2 Tim Ruan Rumah Tutup Pro Liga 2024 Seri Malang dengan Gemilang

2 tim tuan rumah sapu bersih Seri Malang

Malang, IDN Times - Pro Liga 2024 Seri Malang resmi berakhir pada Minggu (16/6/2024). Pada hari ini ada 6 tim yang bertanding diantaranya 2 tim ruan rumah yaitu Jakarta Pertamina Enduro melawan Jakarta Livin Mandiri (putri), dan Jakarta Pertamina Pertamax melawan Palembang Bank Sumsel Babel (putra).

Selain itu, ada juga pertandingan yang mempertemukan Kudus Sukun Badak Vs Jakarta Garuda Jaya (putra).

1. Jakarta Pertamina Pertamax sukses kandaskan Palembang Bank Sumsel Babel

2 Tim Ruan Rumah Tutup Pro Liga 2024 Seri Malang dengan GemilangKonferensi pers tim Jakarta Pertamina Pertamax. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Tim Jakarta Pertamina Pertamax sukses menyapu bersih 2 laga home di GOR Ken Arok Kota Malang. Ini setelah mereka mengalahkan Palembang Bank Sumsel Babel 3 set sekaligus. Set pertama berjalan panas pasalnya pada menit 30 sempat terjadi perdebatan antara Palembang Bank Sumsel Babel dengan wasit terkait rotasi pemain saat skor 23-21 hingga pertandingan terhenti sekitar 10 menit, akhirnya wasit memutuskan mengulang serve sehingga skor kembali 22-21 untuk keunggulan Palembang Bank Sumsel Babel. Jakarta Pertamina Pertamax akhirnya sukses menang dengan skor 25-27 setelah melewati drama 1 kali deuce.

Pada set kedua dan ketiga, Jakarta Pertamina Pertamax berhasil mengamankan poin dengan skor telak. Pada 2 set ini mereka unggul dengan skor yang sama 16-25.

Pelatih Jakarta Pertamina Pertamax, Indra Wahyudi Harahap mengatakan jika akhirnya target mereka sapu bersih di Seri Malang akhirnya berhasil. Ia mengatakan puas dengan permainan anak-anak asuhannya.

"Kita dapat memaksimalkan 2 laga di Malang, target kita memang sapu bersih. Walaupun masih tipis kesempatan ke 4 besar, tapi kita sampaikan ke pemain agar enjoy," ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Pemain Jakarta Pertamina Pertamax, Jordan Susanto. Menurutnya malam hari ini adalah penampilan terbaik mereka sepanjang musim.

"Tadi sempat tegang, ada kurang lepas satu tim. Tapi kita bisa all out dan bisa fokus lagi. Secara tim tadi permainan tim paling bagus," jelasnya.

Sementara Pelatih Palembang Bank Sumsel Babel, Iwan Dedi Setiawan mengatakan jika semua strategi mereka tidak berjalan baik. Sementara lawan memiliki pertahanan yang bagus sehingga serangan mereka bisa dimentahkan.

"Tadi semua lini kita gak jalan, biasanya servis jarang gagal tapi biasanya receive kita bagus, tadi gak jalan. Secara kondisi baik, tapi saat babak pertama tadi ada kejadian. Mungkin trik sana lebih bagus untuk memancing bola," jelasnya.

Baca Juga: Pro Liga 2024 Series Malang, Megawati dan Tuan Rumah Berjaya

2. Tim putri Jakarta Pertamina Enduro ikuti jejak tim putra Jakarta Pertamina Pertamax

2 Tim Ruan Rumah Tutup Pro Liga 2024 Seri Malang dengan GemilangJakarta Pertamina Enduro (putih) saat menghadapi Jakarta Livin Mandiri di GOR Ken Arok Kota Malang. (Dok. Pro Liga)

Kemenangan tim putra Jakarta Pertamina Pertamax diikuti oleh tim putri Jakarta Pertamina Enduro yang juga menyapu bersih 2 laga di Seri Malang. Mereka mengandaskan perlawanan Jakarta Livin Mandiri 3 set sekaligus. Hasil ini membuat mereka mengamankan peringkat 4 di klasemen sementara.

Jakarta Pertamina Enduro mendominasi 3 set sekaligus, pada set pertama mereka unggul 25-19. Dilanjutkan pada set kedua dengan skor 25-20, dan diakhiri pada set ketiga dengan skor yang sama 25-18.

Pelatih Livin Mandiri, Anshori mengakui keunggulan Pertamina Enduro. Menurutnya lawan bermain bagus mulai defence hingga blok. Ia mengatakan jika Jakarta Livin Mandiri sebenarnya juga bermain bagus, tapi mereka kalah pengalaman saja.

"Kami bisa mengimbangi sebenarnya, karena pemain kami sebagian besar masih muda dan kurang pengalaman saja, kami kalah," ujarnya.

Sementara salah satu pemain Jakarta Pertamina Enduro, Maradanti Namura Tegariani atau yang kerap disapa Rara mengaku pertandingan melawan Livin Mandiri sangat enjoy. Alasan tersendiri yang membuat mereka bisa menang telak.

"Semoga nanti di pertandingan terakhir putaran kedua kita bisa menang lagi. Sehingga bisa melaju ke final four," paparnya.

3. Kudus Sukun Badak tundukkan Jakarta Garuda Jaya

2 Tim Ruan Rumah Tutup Pro Liga 2024 Seri Malang dengan GemilangJakarta Garuda Jaya (putih) saat menghadapi Kudus Sukun Badak di GOR Ken Arok Kota Malang. (Dok. Pro Liga)

Hasil positif juga diraih oleh Kudus Sukun Badak yang berhasil menjungkalkan Jakarta Garuda Jaya 3 set sekaligus. Tapi pertandingan ini berjalan alot karena kedua tim sama-sama ingin meraih kemenangan meskipun tidak begitu berpengaruh untuk mendongkrak posisi mereka di papan klasemen.

Pada set pertama Kudus Sukun Badak unggul dengan skor 25-22, pada set kedua mereka kembali unggul dengan skor 25-20. Pada set ketiga mereka kembali unggul dengan skor 25-20.

Kemenangan ini tidak lantas membuka peluang anak-anak Kudus Sukun Badak ke babak final four. Dengan kemenangan ini tim asuhan Ibarsjah Djanu ini hanya berada di peringkat keenam dari tujuh peserta Proliga 2024. Sedangkan bagi Garuda Jaya, kekalahan ini merupakan kekalahan kesepuluh dari sepuluh laga yang telah dijalani.

Pelatih Garuda Jaya, Li Qiujiang merasa timnya banyak mengikuti event internasional. Kondisi ini membuat skuad mereka tidak komplit saat menjalani kompetisi Pro Liga 2024. 

"Kita harus mempersiapkan tim untuk menghadapi Kejuaraan Asia Usia 20 tahun (U-20) pada 23-30 Juli 2024 mendatang di DBL Arena dan GOR Pancasila Surabaya. Jadi kita sekarang memakai pemain seadanya," bebernya.

Sementara pelatih Kudus Sukun Badak, Ibarsjah Djanu mengaku belum puas dengan permainan anak asuhnya meski memenangkan laga. Menurutnya permainan tim harusnya masih bisa ditingkatkan lagi.

"Masih banyak kesalahan sendiri seperti servis dan receive dari anak-anak," pungkasnya.

Baca Juga: Jakarta Electric PLN Bekuk Bandung BJB Tandamata

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan merajut keabadian. Karena dengan menulis, kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu, keduanya saling tarik-menarik menciptakan sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya