Timnas U-19 Lolos Babak Semifinal, Indra Sjafri Siapkan Tim Terbaik

Akhirnya lolos juga

Surabaya, IDN Times - Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-19 lolos ke babak semifinal setelah menggempur Timor Leste 6-2 dalam pertandingan Piala AFF U-19 2024 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Selasa (23/7/2024). Pelatih Timnas Indonesia, Indra Sjafri mengaku  menyiapkan tim terbaik.

Indra sjafri merasa bersyukur, tiga kali pertandingan anak didiknya bermain sempurna. Ia bahkan memberi nilai sembilan.

"Pertama kita syukuri tiga match kita memenangkan tiga pertandingan dengan nilai sempurna 9," ujar Indra saat konferensi pers.

Baginya, yang paling penting bukan lolos di fase grup, melainkan bagaimana di fase grup ini ia mendapatkan tim terbaik.

"Dan tentu yang paling penting bukan sekarang lolosnya lagi tapi bagaimana seperti yang kami sampaikan di awal tiga pertandingan ini kita tim pelatih benar-benar melakukan evaluasi dan seperti yang kita sampaikan bahwa fase grup ini kita akan cari skud terbaik," ungkap Indra.

Indra menyebut, 20 anak didiknya semua telah bermain. Hanya saja untuk keeper , satu yang bermain.

"Alhamdulillah hampir semua pemain kita sudah melihat penampilan mereka di fase grup ini, minus hanya satu penjaga gawang yang bermain, tapi semua 20 pemain sudah ikut bermain di tiga partai terakhir ini," ungkap Indra.

Saat ini, dirinya memiliki waktu 4 hari persiapan menuju pertandingan semifinal. Bila tidak berhadapan dengan Thalind, Skuad Garuda akan melawan Malaysia.

"Ini nanti kita punya waktu 4 hari persiapan untuk semifinal siapapun itu nanti, apakah kalau gak salah kita harus berhadapan dengan grup C, apakah itu nanti Thailand atau Malaysia, kita siap-siap aja," terang Indra.

Indra mengaku sudah bermain dengan Thailan, bahkan saat Sea Games lalu. Sementara berhadapan dengan Malaysia cukup jarang.

"Kita tunggu nanti siapa yang akan kita lawan setelah itu kita respons bagaimana merespons mereka, tapi yang penting tiga pertandingan ini sementara kita dapat kesimpulan siapa sih sebenarnya skuad terbaik kita yang nanti kita ajak atau kita bawa untuk bagian dari tim intinya kita di semifinal," jelasnya.

Sementara itu, Kafiatur Rizky mengatakan dirinya cukup senang di pertandingan malam ini. Sebab, dirinya masih dipercaya membawa Tim Garuda Muda hingga semifinal.

"Semoga saya bisa konsisten dan tetap kerja keras dan juga kita kompak lagi dan ya semoga kita kedepan bisa lebih fokus lagi," ujarnya dia.

Kafiatur mengaku cukup emosional pada pertandingan kali ini, bahkan sempat menangis. Hal ini karena, sejak pertandingan kedua dia sudah menarget agar bisa cetak gol.

"Kenapa saya emosional nangis ya karena saya memang sudah targetin dari kemarin untuk cetak gol juga assist," tururnya.

Pemain nomor punggung 10 ini juga mengaku terinspirasi dari sang ayah yang juga pemain Timnas Indonesia, Firmansyah. Dirinya yakin bisa lebih baik dari ayahnya.

"Saya juga terinspirasi dari ayah, ayah dulu pemain bola nomor 10 juga, jadi saya Insyaallah bisa lebih baik sari ayah, Firmansyah," pungkas Kafiatur.

Baca Juga: Menanti Aksi Para Bek Saat Timnas U-19 Lawan Timor Leste

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya