Comscore Tracker

Sudah Puas Bermain Bola, Hamka Hamzah Isyaratkan Segera Pensiun

Ingin habiskan karir di Arema FC

Malang, IDN Times - Kapten tim Arema FC, Hamka Hamzah mengisyaratkan akan segera mengakhiri karirnya sebagai pesepakbola. Hal itu ia sampaikan saat usai pertandingan kontra Madura United di Stadion Kanjuruhan, Jumat (8/11). Namun demikian, Hamka mengakui masih ingin bermain setidaknya untuk satu musim lagi. 

1. Mulai kepayahan hadapi jadwal padat

Sudah Puas Bermain Bola, Hamka Hamzah Isyaratkan Segera PensiunKapten tim Arema FC, Hamka Hamzah saat berlatih di Stadion Gajayana beberapa waktu lalu. IDN Times/ Alfi Ramadana

Sebenarnya dari sisi penampilan, sosok Hamka Hamzah masih sangat konsisten. Terbukti dirinya masih terus menjadi pilihan utama di lini pertahanan Arema FC. Ia juga mampu menjadi salah satu figur penting bagi tim Singo Edan musim ini. Namun demikian, pemain 35 tahun itu mengakui mulai kepayahan menghadapi jadwal padat di Liga 1. Apalagi jeda antar pertandingan pada kompetisi kali ini sangat mepet.

"Kalau untuk pemain usia 20 mungkin waktu recovery satu dua hari cukup. Tetapi pemain sudah berkepala tiga seperti saya lumayan berat juga," ucapnya. 

2. Cedera hamstring kembali kambuh

Sudah Puas Bermain Bola, Hamka Hamzah Isyaratkan Segera PensiunKapten tim Arema FC, Hamka Hamzah kembali alami cedera hamstring. IDN Times/ Alfi Ramadana

Masalah lain yang juga turut menganggu performa Hamka Hamzah musim ini adalah cedera. Beberapa waktu lalu saat menghadapi PSM Makassar, Hamka mengalami cedera hamstring. Hal itu menyebabkan dirinya absen beberapa pertandingan. Saat menghadapi Madura United semalam, cedera hamstring mantan pemain Persija tersebut kembali kambuh. 

"Memang sulit bagi pemain yang sudah berkepala tiga seperti saya untuk bisa memberikan penampilan terbaik kalau jeda pertandingan masih seperti saat ini. Pemain yang sudah kepala tiga pasti mengalami masalah seperti saya," tambahnya. 

3. Siap jadi pelapis pemain muda

Sudah Puas Bermain Bola, Hamka Hamzah Isyaratkan Segera PensiunHamka Hamzah akui siap jadi pelapis pemain yang lebih muda. IDN Times/ Alfi Ramadana

Meskipun mengisyaratkan pensiun, namun sepertinya Hamka Hamzah masih akan bermain. Setidaknya untuk satu musim lagi. Akan tetapi kali ini dirinya tak mau muluk-muluk mengejar menit bermain. Hamka mengakui siap menjadi pelapis untuk pemain yang lebih muda dan bugar. 

"Kalau jadwal masih seperti ini tentu saya harus sadar diri. Saya harus siap menjadi pelapis untuk pemain yang lebih muda dan bugar," terangnya. 

4. Ingin pensiun di Arema FC

Sudah Puas Bermain Bola, Hamka Hamzah Isyaratkan Segera PensiunHamka Hamzah ingin mengakhiri karir sebagai pemain di Arema FC. IDN Times/ Alfi Ramadana

Sementara itu, Hamka mengaku ingin menghabiskan karir sebagai pemain sepak bola di Arema FC. Sekaligus juga dirinya kini mulai berancang-ancang untuk memulai karir sebagai pelatih. Bahkan beberapa waktu lalu mantan pemain Persik Kediri itu sudah mengikuti lisensi kepelatihan C AFC. 

"Musim depan akan jadi akhir karir Hamka Hamzah sebagai pemain sepak bola. Saya ingin pensiun di Arema FC," katanya. 

5. Ingin latih pemain muda

Sudah Puas Bermain Bola, Hamka Hamzah Isyaratkan Segera PensiunPemain Arema FC dan Semen Padang bersiap menyambut sepak pojok dalam pertandingan di Stadion Kanjuruhan, Senin (28/10/2019). IDN Times/ Alfi Ramadana

Sejauh ini, pemain yang sudah malang melintang di klub-klub besar Indonesia itu sudah memiliki gambaran saat resmi pensiun. Selain merintis karir sebagai pelatih, ia ingin mencari bibit-bibit pemain di Malang Raya. Ia merasa bahwa Malang Raya merupakan gudangnya pemain berkualitas. Hanya saja sejauh ini belum banyak kesempatan bagi mereka untuk bisa menunjukkan diri. 

"Pemain-pemain muda itu nanti tentunya akan jadi masa depan bagi Arema FC," tandasnya. 

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You