Ini Misi Persebaya Hadapi Sabah FA dan Piala Gubernur Jatim 2020 

Ajang untuk mematangkan komposisi tim

Surabaya, IDN Times - Persebaya Surabaya menatap optimistis musim kompetisi 2020. Pelatih Aji Santoso pun terus mematangkan timnya dengan menggelar uji coba melawan tim asal Malaysia Sabah FA dan mengikuti kompetisi Piala Gubernur Jatim 2020 sebelum mengarungi Liga 1.

1. Aji sebut uji coba lawan Sabah penting

Ini Misi Persebaya Hadapi Sabah FA dan Piala Gubernur Jatim 2020 Pelatih Persebaya Aji Santoso. Dok. Persebaya.id)

Rencananya, laga uji coba Persebaya vs Sabah FA itu akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Sabtu mendatang (8/2). Menurut Aji, uji coba ini sangat penting bagi Bajul Ijo-julukan Persebaya- untuk mematangkan komposisi pemain.

"Pertandingan tanggal 8 itu penting. Pertama kali ujicoba dengan tim luar negeri di GBT," ujarnya kemarin Sabtu (1/2).

2. Masih umrah, Hansamu absen lawan Sabah FA

Ini Misi Persebaya Hadapi Sabah FA dan Piala Gubernur Jatim 2020 Hansamu Yama Pranata. Instagram/officialpersebaya

Skuad Persebaya dipastikan komplet saat menghadapi Sabah FA. Termasuk empat pemain asing David da Silva, Makan Konate, Machmoud Eid, dan Aryn Williams.

"Seluruh pemain sudah komplet, kecuali Hansamu Yama Pranata. Karena (Hansamu) masih umrah. Kalau pemain asing lain sudah komplet," kata Aji.

"Insyaallah. Sudah datang semua (Konate maupun David)," tambahnya.

3. Tapi Aji belum bisa dampingi latihan tim

Ini Misi Persebaya Hadapi Sabah FA dan Piala Gubernur Jatim 2020 Latihan perdana Persebaya Surabaya di GOR Delta Sidoarjo, Senin (6/1). IDN Times/Dok.Istimewa

Meski pemainnya sudah mulai tiba di Kota Pahlawan, Aji justru tidak bisa mendampingi tim selama tiga hari ke depan. Ia harus bertolak ke Jakarta untuk memenuhi panggilan PSSI.

"Senin (latihan) tapi saya tidak bisa dampingi tim sampai tanggal 5," katanya.

"Saya ada undangan PSSI. Beberapa pelatih diundang berkumpul di Jakarta. Saya pulang tanggal 6 pagi," lanjutnya.

Kemungkinan besar Aji bisa mendampingi anak-anak asuhnya saat turun di Piala Gubernur Jatim 2020. Bajul Ijo tidak terlalu mematok hasil tinggi pada kompetisi pramusim tersebut. Sama seperti melawan Sabah FA, Piala Gubernur akan dijadikan Persebaya untuk mengevaluasi kelebihan dan kekurangan permainan sebelum Liga 1 2020 bergulir.

4. Pelatih Sabah FA sesumbar repotkan Persebaya di GBT

Ini Misi Persebaya Hadapi Sabah FA dan Piala Gubernur Jatim 2020 Kurniawan Dwi Yulianto saat diperkenalkan sebagai pelatih Sabah FA. Instagram.com/kurniawanqana

Sementara itu, pelatih Sabah FA Kurniawan Dwi Yulianto sesumbar bahwa timnya akan merepotkan Persebaya. Ia menegaskan, tidak akan gentar pada pertandingan nanti meskipun ada puluhan ribu Bonek dan hanya bertajuk uji coba.

“Bagi saya, uji coba ini merupakan rangkaian menuju ke kompetisi. Saya mau lihat progres tim apakah sudah berjalan sesuai yang kami susun. Kami juga tahu jika Persebaya tim yang kuat. Jadi kami pasti dapat hal positif dari laga nanti,” ungkapnya.

“Bonek dikenal sebagai suporter yang loyal saat mendukung Persebaya. Pasti akan banyak yang hadir di stadion. Jadi, situasi nanti sangat ideal dalam membentuk karakter dan mentalitas pemain kami saat melakoni laga tandang. Kami ingin lebih siap mental saat menemui lawan dengan pendukung yang banyak di Liga Malaysia,” pungkas pelatih yang turut mengantar Persebaya menjuarai Liga Indonesia 2004 saat masih aktif bermain itu.

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya