Profil Muhammad Iqbal, Pencetak Gol Tercepat di Liga 1 Musim Ini

Ia sempat berkarir di Korea

Muhammad Iqbal tengah menjadi sorotan pecinta sepak bola Indonesia. Ia baru saja mencatatkan namanya sebagai pencetak gol tercepat di BRI Liga 1 musim 2023/2024 ini. Pemain andalah Persebaya Surabaya ini merupakan putra kelaharan dari Kudu Ganting, Padang, Sumatera Barat 27 Oktober 2000. 

Nah, berikut ini profil singkat Iqbal.

1. Pencetak gol tercepat musim ini

Profil Muhammad Iqbal, Pencetak Gol Tercepat di Liga 1 Musim IniMuhammad Iqbal (instagram/officialpersebaya)

Gol cepat Iqbal berlangsung di pertandingan pekan ke-27 BRI Liga 1 musim 2023/2024. Ketika itu, Iqbal dimainkan sebagai starter di pertandingan antara Persebaya Surabaya melawan PSS Sleman pada Minggu (3/03/2024) di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT).

Iqbal hanya membutuhkan waktu 11.26 detik untuk dapat membobol gawang PSS Sleman. Berkat gol cepatnya tersebut, gelandang Persebaya itu berhasil melewati rekor David da Silve di Liga 1 musim ini.

Namun, gol cepat Iqbal di Liga 1 musim ini masih kalah dengan pemain Persija Jakarta, Pedro Javier. Pada Liga 1 musim 2011/2012, Pedro sukses mencetak gol cepat di detik ke 11.24 ke gawang PSP Sigil. Artinya, Iqbal berada di peringkat kedua pencetak gol tercepat setelah Pedro. Kemudian disusul David da Silva pada detik 12.06, lalu ada Hilton Moreira yang mencetak gol di detik ke-25.

2. Sempat mengadu nasib ke Korea, Iqbal belum beruntung

Profil Muhammad Iqbal, Pencetak Gol Tercepat di Liga 1 Musim IniMuhammad Iqbal (persebaya.id)

Iqbal mulai meniti karir sejak bergabung dengan PPLP Sumbar pada tahun 2015 hingga 2018. Kemudian, Iqbal melanjutkan karir sepakbolanya di Persika 1951 pada April 2018 dengan bebas biaya transfer. Kemudian di tahun 2019 Iqbal bergabung dengan PSMS Medan. Di bulan Juni 2021, Iqbal bergabung dengan salah satu klub Korea Selatan, Cheongju FC dengan harga pasaran Rp434,54 juta.

Tidak sampai setahun berlaga di kasta ketiga Liga Korea Selatan, kontrak Iqbal habis dan tidak diperpenjang. Kemudian Iqbal memutuskan untuk pulang ke negara asal dan bergabung dengan Persita Tangerang. Setelah memasuki awal musim 2023, Iqbal direkrut oleh Persebaya hingga saat ini.

3. Belum berhasil di Korea, Iqbal pulang

Profil Muhammad Iqbal, Pencetak Gol Tercepat di Liga 1 Musim IniMuhammad Iqbal (persebaya.id)

Iqbal mulai meniti karir di Liga 3 Korea Selatan, Cheongju FC sejak bulan Juni 2021 hingga awal tahun 2022. Untuk sampai di Cheongju FC, Iqbal harus menjalani serangkaian seleksi selama satu setengah bulan. Namun, karir Iqbal di Korea Selatan tidak begitu cemerlang, karena jarang diberi menit bermain oleh klub. Selama bergabung dengan Cheongju FC, Iqbal hanya bermain sebanyak tiga kali, selebihnya hanya duduk di bangku cadangan.

4. Sempat dipanggil di Timnas kelompok umur

Profil Muhammad Iqbal, Pencetak Gol Tercepat di Liga 1 Musim IniMuhammad Iqbal (persebaya.id)

Iqbal pernah dilirik pelatih Indra Sjafri untuk ikut memperkuat Timnas Indonesia U-19. Ketika itu, Timnas Indonesia U-19 yang juga diperkuat oleh Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman mendapatkan peringkat ketiga Piala AFF U-19 tahun 2017 usai mengalahkan Myanmar dengan skor 7-1.

Namun setelah turnamen bersama Timnas usai, karir Iqbal kian meredup akibat dihantam cedera parah, yaitu cedera Anterior Cruciate Ligament (ACL).

Di era kepelatihan Shin Tae-yong, Iqbal sempat dipanggil untuk bermain di Piala AFF U-23 2022. Namun harapan Iqbal untuk dapat membela Timnas akhirnya pupus, dikarenakan Timnas Indonesia U-23 batal ikut serta di turnamen yang digelar di Kamboja tersebut.

5. Harga Pasaran

Profil Muhammad Iqbal, Pencetak Gol Tercepat di Liga 1 Musim IniMuhammad Iqbal (persebaya.id)

Iqbal merupakan pemain yang berposisi sebagai sayap kanan dan gelandang serang. Selama membela Persebaya di Liga 1 2023/2024, Iqbal tercatat sudah memberikan 1 gol yang sekaligus menjadi gol tercepat di musim ini. Dari 12 pertandingan yang dijalaninya, Iqbal sudah mencatatkan 3 kali kartu kuning dan 0 assist. Bersama Persebaya, Iqbal memiliki harga pasaran mencapai Rp1,30 Miliar pada 17 Agustus 2023. Sebelumnya, ketika Iqbal sedang berkarir di Cheongju FC memiliki harga pasaran Rp434,54 juta.

Itulah penjelasan tentang profil singkat Muhammad Iqbal, pemain Persebaya Surabaya yang mencatatkan sejarah sebagai pencetak gol tercepat nomor dua di Liga 1 Indonesia. Usianya yang baru 23 tahun, membuat Iqbal memiliki masa depan karir yang panjang di dunia sepak bola.

Baca Juga: Hamisi Tendang Kepala Bruno, Persebaya: Bisa Bikin Cacat atau Mati

M. Imron fauzi Photo Community Writer M. Imron fauzi

Baru belajar jadi penulis!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya