3 Tim Jatim Liga 2 Gagal Menang di Laga Perdana 12 Besar

2 imbang dan 1 kalah

Surabaya, IDN Times - Tiga tim asal Jawa Timur (Jatim), Persela Lamongan, Deltras Sidoarjo dan Gresik United FC gagal meraih kemenangan pada laga perdana 12 besar Liga 2 2023/2034. Persela dan Deltras bermain seri, sedangkan Gresik kalah.

1. Gresik kalah kena penalti di menit akhir

3 Tim Jatim Liga 2 Gagal Menang di Laga Perdana 12 BesarGresik United dalam laga melawan PSCS Cilacap pada putaran pertama Liga 2 2023/2024. (instagram.com/gresikunited)

Gresik United FC harus menelan pil pahit saat bermain di Stadion Cendrawasih, Biak pada Sabtu (6/1/2024). Laskar Joko Samudro kalah dengan skor tipis satu gol atas tuan rumah PSBS Biak melalui titik putih pada menit 90+3. Tendangan penalti berhasil dituntaskan legiun asing, Alexandro Dos Santos.

Namun gol tersebut menjadi kontroversi hingga saat ini. Di media sosial banyak warganet menyebut itu penalti ghoib karena pemain PSBS diindikasi melakukan diving saat jatuh di kotak penalti Gresik United. Usai pertandingan, pemain dan ofisial Gresik mengejar wasit untuk melayangkan protes. Namun wasit diberi perlindungan oleh pihak tuan rumah.

Presiden Gresik United yang juga Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani bahkan mengunggah foto wasit Eko Saputra di Instagramnya @fandiakhmadyani usai pertandingan. Ia membubuhi captin, "Tak dungakno sehat ae koe mas (saya doakan sehat saja kamu mas)," tulisnya.

Baca Juga: Ulasan Laga Deltras vs Bekasi City di Babak 12 Besar Liga 2

2. Deltras imbang meski kepala pemainnya kena tendang di kotak penalti

3 Tim Jatim Liga 2 Gagal Menang di Laga Perdana 12 BesarThiago Fernandes dan Rosalvo Candido (instagram.com/deltras.official)

Keesokan harinya, pada Minggu (7/1/2024), tim asal Jatim lainnya, Deltas Sidoarjo bertandang ke Stadion Singaperbangsa, Karawang. Deltras harus menghadapi tuan rumah, Bekasi FC. The Lobster justru mencetak gol lebih dulu lewat sontekan striker asal Brasil, Rosalvo pada menit ke-7.

Setelah tertinggal tentu saja, FC Bekasi City mencoba menyamakan kedudukan, tetapi mereka cukup kesulitan. Hingga akhirnya FC Bekasi City baru bisa menyamakan kedudukan lewat gol yang dicetak Sunni Hizbullah pada menit ke-77.

Dalam laga ini juga sempat terjadi kontroversi, pada menit ke-87, bagian kepala pemain Deltras, Risal Amin tampak terkenda tendangan pemain Bekasi FC saat menyapu bola di kotak penalti. Namun, wasit Agus Fauzan tak memberikan pelanggaran penalti untuk Deltras.

3. Persela bermain kaca mata lawan Malut

3 Tim Jatim Liga 2 Gagal Menang di Laga Perdana 12 BesarPersela Lamongan saat menghadapi Gresik United di Stadion Surajaya Lamongan. IDN Times/Imron

Kemudian Persela Lamongan yang harus puas bermain dengan skor kacamata saat bertamu ke tuan rumah Malut United FC di Stadion Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta Selatan, Minggu (7/1/2024) malam. 

Laga ini sebenarnya berlangsung seru karena jual beli serangan terus diperlihatkan oleh kedua tim. Namun keduanya tak mampu mengonversikan menjadi gol.

Baca Juga: Malut United vs Persela Ricuh, Suporter Nyaris Terpancing

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya