5 Fakta Megawati Hangestri, Pevoli Jember yang Gemilang di Korea

Dijuluki ninja berkerudung dari Indonesia

Baru-baru ini pemain voli putri asal Indonesia tengah menjadi soroton publik. Ia adalah Megawati Hangestri Pertiwi, pevoli asal Jember yang gemilang di V-League alias kasta tertinggi liga voli Korea Selatan pada musim 2023/2024. Wanita berusia 24 tahun itu berhasil tampil memukau bersama Daejeon JungKwanJang Red Sparks.

Megawati merupakan pemain voli yang tak begitu asing di telinga penggemar voli Tanah Air. Bukan tanpa alasan, pemain yang akrab dijuluki Megatron ini merupakan pevoli muda yang memiliki ketrampilan mumpuni. Buktinya, Megawati sudah pernah memperkuat timnas voli putri Indonesia di berbagai ajang internasional. Untuk selengkapnya, coba intip profil singkat Megawati Hangestri Pertiwi lewat ulasan di bawah ini, yuk!

1. Awal perjalanan karier voli Megawati

5 Fakta Megawati Hangestri, Pevoli Jember yang Gemilang di KoreaMegawati Hangestri Pertiwi (instagram.com/megawatihangestrip)

Megawati Hangestri Pertiwi merupakan pemain voli yang piawai berperan sebagai opposite hitter. Dengan kata lain, wanita kelahiran 20 September 1999 itu andal bermain dengan menguasai teknik menyerang dan bertahan. Megawati bertugas untuk membantu peran setter dan middle blocker.

Megawati mengawali karier profesional sebagai pevoli pada 2015 silam. Saat baru berusia 14 tahun, kala itu ia sudah dipercaya untuk membela klub Surabaya Bank Jatim di Livoli Divisi Utama 2015. Selanjutnya, Megawati mulai membela beberapa klub putri Proliga, seperti Jakarta Pertamina Fastron, Jakarta BNI 46, dan Bandung BJB Tandamata.

Sementara, debut Megawati bareng Timnas Indonesia terjadi pada 2017. Ia debut saat berkiprah di SEA Games 2017 Malaysia. Lebih hebatnya, Megawati yang kala itu masih 18 tahun langsung mempersembahkan medali perak melalui cabor voli putri bagi Indonesia.

2. Direkrut Red Sparks, Megawati mentas di V-League 2023/2024

5 Fakta Megawati Hangestri, Pevoli Jember yang Gemilang di KoreaMegawati Hangestri Pertiwi (kanan) saat membela Red Sparks di V-League 2023/2024. (instagram.com/red__sparks)

Berkat keahlian yang mumpuni, beberapa klub asing pun mulai menaruh perhatian kepada Megawati. Benar saja, sang pemain langsung menerima tawaran klub voli putri asal Thailand, Supreme Chonburi E-Tech, di kompetisi musim 2021/2022. Setelah itu, Megawati juga pernah berkiprah di liga voli Vietnam bersama Ha Phu Thanh Hoa.

Di kompetisi 2023/2024 ini, Megawati kembali melanjutkan kiprahnya di luar negeri. Kali ini ia bermain untuk tim voli putri Korea Selatan, Daejeon JungKwanJang Red Sparks. Megawati membela klub yang eksis di V-League alias di kasta tertinggi liga voli Korea Selatan pada 2023/2024. 

Baca Juga: Perbedaan Voli Pantai dan Voli Biasa, Miliki Aturan Tersendiri 

3. Megawati langsung sabet 2 kali MVP dari 3 penampilan

5 Fakta Megawati Hangestri, Pevoli Jember yang Gemilang di KoreaMegawati Hangestri Pertiwi (kanan) saat membela Red Sparks di V-League 2023/2024. (instagram.com/red__sparks)

Di luar dugaan, Megawati langsung tancap gas saat memulai debutnya di V-League 2023/2024. Dari 3 penampilan yang sudah dilakoni, ia sukses membawa Daejeon JungKwanJang Red Sparks meraup 2 kali menang dan 1 kali kalah. Hebatnya, Megawati selalu menjadi pahlawan saat mengantarkan timnya menang.

Sejauh ini, Megawati sudah meraih penghargaan individu sebagai Most Valuable Player (MVP) sebanyak 2 kali dari 3 laga di V-League 2023/2024. Ia meraihnya pertama kali saat debut melawan IBK Altos. Megawati mampu membawa Red Sparks menang dengan skor 3-0 (25-15, 25-15, 25-23) kala itu. Ia pun tampil menggila dengan mencetak 21 poin saat melawan IBK Altos.

Kemudian, Megawati kembali menorehkan MVP saat Red Sparks bertanding menghadapi Heungkuk Pink Spiders pada laga terbaru V-League, Kamis (26/10/2023) kemarin. Ia membawa timnya menang dengan angka tipis 3-2 (21-25, 26-28, 25-22, 25-7, 18-16). Megawati menorehkan 31 poin dalam laga itu dan lagi-lagi dicap sebagai bintang kemenangan bagi Red Sparks.

4. Masuk top skor lima besar V-League, Megawati disorot media Korea Selatan

5 Fakta Megawati Hangestri, Pevoli Jember yang Gemilang di KoreaMegawati Hangestri Pertiwi (kiri) saat membela Red Sparks di V-League 2023/2024. (instagram.com/red__sparks)

Statistik penampilan Megawati bisa dibilang luar biasa dalam tiga pertandingan awal di V-League 2023/2024. Bahkan, kini namanya sudah menembus lima besar daftar top skor sementara liga. Megawati berhasil menempati urutan ke-5 dengan torehan total 73 poin. Kedatangannya sejauh ini memberi perubahan positif bagi Daejeon JungKwanJang Red Sparks.

Kegemilangan Megawati pun sampai memperoleh sorotan positif dari beberapa media Korea Selatan. Salah satunya dari OSEN yang membuat ulasan berjudul "Asia Quarter Mega Explosion". Di mana, dalam artikel itu, keberadaan Megawati begitu disanjung setelah memberikan perubahan positif yang mencolok bagi Red Sparks di V-League 2023/2024. Megawati muncul sebagai wajah baru yang mengangkat muruah Red Sparks setelah 'tampil suram' dan hampir gagal melaju ke postseason pada musim lalu.

5. Megawati juga disorot lantaran penampilan yang berbeda

5 Fakta Megawati Hangestri, Pevoli Jember yang Gemilang di KoreaMegawati Hangestri Pertiwi (instagram.com/megawatihangestrip)

Lebih menarik lagi, Megawati turut disorot karena penampilan fashion-nya yang antimainstream di V-League 2023/2024. Bagaimana tidak, karena sebagai penganut agama islam, ia tentu wajib menggunakan hijab saat bertanding di atas lapangan. Itu pastinya berbeda dengan pemain kebanyakan di sana. Bahkan, saat ini Megawati sampai mendapatkan julukan baru sebagai "ninja berkerudung dari Indonesia" di liga voli Korea Selatan.

Megawati sendiri didatangkan Daejeon JungKwanJang Red Sparks untuk menjalankan aturan yang diselenggarakan Federasi Voli Korea Selatan (KOVO). Sang pemain direkrut untuk memenuhi slot kuota pemain Asia di V-League 2023/2024. Alhasil, tak ayal jika penampilan fashion Megawati jauh berbeda dari pemain voli kebanyakan di Korea.

 

Itulah profil menarik Megawati Hangestri Pertiwi sebagai pemain voli putri yang mendapat sorotan lebih saat ini. Semoga keberadaannya dapat mengharumkan nama Indonesia di negeri orang.

 

Baca Juga: Idola Baru di Korea, 7 Potret Megawati Atlet Voli INA di Luar Lapangan

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya