Ricuh Stadion Gelora Joko Samudro, Persebaya Pilih Pulang ke GBT

Usahakan lawan PSIS di Surabaya saja!

Surabaya, IDN Times - Manajemen Persebaya Surabaya berpikir ulang untuk memakai Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik sebagai kandang sementara. Pasalnya, baru-baru ini terjadi kericuhan antara suporter Gresik United dengen aparat kepolisian. 

Pihak Persebaya yang rencananya memakai stadion tersebut saat melawan PSIS Semarang pada laga lanjutan Liga 1 pun khawatir kalau izin pertandingan tidak keluar. Maka dari itu, Persebaya mengajukan agar bisa memakai Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya.

"Memang awalnya kami pakai di gresik untuk stadion pengganti GBT ketika Piala Dunia U-17. Tapi dengan perkembangan kerusuhan kemarin ya kami juga berkomunikasi juga kalau kemungkinan akan ada dinamika di sana (Stadion Gelora Joko Samudro Gresik)," ujar Direktur Operasional Persebaya, Candra Wahyudi.

"Nah sekarang kami menjajaki untuk bisa bermain di GBT," kata dia menambahkan.

Penjajakan yang dilakukan manajemen Bajol Ijo--julukan Persebaya- dengan melayangkan surat izin sekaligus untuk sewa Stadion GBT kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. Surat tersebut telah dikirim, Senin (20/11/2023).

"Manajemen Persebaya mengirimkan surat kepada Pemerintah Kota Surabaya untuk bisa kiranya bermain di GBT pada pertandingan tanggal 26 (November) lawan PSIS," ungkap Candra. 

Menurut Candra, secara teknis Stadion GBT sudah tidak dipakai untuk Piala Dunia U-17 pada Minggu (26/11/2023). Karena Stadion GBT ketempatan pertandingan hanya pada fase 16 besar Piala Dunia U-17 yang akan digelar Selasa (21/11/2023).

"Kami berkomunikasi dengan pihak-pihak terkait, kalau tidak salah (exclusive experience) GBT sudah selesai ketika besok menjadi tuan rumah dua pertandingan babak 16 besar Piala Dunia," kata Candra.

"Ya mudah-mudahan tanggal 26 bisa dipakai karena dulu pada Piala Dunia 2018. Ada salah satu stadion di Moscow itu dia menjadi host untuk pertandingan penyisihan dan satu 16 besar. Tapi kemudian ketika, waktu itu final kan tanggal 15 Juli, tapi tanggal 13 Juli stadion ini yang markasnya Spartac Moscow ini sudah bisa menggelar event-event lain. kalau gak salah waktu itu ada konser Guns N' Roses," beber Candra.

"Jadi saya kira ada kemungkinan lah karena ini juga tidak dipakai lagi. kecuali memang stadion itu dipakai. Ini memang tengah kita komunikasikan. mudah-mudahan bisa tanggal 26 (November)," harapnya. 

Baca Juga: Profil Gelora Joko Samudro, Venue Ricuh Gresik United vs Deltras

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya