Aji Santoso jadi Ujian Berat untuk Arema FC

Arema FC selalu sial saat bertemu Aji Santoso

Malang, IDN Times - Arema FC akan menghadapi Persikabo 1973 sore nanti (1/3/2024) di Stadion Sultan Agung Bantul. Laga ini juga wajib dimenangkan oleh Arema FC agar bisa keluar dari zona degradasi. Namun, ini bukan laga yang mudah bagi Singo Edan karena Persikabo 1973 juga tengah berjuang keluar dari zona merah. Tim besutan Aji Santoso ini dipastikan akan ngeyel menghadapi Singo Edan.

1. Ujian ketiga Widodo Cahyono Putro, Arema FC selalu sial saat bertemu Aji Santoso

Aji Santoso jadi Ujian Berat untuk Arema FCPelatih Persikabo 1973, Aji Santoso. (Instagram/@officialpersikabo)

Sejak Liga 1 Musim 2022/2023, Arema FC selalu sial ketika bertemu Aji Santoso. Sudah 4 kali keduanya bertemu saat pelatih asal Malang ini menukangi Persebaya Surabaya, dan seluruhnya dimenangkan oleh Aji Santoso. Dan sore nanti akan jadi pertemuan ketiga Singo Edan dengan mantan pelatihnya ini, sekaligus pertemuan pertama Aji sebagai pelatih Persikabo 1973. Namun, Widodo Cahyono Putro mengatakan sudah melakukan evaluasi dan siap menghadapi Persikabo 1973 dan Aji Santoso.

"Saya kira kami sudah mengevaluasi tim secara keseluruhan, baik kita maupun Persikabo, bagaimana mereka menyerang dan bagaimana mereka bertahan secara keseluruhan sudah kita pahami. Dan tentunya ini pemain bisa dengan evaluasi itu mengkonversikan di dalam match besok, sehingga kita bisa berhasil dengan 3 poin," terangnya.

Persikabo 1973 sendiri datang dengan kondisi yang tidak cukup baik, pasalnya mereka terakhir kali mendapatkan kemenangan pada 4 November 2023 menghadapi RANS Nusantara. Sementara 8 laga sisanya dilewati dengan 5 kekalahan dan 3 hasil imbang.

"Sebetulnya kami tidak melihat ke sana (hasil pertandingan), karena mereka juga pasti akan mengejar kemenangan. Jadi kita fokus ke dalam tim Arema sendiri, bagaimana caranya kita bisa memenangkan pertandingan," ujarnya.

Baca Juga: Momentum Bangkit! Ini Jadwal Arema FC pada Maret 2024

2. Widodo Cahyono Putro instruksikan setiap pemain bisa cetak gol

Aji Santoso jadi Ujian Berat untuk Arema FCPelatihan Arema FC, Widodo Cahyono Putro. (Dok. Media Officer Arema FC)

Dalam pertandingan-pertandingan bertajuk duel zona merah nanti, Widodo mengatakan jika secara fisik dan mental pemainnya dalam kondisi terbaik. Mereka telah merengkuh 2 kemenangan beruntun, sehingga saat ini yang diperlukan adalah konsistensi dalam permainan selama 90 menit.

"Para pemain berkomitmen dengan pertandingan-pertandingan untuk bisa memenangkan setiap pertandingan. Jadi saya percaya kepada kemampuan tim dan selalu kompak untuk setiap pemain saling support," jelasnya.

Ia juga mengintruksikan para pemain untuk saling membantu, urusan mencetak gol tidak dibebankan hanya pada striker, setiap pemain wajib membantu lini depan. Begitu juga pemain depan juga diberikan tanggung jawab untuk membantu pertahanan saat dibutuhkan.

"Bagi kami siapapun yang mendapatkan kesempatan, meskipun itu pemain belakang yang mendapat kesempatan untuk mencetak gol, kami berharap pemain mengkonversikan menjadi gol. Karena ini yang dibutuhkan kita, bukan hanya kemenangan tapi efek gol. Jadi saya harapkan kesempatan sekecil apapun bisa menjadikan gol," tegasnya.

3. Dedik Setiawan ingin kembali rasakan posisi di luar zona degradasi

Aji Santoso jadi Ujian Berat untuk Arema FCDedik Setiawan saat merayakan gol ke gawang Persija Jakarta. (Dok. Media Officer Arema FC)

Setelah mengalahkan Persija Jakarta pada Senin (26/2/2024) lalu, Arema FC sempat merasakan terlepas dari zona degradasi selama sehari. Kemudian perasaan itu hilang tatkala Persita Tangerang berhasil menahan imbang PSS Sleman sehari berikutnya sehingga merebut kembali peringkat 15 di papan klasemen Liga 1 Musim 2023/2024. Striker Arema FC, Dedik Setiawan mengatakan jika ia kembali ingin merasakan perasaan itu lagi setelah laga ini.

"Ini kesempatan buat Arema bila bisa memenangkan pertandingan sehingga bisa keluar dari zona degradasi, semoga teman-teman juga tetap kompak dan juga tetap tidak meremehkan lawan kita. Jadi kita fokus untuk pertandingan dan tidak hal-hal yang lain, kita fokus memenangkan pertandingan," pungkasnya.

Baca Juga: Arema FC Berburu Hattrick Kemenangan Lawan Persikabo 1973

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya