Laga Persik Vs Persebaya Digelar Tanpa Penonton

Suporter tidak boleh datang ke stadion

Kediri, IDN Times - Laga Derby Jatim antara Persik Kediri melawan Persebaya Surabaya dipastikan digelar tanpa penonton. Persikmania maupun Bonek tidak diperkenankan datang langsung ke stadion menyaksikan pertandingan ini. Sesuai jadwal laga tersebut akan di gelar di Stadion Brawijaya, Kota Kediri, Sabtu (18/03/2023) mendatang. Persik Kediri bertindak sebagai tuan rumah pada laga tersebut.

1. Hasil rapat sepakati pertandingan tanpa penonton

Laga Persik Vs Persebaya Digelar Tanpa PenontonRapat koordinasi pertandingan Persik Kediri melawan Persebaya Surabaya. IDN Times/ istimewa

Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar mengatakan telah menggelar rapat koordinasi membahas pertandingan tersebut. Rapat ini dihadiri oleh Forkopimda, perwakilan Polda Jatim serta perwakilan suporter Persik Kediri dan Persebaya Surabaya. Hasil rapat koordinasi ini menyepakati bahwa laga antara Persik Kediri melawan Persebaya Surabaya diselenggarakan di Stadion Brawijaya hari Sabtu 18 Maret 2023 tanpa penonton. Keputusan ini diambil setelah melalui diskusi dari bebagai pihak.

"Pertandingan ini kita putuskan bersama-sama digelar tanpa penonton. Hal ini berdasarkan pada evaluasi dan saran masukan seluruh pihak. Mudah-mudahan ke depan kita semua bisa memberikan yang terbaik dan memajukan sepak bola bersama," ujarnya, Jumat (10/03/2023).

Baca Juga: Bekuk Persib Bandung, Persik Kediri Raih 4 Kemenangan Beruntun

2. Stadion Brawijaya belum sesuai standart

Laga Persik Vs Persebaya Digelar Tanpa PenontonRapat koordinasi pertandingan Persik Kediri melawan Persebaya Surabaya. IDN Times/ istimewa

Sementara itu Kapolres Kediri Kota, AKBP Teddy Chandra menegaskan harus melakukan antisipasi potensi kerawanan. Salah satu hal yang menjadi atensi adalah karakteristik supporter Persik Kediri dan Persebaya Surabaya. Adanya supporter yang tidak terkoordinir menjadi satu titik kerawanan. Ada pengalaman sempat terjadi supporter yang tidak terkoordinir dalam keadaan dibawah pengaruh minuman keras dan melakukan tindakan kriminalitas. Selain itu hasil asistensi Polda Jatim menerangkan bahwa kondisi Stadion Brawijaya belum memenuhi standar Perpol Nomor 10 Tahun 2022.

"Ini menjadi atensi saya agar tidak terjadi gangguan kamtibmas dari supporter yang tidak terkoordinir. Saya tidak menyebut Bonek yang terkoordinir tapi supporter yang tidak terkoordinir. Keamanan Kota Kediri, masyarakat, dan aktivitas masyarakat harus kita jaga," tuturnya.

3. Polisi akan lakukan penyekatan

Laga Persik Vs Persebaya Digelar Tanpa PenontonPemain Persik Kediri saat melawan Persebaya Surabaya. IDN Times/ istimewa

Polisi juga akan melakukan penyekatan di beberapa titik untuk mencegah suporter hadir ke stadion. Hal ini dilakukan untuk memastikan tidak ada suporter yang datang menyaksikan pertandingan di stadion. Mereka juga meminta perwakilan suporter yang hadir dalam rapat koordinasi untuk segera mensosialisasikan hasil pertemuan ini.

"Saya akan tingkatkan operasi dan meminta bantuan Polda untuk melakukan penyekatan guna mencegah supporter yang tidak terkoordinir masuk ke Kota Kediri. Saya akan berikan rekomendasi tanpa penonton," pungkasnya.

Baca Juga: Persik Pecundangi Persib 2 Gol Tanpa Balas

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya