi Joel Cornelli.

"Untuk dealnya mulai putaran kedua kemarin, mulai pendekatan. Untuk penerjemah uniknya si Choi bisa bahasa Portugis jadi aman sama pelatih. Walaupun gak lancar-lancar banget tapi dia tahu bagaimana cara berkomunikasi dengan pelatih. Karena dia pernah tinggal satu tahun di Brazil, jadi bisa sedikit," tutup Manajer Bisnis Arema FC, Munif Bagaskara Wakid.

Baca Juga: Arema FC Akhirnya Temukan Playmaker Idaman

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya