Comscore Tracker

Bermain Imbang, Eduardo Almeida Tetap Puas Penampilan Arema FC

Tim Singo Edan bermain dengan 10 pemain selama 87 menit

Bogor, IDN Times - Arema FC mengawali kompetisi Liga 1 dengan hasil kurang memuaskan. Menghadai PSM Makassar di Stadion Pakansari, Bogor, Minggu (5/9/2021) tim Singo Edan hanya mampu bermain imbang 1-1. Gol Arema FC dilesakkan oleh gelandang Hanif Sjahbandi melalui titik putih menit 22'. Sementara gol balasan PSM Makassar dilesakkan Ilham Udin Armayn menit 23'. Hasil tersebut membuat Arema FC gagal mendapatkan start sempurna untuk kompetisi musim ini. 

1. Harus bermain dengan 10 pemain

Bermain Imbang, Eduardo Almeida Tetap Puas Penampilan Arema FCFeby Eka Putra berduel dengan pemain PSM Makassar di Stadion Pakansari. Dok/Media Officer Arema FC

Tim Singo Edan sebenarnya memulai laga dengan optimisme tinggi. Tetapi Arema FC dikejutkan oleh kartu merah yang diterima Jayus Hariono pada laga yang baru 3' menit berjalan. Kartu merah tersebut membuat rencana permainan yang sudah disiapkan menjadi berantakan. Namun demikian, meski kehilangan seorang pemain, Arema FC justru tampil lebih spartan dan beberapa kali memaksa lini belakang PSM Makassar berjibaku mengamankan gawangnya. 

"Harus kami akui ini pertandingan sulit. Kami harus bermain dengan 10 orang selama 87 menit. Tetapi pemain mampu menunjukkan penampilan luar biasa dan ini perlu diapresiasi," papar pelatih Arema FC, Eduardo Almeida, Minggu (5/9/2021). 

Baca Juga: [BREAKING] PSM Dipaksa Bermain Imbang Lawan Arema dengan Skor 1-1

2. Pemain mampu menunjukkan hasil kerja keras selama latihan

Bermain Imbang, Eduardo Almeida Tetap Puas Penampilan Arema FCHanis Sjahbandi saat melakukan eksekusi penalti lawan PSM Makassar di Stadion Pakansari. Dok/Media Officer Arema FC

Pelatih asal Portugal itu mengakui bahwa secara umum para pemainnya mampu menunjukkan hasil kerja keras selama ini. Memang kartu merah terjadi mengubah semuanya. Tim Singo Edan menjadi lebih banyak bertahan dan hanya mengandalkan serangan balik. Beruntung PSM Makassar juga tak mampu memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menambah gol hingga pertandingan berakhir.

"Para pemain mampu mengorganisasi permainan dengan baik. Meski kami tidak bisa bermain normal seperti saat pemain masih komplet. Tetapi ini hasil yang bagus," tambahnya. 

3. Langsung fokus lawan Bhayangkara FC

Bermain Imbang, Eduardo Almeida Tetap Puas Penampilan Arema FCEduardo Almeida saat memimpin latihan perdana Arema FC. IDN Times/Alfi Ramadana

Pada laga berikutnya, Arema FC dijadwalkan menghadapi Bhayangkara FC. Dari sisi kekuatan, tentu Bhayangkara FC berpotensi lebih menyulitkan. Tetapi Eduardo mengakui bahwa masih ada waktu untuk mempersiapkan diri. Untuk itu, dalam sepekan ini, tim Singo Edan bakal melakukan persiapan lebih matang. Beruntungnya, bek Sergio Silva kemungkinan sudah bisa dimainkan sejak menit pertama saat lawan Bhayangkara FC. 

"Kami tahu Bhayangkara FC juga tim kuat. Tetapi masih ada sepekan untuk persiapan, dan kami siap menghadapi mereka," sambungnya. 

4. Tetap syukuri hasil yang ada

Bermain Imbang, Eduardo Almeida Tetap Puas Penampilan Arema FCHanif Sjahbandi bakal diandalkan Arema FC kala menjamu Persija Jakarta. IDN Times/ Alfi Ramadana

Sementara itu, gelandang Arema FC, Hanif Sjahbandi mengakui bahwa gagal menang memang cukup mengecewakan. Tetapi dirinya mengakui bahwa hasil imbang tersebut juga tidak diraih dengan mudah. Seluruh tim menunjukkan komitmen luar biasa dan hal itu akan sangat berpengaruh pada permainan Arema FC berikutnya.

"Hasil ini juga berkat kerja keras seluruh pemain yang turun. Juga support maksimal pemain yang semua anggota tim. Kami bangga meski hanya satu poin, tetapi ini diraih dengan kerja keras," tandasnya. 

Baca Juga: Resep Jitu Arema Tahan PSM dengan 10 Orang

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya