Tim Voli Jatim Gresik Petrokimia Siap Ramaikan Proliga 2024

Tim yang dikenal haus gelar juara

Provinsi Jawa Timur memiliki tim voli putri yang dikenal akan prestasinya di Indonesia. Mereka adalah Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia Volleyball Club. Tim asal Kabupaten Gresik yang didirikan sejak 2002 itu sudah membuktikan tajinya dengan menjuarai sejumlah kejuaraan voli tertinggi di Tanah Air.

Kini, Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia menatap kejuaraan prestise yang diselenggarakan induk Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) pada 2024. Mereka akan mengikuti gelaran Proliga 2024 mulai 25 April— 21 Juli mendatang. Itu menjadi kesempatan bagi Gresik Petrokimia untuk menambah pundi-pundi prestasi guna melengkapi trofi dalam lemari juara mereka.

1. Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia dikenal sebagai tim voli yang memiliki banyak prestasi

Tim Voli Jatim Gresik Petrokimia Siap Ramaikan Proliga 2024Tim voli putri Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia (instagram.com/petrovoli_)

Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia Volleyball Club merupakan tim voli putri asal Jawa Timur yang dikenal mengantongi banyak prestasi. Bisa dikatakan, mereka adalah salah satu tim yang diakui kehebatannya di Liga Bola Voli Indonesia (Livoli) sektor putri. Ini terbukti usai Gresik Petrokimia pernah menjuarai Livoli Divisi I 2008 (strata ke-2) serta Livoli Divisi Utama 2005 dan 2023 (strata ke-1).

Paling anyar, Gresik Petrokimia sukses meraih titel juara di Livoli Divisi Utama 2023. Kesuksesan tersebut terwujud usai mengalahkan TNI AU Putri dengan kemenangan straight 3-0 (25-21, 25-23, dan 25-16) pada grand final di GOR Jayabaya, Kediri, Sabtu (9/12/2023). Merujuk situs Petrokimia Gresik, capaian ini sekaligus mematahkan penantian mereka gagal menjuarai Livoli Divisi Utama selama 18 tahun setelah terakhir kali juara pada 2005 silam.

Di satu sisi, Gresik Petrokimia baru saja meraup prestasi dari tim akademinya, Petrokimia Volleyball Academy Gresik, pada 2024. Mereka menjuarai Nusantara Cup 2024, sebuah kejuaraan yang baru diselenggarakan PBVSI. Tim akademi Gresik Petrokimia jadi kampiun seusai mengalahkan Kharisma Premium Bandung dengan skor 3-1 di GOR Universitas Yogyakarta (UNY), Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (23/3/2024).

Baca Juga: Tim Voli Putri Petrokimia Gresik Digdaya di Nusantara Cup 2024

2. Jadi spesialis runner-up! Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia belum pernah juara Proliga sepanjang sejarah

Tim Voli Jatim Gresik Petrokimia Siap Ramaikan Proliga 2024Tim voli putri Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia (instagram.com/petrovoli_)

Sialnya, Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia Volleyball Club belum pernah merasakan atmosfer gelar juara di Proliga sektor putri sepanjang sejarah. Ini terjadi setelah mereka hanya sering meraih gelar runner-up. Tak tanggung-tanggung, Gresik Petrokimia bahkan sudah menjadi runner-up dalam kejuaraan voli bergengsi yang dinaungi PBVSI pula itu sebanyak enam kali pada periode 2002, 2003, 2004, 2006, 2007, dan 2022.

Raihan runner-up terbaru Gresik Petrokimia sendiri terjadi saat mengarungi Proliga 2022. Ketika itu, mereka tumbang dari tim putri Bandung Bank bjb Tandamata pada grand final. Bertanding di GOR Kawah Candradimuka Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (26/3/2022), Gresik Petrokimia dihajar dengan skor 1-3 (17-25), (19-25), (25-22), dan (18-25). Raihan itu pun sekaligus bikin Gresik Petrokimia dijuluki sebagai tim spesialis runner-up di Proliga.

3. Proliga 2024 mengalami perubahan format kompetisi

Tim Voli Jatim Gresik Petrokimia Siap Ramaikan Proliga 2024Tim voli putri Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia (instagram.com/petrovoli_)

Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia Volleyball Club dipastikan ikut meramaikan gelaran Proliga 2024. Nantinya, ada 14 tim yang mengikuti ajang ini dengan perincian 7 tim putra dan 7 tim putri. Untuk sektor putri, Gresik Petrokimia sudah ditunggu lawan-lawan berat laiknya Bandung Bank bjb Tandamata, Jakarta Pertamina Enduro, Jakarta Popsivo Polwan, Jakarta BIN, Jakarta Elektrik PLN, dan Jakarta Livin Mandiri.

Proliga 2024 akan terlaksana di sembilan kota berbeda di Indonesia. Turnamen ini siap dihelat di Yogyakarta, Semarang, Palembang, Pontianak, Bandung, Gresik, Malang, Kediri, dan Solo. Tim Gresik Petrokimia sendiri akan menggunakan GOR Tri Dharma, Gresik, untuk jadi tuan rumah saat mengarungi putaran kedua Proliga pada 14—17 Juni 2024.

Perlu diketahui, Proliga 2024 ternyata mengalami perubahan format kompetisi. Untuk tahun ini, kejuaraan tidak diselenggarakan dengan format pertandingan kandang dan tandang. Adanya gelaran Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 ternyata menjadi penyebab utama pengubahan format kompetisi usai bikin kalender Proliga mundur tahun ini.

Selain itu, adanya gelaran kejuaraan voli internasional yang dihelat oleh Federation Internationale de Volley Ball (FIVB) turut andil membuat format Proliga berubah pada 2024. Indonesia sendiri akan menjadi tuan rumah Mens Asian Volleyball U-20 dalam waktu dekat. Kejuaraan internasional itu nantinya terlaksana di Surabaya pada 23—30 Juli 2024.

Sayangnya, langkah Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia Volleyball Club tak diikuti tim voli Jawa Timur lainnya di Proliga 2024. Mereka adalah tim voli putra Surabaya BIN Samator yang absen. Hal itu sekaligus membuat Jatim hanya mempunyai satu wakil yang mentas di Proliga tahun ini.

Baca Juga: Petrokimia Gresik Juara Voli Putri Nusantara Cup 2024

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya