Gantikan Surabaya, Malang Jadi Tuan Rumah Proliga 2024

Panggung hiburan olahraga warga Malang Raya

Gelaran Proliga 2024 sebentar lagi dimulai. Kejuaraan voli paling akbar se-Indonesia ini dijadwalkan berlangsung pada 25 April— 21 Juli 2024. Ini menjadi momentum awal Proliga digelar setelah mengalami jadwal kemunduran akibat adanya agenda Pemilihan Umum (Pemilu) pada tahun ini.

Nantinya, Proliga 2024 akan terlaksana di sembilan kota berbeda di Indonesia. Salah satunya ada Kota Malang yang ditunjuk untuk menggantikan peran Kota Surabaya sebagai tuan rumah. Penunjukkan ini sekaligus mengulang catatan Kota Apel menjadi tuan rumah Proliga usai terpilih juga pada tahun 2023 lalu.

1. Malang ditunjuk untuk menggantikan Surabaya menjadi tuan rumah di Proliga 2024

Gantikan Surabaya, Malang Jadi Tuan Rumah Proliga 2024Tim voli putra Surabaya BIN Samator (instagram.com/surabayasamator)

Kota Malang akhirnya dipilih untuk mengganti peran Kota Surabaya menjadi salah tuan rumah di Proliga 2024. Kota Apel pun masuk dalam daftar sembilan kota terpilih yang diisi Yogyakarta, Semarang, Palembang, Pontianak, Bandung, Gresik, Malang, Kediri, dan Solo. Nantinya, Malang akan memakai Gedung Olahraga (GOR) Ken Arok sebagai tempat untuk melangsungkan pertandingan.

Dikutip situs resmi Proliga, keputusan pergantian tuan rumah ini hanya terjadi pada tempat. Sementara itu, untuk waktu pertandingan, tidak mengalami perubahan sama sekali. "Perubahan ini hanya tempatnya saja. “Untuk tanggalnya tidak mengalami perubahan,” ujar Direktur Proliga, Hanny S. Surkatty.

Kota Malang sendiri menjadi tuan rumah pada babak reguler atau akhir putaran kedua Proliga 2024. Seluruh pertandingan nantinya terlaksana pada 20–23 Juni 2024 di GOR Ken Arok Malang. Setelah itu, Proliga akan melakoni pertandingan babak final four hingga grand final di kota lain.

Baca Juga: Tim Voli Jatim Gresik Petrokimia Siap Ramaikan Proliga 2024

2. Alasan pemindahan tuan rumah Proliga 2024 dari Surabaya ke Malang

Gantikan Surabaya, Malang Jadi Tuan Rumah Proliga 2024Tim voli putri Petrokimia Gresik Pupuk Indonesia (instagram.com/petrovoli_)

Sejauh ini, belum diketahui kabar pasti terkait pemindahan tuan rumah dari Surabaya ke Malang di Proliga 2024. Namun, ada satu alasan yang kemungkinan besar menjadi faktor utama keputusan pemindahan tuan rumah dilakukan. Itu disebabkan jadwal perhelatan Proliga 2024 yang mepet dengan bergulirnya ajang voli internasional di Surabaya.

Diketahui, Indonesia sendiri terpilih menjadi tuan rumah dalam gelaran Mens Asian Volleyball (AVC) U-20 2024. Kejuaraan yang dinaungi induk Federation Internationale de Volley Ball (FIVB) ini nantinya diselenggarakan di Surabaya pada 23—30 Juli 2024. Dengan alasan tersebut, maka wajar jika Kota Malang dipilih untuk mengganti peran Kota Surabaya menjadi tuan rumah di Proliga tahun ini. 

Kota Surabaya pun sadar bila kalender bergulirnya Proliga dengan kejuaraan AVC U-20 2024 amat berdekatan. Proliga akan selesai dihelat pada 21 Juli 2024 sedangkan AVC U-20 baru dimulai pada 23 Juli 2024, selisih 2 hari saja. Sehingga, Surabaya rela memilih untuk melepaskan status tuan rumah Proliga demi mempersiapkan diri menjadi tuan rumah AVC U-20 2024.

3. Daftar peserta tim voli putra dan putri di Proliga 2024

Gantikan Surabaya, Malang Jadi Tuan Rumah Proliga 2024Tim voli putri Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia (instagram.com/petrovoli_)

Pihak Proliga telah mengumumkan siapa saja tim-tim yang bakal ikut andil dalam kejuaraan ini. Setidaknya, ada 14 tim yang siap berjibaku untuk memperebutkan mahkota juara di Proliga 2024. Jumlah kontestan itu pun dibagi untuk kategori 7 tim putra dan 7 tim putri. Inilah seluruh daftar peserta yang ikut serta di Proliga tahun ini.

Tim putra:

  1. Jakarta LavAni Allobank;
  2. Jakarta Bhayangkara Presisi;
  3. Jakarta STIN BIN;
  4. Jakarta Pertamina Pertamax;
  5. Jakarta Garuda Jaya;
  6. Palembang Bank SumselBabel;
  7. Kudus Sukun Badak.

Tim putri:

  1. Bandung Bank bjb Tandamata;
  2. Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia;
  3. Jakarta Pertamina Enduro;
  4. Jakarta Popsivo Polwan;
  5. Jakarta BIN;
  6. Jakarta Elektrik PLN;
  7. Jakarta Livin Mandiri.

Kota Malang dipastikan ikut andil untuk menjadi salah satu tuan rumah di Proliga 2024. Sayangnya, Kota Apel tidak memiliki wakil alias klub kebanggaan yang turut meramaikan kejuaraan bola voli paling bergengsi se-Indonesia ini.

Baca Juga: Red Sparks vs Indonesia All Star, Hiburan Jelang Proliga 2024

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya