PSSI Mulai Memproses Empat Pemain Keturuan untuk Perkuat Timnas

Keempat pemain nyatakan minat membela Timnas Indonesia

Malang, IDN Times - PSSI terus mempercepat pengurusan berkas pemain keturunan yang diproyeksikan menjadi kekuatan Timnas Indonesia. Sejauh ini ada empat pemain yang diajukan oleh Shin Tae Yong untuk bisa masuk ke Timnas Indonesia. Mereka adalah Sandy Wals, Jordi Amat, Mels Hilgers, dan Ragnar Oratmangoen. Keempat pemain tersebut memang memiliki keturunan Indonesia baik dari orang tua maupun keluarga mereka. 

1. Sudah komunikasi dengan tua dan agensi

PSSI Mulai Memproses Empat Pemain Keturuan untuk Perkuat TimnasMees Hilgers (instagram.com/meeshilgerss)

Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi dalam kunjungannya ke Malang, Senin (27/12/2021) menjelaskan bahwa sejauh ini federasi sudah berkomunikasi dengan orang tua maupun agensi dari pemain-pemain tersebut. Sejauh ini komunikasi sudah berjalan baik dan keluarga para pemain juga menunjukkan semangat yang luar bisa agar anaknya bisa membela tim Merah Putih. 

"Dari empat pemain yang berkomunikasi dengan kami, semunya dipastikan memiliki darah keturunan yang sah dari orang Indonesia. Ada yang dari neneknya, buyutnya bahkan yang orang tuanya langsung," urainya. 

Baca Juga: Perjalanan Timnas Indonesia Hingga Final Piala AFF 2020

2. Para pemain sudah menunjukkan ketertarikan

PSSI Mulai Memproses Empat Pemain Keturuan untuk Perkuat Timnaspotret Ragnar Oratmangoen (instagram.com/0ratmangoen)

Sejauh ini, Yunus menyebut bahwa dari keempat pemain tersebut, semuanya sudah menunjukkan minat bermain untuk Timnas Indonesia. Bahkan dua diantaranya secara terbuka mengaku siap untuk membela Timnas Indonesia. Tentu saja hal tersebut menjadi lampu hijau bagi PSSI untuk segera menyelesaikan administrasi status kewarganegaraan dari keempat pemain tersebut. 

"Selain dari pemainnya sendiri, keluarga mereka baik orang tuanya juga sangat antusias dan senang apabila anak mereka membela timnas Indonesia," imbuhnya.  

3. Pemain yang diajukan sesuai kebutuhan

PSSI Mulai Memproses Empat Pemain Keturuan untuk Perkuat Timnassportku.com

Yunus menyebut empat pemain yang diajukan tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan Shin Tae Yong. Terlebih target jangka panjang Timnas Indonesia adalah bisa bersaing di level Asia. Tentu tambahan kekuatan sebanyak mungkin akan sangat bagus untuk Shin Tae Yong. Proyek tersebut sekaligus juga untuk mendorong pemain lokal agar memiliki keinginan untuk bermain di luar Indonesia. 

"Tentu kehadiran  empat pemain ini diharapkan bisa menjadi tambahan kekuatan yang signifikan untul timnas agar bisa bersaing pada level yang lebih tinggi," sambungnya. 

4. Proses administrasi sudah berjalan

PSSI Mulai Memproses Empat Pemain Keturuan untuk Perkuat TimnasRagnar Oratmangoen (instagram.com/0ratmangoen)

Saat ini proses administrasi dari empat pemain itu sudah berjalan. PSSI sendiri sudah menunjuk Hasani Abdul Gani sebagai eksekutif komite percepatan administrasi status dari empat pemain yang memiliki darah Indonesia itu. 

"Mudah-mudahan bisa secepatnya selesai. Agar mereka bisa segera menjadi tambahan kekuatan Timnas Indonesia," tandasnya.

Baca Juga: Hadapi Thailand di Partai Puncak, PSSI Sebut Timnas Lebih Siap  

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya