Pesan 'Keramat' Orangtua Rizky Ridho Jelang Final AFF

Ayo bro, main sing Wani!

Surabaya, IDN Times - Indonesia akan menjejak babak final Piala AFF Suzuki 2020. Ini adalah final keenam Indonesia sejak turnamen dua tahunan ini digulirkan pada 1996 lalu, yang masih bernama Piala Tiger. Harapan agar mengangkat piala pun dipikul oleh para pemain timnas saat ini.

Tentunya, tak mudah menghadapi Thailand di final. Apalagi, menurut catatan yang ada, Gajah Putih--julukan Thailand-, kerap menjadi mimpi buruk bagi Garuda--julukan Indonesia-. Maka dari itu, orangtua bek timnas, Rizky Ridho, tak sekadar mendukung. Mereka juga menyematkan rapalan doa-doa.

Rizky Ridho diperkirakan akan langsung diturunkan pada leg pertama final Piala AFF melawan Thailand akan berlangsung pada pukul 19.30 WIB, Rabu (29/12/2021). Sedangkan leg keduanya digelar pada Sabtu (1/1/2022).

1. Ingatkan sang anak untuk salat dan ngaji, akan dukung penuh dari rumah

Pesan 'Keramat' Orangtua Rizky Ridho Jelang Final AFFSuyoto saat video call dengan anaknya, bek Indonesia, Rizky Ridho di rumahnya, Jalan Simo Gunung Kramat Barat 2A nomor 15, Sawahan, Surabaya. Dok. Ist.

Orangtua Rizky Ridho sendiri tinggal di kawasan Simo Gunung Kramat Barat, Kecamatan Sawahan, Kota Surabaya. Ayah Rizky, Suyoto, bersama istrinya menyempatkan diri menghubungi anaknya yang berada di Singapura via panggilan video atau video call. Suyoto pun menitipkan pesan kepada sang anak supaya tetap ngaji dan salat.

"Le, semoga menang ya besok, ojok lali sholat ambek ngaji walau se ayat (Jangan lupa salat sama ngaji walau satu ayat), kita dukung Indonesia  dari rumah," ujarnya saat video call dengan Rizky pada Selasa (28/12/2021) malam.

Baca Juga: Shin Tae Yong: Mau Maju? Piala AFF Butuh VAR

2. Pesan kepada Rizky untuk selalu semangat dan serius

Pesan 'Keramat' Orangtua Rizky Ridho Jelang Final AFFSuyoto saat video call dengan anaknya, bek Indonesia, Rizky Ridho di rumahnya, Jalan Simo Gunung Kramat Barat 2A nomor 15, Sawahan, Surabaya. Dok. Ist.

Suyoto juga mengaku kalau terus menyemangati Rizky agar fokus pada latihan sepak bolanya. Baik itu bersama klub, Persebaya Surabaya maupun Timnas Indonesia. "Saya selalu pesan ke dia latihan yang semangat, serius jangan sampai bikin kesalahan atau membuat pelatih kecewa," pesan Suyoto.

Sekadar diketahui, Rizky Ridho menjadi salah satu pemain yang dipanggil oleh pelatih Shin Tae-yong pada detik-detik terakhir sebelum pelatnas. Arek asli Suroboyo ini pun menunjukkan kualitasnya. Kerap kali dipasang menjadi pemain inti, bergantian dengan Elkan Baggot. Pada final nanti, dia diprediksi juga akan diturunkan.

3. Rizky selalu jadi andalan Shin Tae-yong

Pesan 'Keramat' Orangtua Rizky Ridho Jelang Final AFFInstagram.com/rizkyridhoramadhani

Meski baru menjalani debut untuk Timnas senior pada Mei lalu, Rizky sendiri selalu menjadi andalan pelatih Shin Tae-yong. Dari enam pertandingan yang dijalani Timnas di AFF, pemain berusia 19 tahun ini sudah dimainkan di empat pertandingan. Duetnya dengan M. Fakhruddin menjadi kunci bagi lini belakang Timnas. Sebelum naik kelas ke Timnas senior, Rizky sebelumnya juga menjadi andalan Timnas U-19 dan U-23. 

Baca Juga: Istri Berharap Kushedya Hari Yudo Bisa Bantu Timnas Angkat Piala AFF

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya