Comscore Tracker

Senilai Rp5 Miliar, Papan Skor Digital Telah Terpasang di Stadion GBT

Untuk persiapan Piala Dunia U20 2021 nih

Surabaya, IDN Times - Perlahan-lahan, Pemerintah Kota Surabaya memenuhi persyaratan stadion untuk menjadi tempat pelaksanaan Piala Dunia U20 2021. Salah satu ketentuan stadion agar dikatakan layak adalah tersedianya layar video raksasa. Akhirnya, Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya telah memiliki layar tersebut.

1. Papan skor sudah terpasang di GBT

Senilai Rp5 Miliar, Papan Skor Digital Telah Terpasang di Stadion GBTPapan skor digital telah terpasang di stadion Gelora Bung Tomo. IDN Times/Fitria Madia

 

Monitor raksasa ini berguna untuk menampilkan skor pertandingan secara digital. Selain itu layar tersebut juga dapat difungsikan untuk menampilkan highlight pertandingan. Selama ini Pemerintah Kota Surabaya belum menyediakan papan skor digital tersebut.

Pada Kamis (21/11), akhirnya papan skor digital telah terpasang di sebelah utara stadion. Terlihat beberapa pekerja masih melakukan proses pemasangan.

"Iya ini sudah selesai pemasangannya. Tinggal penyesuaian," ujar Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Kepemudaan dan Olahraga, Edi Santoso ketika dihubungi IDN Times.

2. Merupakan teknologi terbaru dari Jepang

Senilai Rp5 Miliar, Papan Skor Digital Telah Terpasang di Stadion GBTPapan skor elektronik di Gelora Bung Tomo senilai Rp5 miliar. IDN Times/Fitria Madia

 

Edi menjelaskan bahwa layar yang dipasang di Stadion GBT merupakan teknologi terbaru dan tercanggih untuk saat ini. Ia mendatangkannya dari Jepang. Ukuran yang digunakan adalah 6 x 12 meter.

"Ini sudah paling baru. Impor dari Jepang," tuturnya.

3. Bisa merekam wajah penonton di tribun

Senilai Rp5 Miliar, Papan Skor Digital Telah Terpasang di Stadion GBTPapan skor elektronik di stadion Gelora Bung Tomo Surabaya. IDN Times/Fitria Madia

 

Selain bisa menampilkan skor dan highlight pertandingan, layar tersebut juga dilengkapi dengan 3 kamera. Kamera ini bisa menangkap gambar hingga 30 kali optical zoom atau lebih dari 50 meter.

"Jadi semua orang di tribun itu bisa kelihatan wajahnya. Kalau ada yang berbuat onar itu kita bisa lihat wajahnya," terangnya.

Baca Juga: Mendadak Sambangi GBT, Risma Minta Pengerjaan Akses Dipercepat

4. Seharga Rp5 miliar

Senilai Rp5 Miliar, Papan Skor Digital Telah Terpasang di Stadion GBTPapan skor elektronik di stadion Gelora Bung Tomo. IDN Times/Fitria Madia

 

Berdasarkan data yang didapatkan IDN Times, papan skor ini merupakan hasil lelang dengan nilai akhir Rp5 miliar. Anggaran pembelian didapatkan dari APBD Kota Surabaya tahun 2019.

"Dulu kita anggarkannya Rp7 miliar lebih," terang Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya, Eri Cahyadi.

Baca Juga: 4 Fakta Gelora Bung Tomo, Bakal Venue Piala Dunia U-20

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You