Comscore Tracker

Bola Buatan Cah Madiun Akan Digunakan untuk Piala Dunia Qatar

Semoga Timnasnya juga nyusul

Madiun, IDN Times - Meski tak lolos ke Piala Dunia 2022, Indonesia turut mengirim 'wakilnya'. Bukan kesebelasan, Indonesia mengirim bola sepak buatan dalam negeri yang akan digunakan dalam event empat tahunan tersebut. Adidas sebagai produsen resmi mempercayakan PT Global Way Indonesia di Madiun sebagai salah satu produsen bola bernama Al Rihla tersebut.

1. Bola akan dieskpor ke Jerman hingga Brazil

Bola Buatan Cah Madiun Akan Digunakan untuk Piala Dunia QatarKhofifah saat melepas ekspor bola Al Rihla, Kamis, (16/6/2022). instagram.com/khofifah.ip

'Keikutsertaan' Indonesia dalam Piala Dunia ditandai dengan pengiriman Al Rihla ke Inggris, UEA, Jerman, dan Brazil di Madiun, Kamis (16/6/2022). Ekspor itu dihadiri oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Madiun, Ahmad Dawami alias Kaji Mbing. 

"Inilah bola yang akan digunakan pada kompetisi Piala Dunia 2022 di Qatar. Di ajang olahraga terakbar di planet itu, Indonesia punya peran penting di setiap pertandingannya," ujar Khofifah dalam akun Instagram resmi miliknya.

2. Khofifah bangga, berharap Timnas bisa nyusul

Bola Buatan Cah Madiun Akan Digunakan untuk Piala Dunia QatarKhofifah saat melepas ekspor bola Al Rihla, Kamis, (16/6/2022). instagram.com/khofifah.ip

Khofifah pun mengungkapkan kebanggaannya terhadap ekspor bola tersebut. "Fyi, Al Rihla si bola resmi Piala Dunia 2022 di Qatar adalah bola buatan Indonesia yang diproduksi di Madiun.  untuk memproduksi bola yang bakalan ditendang oleh bintang-bintang sepak bola dunia. Keren kan?" ujarnya. 

Dia pun menyampaikan harapan agar Timnas Indonesia mampu menyusul Al Rihla. "Semoga di Piala Dunia selanjutnya, bukan cuma bola, Timnas Indonesia juga bisa ikut berlaga. Aamiin ya rabbal alamin."

Baca Juga: Spesifikasi Al Rihla, Bola Canggih Buat Piala Dunia 2022

3. Al Rihla diluncurkan Maret lalu

Bola Buatan Cah Madiun Akan Digunakan untuk Piala Dunia QatarAl Rihla, bola untuk Piala Dunia 2022. (Dok. Adidas)

Seperti diketahui, Adidas pada Maret lalu resmi meluncurkan bola yang akan dipakai untuk Piala Dunia 2022. Apparel asal Jerman itu menamai bola ini dengan sebutan 'Al Rihla', dan menjadi bola ke-14 yang dibuat sepanjang Piala Dunia.

Al Rihla, jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia berarti "perjalanan" dan terinspirasi oleh arsitektur, perahu ikonik, dan bendera Qatar. Peluncuran ini akan menandai awal perjalanan Al Rihla ke-10.

Design Director, Football Graphics and Hardwear Adidas, Franziska Loeffelmann, mengungkapkan Al Rihla dibuat untuk menopang permainan sepak bola yang makin cepat. Tidak hanya itu, pergerakan bola juga akan jadi lebih stabil.

Al Rihla juga dibuat dengan menggunakan dua teknologi termutakhir untuk menyusun konstruksinya. CRT-Core dan Speedshell Skin, jadi dua teknologi yang dipakai Adidas untuk Al Rihla.

Dengan CRT-Core, Adidas mengklaim retensi bola terhadap udara bisa maksimal. Lalu, dengan teknologi ini, kecepatan yang muncul akibat tendangan, akurasi, dan konsistensi, bisa terjaga. Dari sisi bahan, Al Rihla dicat dengan tinta berbahan dasar air dan lem. Artinya, produksi Al Rihla juga ramah lingkungan.

Baca Juga: Spesifikasi Al Rihla, Bola Canggih Buat Piala Dunia 2022

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya