Timnas Gagal ke Semifinal Piala AFF, Bima Sakti: Kesalahan Pelatih

Gagal maneh, gagal maneh!

Surabaya, IDN Times - Timnas Indonesia dipastikan gagal maju ke semifinal Piala AFF 2018. Hal ini terjadi setelah Filipina dan Thailand, Rabu (21/11) malam, hanya berakhir imbang 1-1.

Baca Juga: Alami Cedera, Mampukah Andik Perkuat Timnas Melawan Filipina?

1. Indonesia tak bisa mengejar poin untuk lolos

Timnas Gagal ke Semifinal Piala AFF, Bima Sakti: Kesalahan PelatihDok. affsuzukicup2018

Dipantau dalam laman resmi AFF, serinya pertandingan Thailan dan Filipina membuat poin kedua negara itu sama-sama mengoleksi 7 poin dalam klasmen Grup B. Jumlah poin itu tidak akan lagi terkejar oleh Indonesia yang maksimal hanya bisa meraih poin enam hingga pertandingan terakhir.

Saat ini Indonesia memiliki tiga poin di klasmen dengan hanya menyisakan satu pertandingan yakni melawan Filipina di pertandingan terakhir, Minggu (25/11). Pertandingan itu nantinya digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

2. Gagalnya Indonesia mengulangi sejarah serupa

Timnas Gagal ke Semifinal Piala AFF, Bima Sakti: Kesalahan PelatihDok.affsuzukicup2018

Dilansir dari Antara, kegagalan Timnas Indonesia lolos fase grup Piala AFF 2018, mengulang sejarah kelam dalam tiga Piala AFF sebelumnya, yakni tahun 2007, 2012, dan 2014.

3. Bima Sakti bertanggung jawab

Timnas Gagal ke Semifinal Piala AFF, Bima Sakti: Kesalahan PelatihDok. affsuzukicup2018

Pelatih Timnas Indonesia, Bima Sakti, menyatakan dirinya sebagai pelatih bertanggung jawab atas kegagalan skuatnya lolos dari babak penyisihan grup di Piala AFF 2018.

"Saya pikir ini bukan kesalahan pemain, tetapi pelatih," ujar Bima Sakti seperti dilansir dari Antara, usai memimpin timnya berlatih di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (22/11).

4. Bima Sakti siap menerima keputusan

Timnas Gagal ke Semifinal Piala AFF, Bima Sakti: Kesalahan PelatihDok.pialaaffsuzukicup

Oleh karena itu, kata Bima, dirinya dan seluruh staf pelatih timnas siap menerima keputusan apapun dari PSSI terkait masa depan mereka. Pelatih berusia 42 tahun itu menegaskan siap jika tidak lagi melatih tim nasional.

"Kami tim pelatih menerima seluruh konsekuensi dan keputusan yang diambil federasi," kata Bima.

5. Bima Sakti meminta maaf kepada masyarakat Indonesia

Timnas Gagal ke Semifinal Piala AFF, Bima Sakti: Kesalahan PelatihDok.affsuzukicup

Bima Sakti mewakili tim nasional Indonesia juga meminta maaf kepada masyarakat Tanah Air atas prestasi Indonesia di Piala AFF 2018. 

Namun, dia berharap masyarakat terus memberikan dukungan kepada tim nasional yang di Piala AFF masih akan menghadapi Filipina di laga terakhir Grup B, Minggu (25/11) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. 

"Kami berusaha memenangkan pertandingan itu," tutur Bima. 

Baca Juga: Inilah 4 Skenario Nasib Timnas Indonesia di Piala AFF 2018

Topik:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya