368 Tim Medis, 8 RS Disiagakan Selama Piala Dunia U-17 di Surabaya

Ramaikan yo rek!

Surabaya, IDN Times - Sebanyak 368 tim medis disiagakan selama gelaran Piala Dunia U-17 di Surabaya. Tim Medis yang dikoordinir oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Timur (Jatim) ini berasal dari Dinkes Surabaya, Gresik dan Sidoarjo.

Anggota tim ini akan bertugas di beberapa titik yaitu di venue latihan, venue pertandingan, hingga venue non-matchday serta hotel selama 10 November - 2 Desember 2023 mendatang. 

"Kita siagakan 24 jam penuh. Persiapan terkait pelayanan kesehatan ini telah kami mulai sejak 27 Oktober," ujar Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, Senin (6/11/2023).

Selain tim medis, Khofifah mengatakan, rumah sakit yang ditunjuk telah berkomitmen untuk memenuhi spesifikasi dan permintaan dari FIFA melalui PSSI. Pihaknya juga telah menyampaikan surat kepada setiap rumah sakit terkait penyiagaan nakes dan fasyankes.

Total ada delapan rumah sakit rujukan yang telah ditunjuk di Surabaya. Yakni RSUD dr. Soetomo, RSUD BDH Surabaya, RS Mitra Keluarga Satelit Surabaya, RS National Hospital, RS PHC Surabaya, RS Semen Gresik, RS Mayapada Surabaya dan RS Premiere. 

Di setiap rumah sakit tersebut disiagakan penuh ruangan IGD, rawat Jalan, rawat inap yang dikhususkan untuk atlet, official, referee, delegasi FIFA dan VVIP. Ketersediaan tenaga medis juga termasuk spesialistik disiagakan sesuai kebutuhan.

"Kami telah menunjuk PIC untuk masing-masing RS selama penyelenggaraan. Sementara, pembiayaan atlet, official dan referee ditanggung oleh asuransi secara cashless maupun reimburse," kata Khofifah.

"Selain itu, dukungan ini juga berupa adanya jaringan rumah sakit rujukan yang dibentuk untuk melaksanakan layanan pada kegawatdaruratan medis, dan layanan rujukan kasus gawat darurat," tambah dia.

Diketahui, Stadion GBT akan menjadi pembukaan Piala Dunia U-17. Sekaligus menjadi venue penyisihan Grup A yakni Indonesia, Ekuador, Maroko dan Panama.

"Semoga dengan kesiapan dan menyiagakan seluruh Tim Kesehatan seluruh rangkaian FIFA World Cup dapat berjalan lancar, sehat dan selamat hingga akhir kegiatan dan membawa harum nama Indonesia di persepak bolaan dunia," pungkasnya.

Baca Juga: Peserta Piala Dunia U-17 Puji Kesiapan Indonesia Jadi Tuan Rumah

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya