5 Pemain Kelahiran Jember yang Pernah Membela Timnas Indonesia

Nomor 5 sudah gantung sepatu

Jember beberapa kali melahirkan pemain berbakat yang bermain di skuad Timnas Indonesia. Kini, pemain asal Jember tersebut ada yang masih bermain di Liga 1, Liga 2 dan ada yang sudah gantung sepatu. Berikut ini ada 5 pemain Timnas Indonesia yang merupakan putra kelahiran Jember. Posisi 5 pemain tersebut, ada yang menjadi penjaga gawang, bek, sayap hingga striker.

1. Andik Vermansyah

5 Pemain Kelahiran Jember yang Pernah Membela Timnas IndonesiaAndik Vermansyah (instagram.com/andikvermansah)

Andik Vermansyah merupakan pemain kelahiran Jember yang sempat membela Timnas Indonesia. Pria berusia 31 tahun ini kini tengah membela Persiraja Banda Aceh, dengan harga pasaran Rp2,61 miliyar. Selama berkarir di dunia sepakbola, permain yang berposisi sebagai sayap kanan tersebut pernah memiliki harga pasaran tertinggi mencapai Rp3,04 miliyar, pada 1 Mei 2019.

Sebelum bergabung dengan Persiraja, Andik Vermansyah pernah berkarir di klub luar negeri, yakni Selangor FA Malaysia. Pemain dengan tinggi badan 1,63 meter ini sempat menggemparkan seluruh pecinta sepak bola tanah air, karena pernah terkena tackling oleh David Beckam sekaligus mendapatkan jersey dari bintang LA Galaxy tersebut.

Baca Juga: Timnas Indonesia Alami Krisis Pemain

2. Bayu Gatra

5 Pemain Kelahiran Jember yang Pernah Membela Timnas IndonesiaBayu Gatra (instagram.com/bayu23gatra)

Bayu Gatra merupakan jebolan klub Persid Jember yang pernah berkarir menjadi bagian dari Timnas Indonesia. Saat ini, pemain kelahiran 12 September 1991 itu menjadi pemain andalan di salah satu klub Liga 1, yakni Madura United. Bayu Gatra bergabung dengan Madura United sejak 14 Maret 2021 dan kontraknya akan berakhir hingga tahun 2024 mendatang.

Sebagai pamain gelandang serang, Bayu Gatra memiliki harga pasaran sebesar Rp1,30 miliyar. Pemain dengan tinggi 1,67 meter ini juga pernah bermain untuk Persekap Pasuruan, Persisam U21, Bali United, Sriwijaya dan PSM Makasar. Bersama Timnas Indonesia, ia pernah menorehkan prestasi Runner up Piala AFF 2016.

3. Rizky Dwi

5 Pemain Kelahiran Jember yang Pernah Membela Timnas IndonesiaFakta Rizky Dwi Febrianto yang hengkang dari Arema FC (instagram.com/rizkydwi_12)

Rizky Dwi merupakan pemain bek kanan Borneo FC Samarinda yang memiliki harga pasaran sebesar Rp3,48 miliyar. Pemain kelaharan Jember, 22 Februari 1997 ini memiliki tinggi badan 1,78 meter. Rizky Dwi pernah dipanggil pelatih Shin Tae Yong untuk bermain di Piala AFF 2020.

Namun demikian, karena posisinya di bek kanan sudah di isi oleh Asnawi, membuat dirinya tak lagi dipanggil Shin Tae-Yong. Sebelumnya, pemain jebolan klub Jember United ini juga perrnah bermain di Arema FC hingga Juli 2023. Kini, Rizky Dwi yang bermain untuk Borneo FC Samarinda masih berstatus pinjaman.

4. Erlangga Setyo Dwi Saputra

5 Pemain Kelahiran Jember yang Pernah Membela Timnas IndonesiaErlangga Setyo Dwi Saputra (instagram.com/erlangga.setyo)

Erlangga Setyo merupakan pemain muda yang memiliki postur sangat tinggi, yakni 1,96 meter. Pemain yang berposisi sebagai penjagawang ini pernah di panggil Shin Tee Yong untuk membela Timnas Indonesia U-20. Sebelumnya, Erlangga Setyo pernah menjadi bagian dari skuad Garuda Select bersama Kakang Rudianto dan Hokky Caraka.

Kini, pemain kelahiran Jember, 16 April 2003 ini sedang bermain di PSPS Riau dengan status pinjaman dari Persis Solo. Erlangga Setyo memiliki harga pasaran sebesar Rp434 juta.

5. Sabeq Fahmi Fahrezy

5 Pemain Kelahiran Jember yang Pernah Membela Timnas IndonesiaSabeq Fahmi Fahrezy (instagram.com/persidmedia)

Sabeq Fahmi Fahrezy merupakan pemain Timnas U-17 dan U-19 angkatan Evan Dimas. Namanya cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia karena pemain yang berposisi sebagai striker ini pernah mencetak 14 gol dalam satu pertandingan mengalahkan Pakistan. Dibawah besutan pelatih Indra Sjafri, ia bersama Timnas U-17 pernah meraih gelar juara di Hong Kong pada tahun 2012.

Namun karirnya bersama Timnas harus terhenti sejak dirinya mengalami cedera lutut parah. Pemain kelahiran 24 Januari 1996 ini pernah membela PSMS Medan pada tahun 2015. Terakhir, Sabeq Fahmi Fahrezy pernah tergabung dalam skuad Persid Jember dan Persiba Bantul sebelum akhirnya namanya menghilang dari sepak bola Indonesia.

Itulah tadi 5 deretan pemain Timnas Indonesia yang merupakan putra kelahiran Jember. Meski pemain tersebut sudah tidak membela Timnas Indonesia, namun namanya tidak akan terlupakan, khususnya bagi masyarkat Jember.

Baca Juga: Debut Manis Sandy Walsh dan Wahyu Prasetyo di Timnas Indonesia

M. Imron fauzi Photo Community Writer M. Imron fauzi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya