Pro Liga 2024 Series Malang, Megawati dan Tuan Rumah Berjaya

Jakarta BIN, Jakarta Pertamina Enduro, dan Jakarta Lavina menang

Malang, IDN Times - Pro Liga 2024 memasuki seri ketiga putaran kedua, seri ini dilaksanakan di GOR Ken Arok Kota Malang pada 13-16 Juni 2024. Seri ini jadi seri yang penting untuk 7 tim volli putra dan putri untuk memperebutkan posisi di final four. Yang mana pada seri ini Jakarta Pertamina Pertamax (putra) dan Jakarta Pertamina Enduro (putri) jadi tuan rumah.

Pada pertandingan pertama ini, mempertemukan Jakarta BIN Vs Bandung BJB Tandamata (putri) . Kemudian Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia Vs Jakarta Pertamina Enduro (putri). Terakhir Jakarta Bhayangkara Presisi vs Jakarta Lavani Allo Bank Electric (Putra).

1. Jakarta BIN bungkam Bandung BJB Tandamata

Pro Liga 2024 Series Malang, Megawati dan Tuan Rumah BerjayaPertandingan antara Jakarta BIN Vs Bandung BJB Tandamata di GOR Ken Arok. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Pada pertandingan pertama, yang mempertemukan Jakarta BIN melawan Bandung BJB Tandamata, Jakarta BIN mendominasi pertandingan. Mereka menang 3 set dan hanya kalah dalam 1 set saja. Pada set pertama mereka menang dengan angka yang cukup mencolok yaitu 25-15. 

Pada set kedua, Bandung BJB Tandamata sempat melakukan perlawanan dengan memenangkan set dengan skor 24-26. Pertandingan ini berjalan ketat ditandai dengan 1 kali deuce. Jakarta BIN kemudian mengamuk pada set 3 dan set 4, mereka melibas Bandung BJB Tandamata dengan skor 25-23 pada set ketiga. Kemudian mengakhiri set 4 dengan skor 25-21.

Asisten Pelatih Jakarta BIN, Labib mengatakan jika pertandingan ini berjalan bagus untuk Jakarta BIN. Pasalnya mereka mendapatkan jatah istirahat 2 hari, sehingga pemain-pemainnya fit. Megawati dan kawan-kawan bisa mengandaskan peluang Bandung BJB Tandamata untuk melaju ke final four.

"Hanya saat set 2, bola pertama kurang baik sehingga serangan kami gagal. kita evaluasi untuk bola-bola pertama, karena hari ini agak kurang," ucapnya usai pertandingan.

Sementara pemain Jakarta BIN, Wilda Siti Fadhillah mengatakan jika mereka terlalu santai saat set kedua. Sehingga bisa kecolongan dan lawan bisa memenangkan set tersebut.

"Terlalu rileks di awal, padahal kita harus jaga ritme. Lawan bagus, jadi sekali kita kendor maka lawan akan naik," ucapnya.

Di sisi lain, Pelatih Bandung BJB Tandamata, Alim Suseno mengatakan jika mengatakan jika pertandingan ini akan jadi bahan evaluasi. Ia dan timnya akan melanjutkan kompetisi sebaik mungkin meskipun peluang melaju ke babak selanjutnya telah mustahil.

"Permainan anak-anak banyak melakukan kesalahan sendiri, banyak sekali saat-saat krusial. Set kedua kita bisa menang, Set 3 kejar-kejaran (angka) tapi melakukan kesalahan saat krusial. Kalau dari data kita memang banyak kesalahan," jelasnya.

Baca Juga: Proliga 2024 Dibuka, Pemain Muda dan Senior Bersaing

2. Jakarta Pertamina Enduro sempurna

Pro Liga 2024 Series Malang, Megawati dan Tuan Rumah BerjayaPertandingan antara Jakarta Pertamina Enduro Vs Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia di GOR Ken Arok. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Jakarta Pertamina Enduro menampilkan permainan memukau kala mereka membabat Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia 3 set sekaligus. Pada set pertama Jakarta Pertamina Enduro menang dengan skor 25-18, dilanjutkan dengan set kedua dengan skor 25-15.

Namun, pada set ketiga permainan Jakarta Pertamina Enduro sempat goyah hingga terjadi kejar-kejaran skor hingga terjadi deuce. Namun, Hani dan kawan-kawan mampu menang dengan skor 26-24.

Pelatih Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia, Risco Herlambang mengaku bingung dengan performa anak asuhannya. Pasalnya mereka masih bermain baik saat Seri Bandung sebelumnya, tapi hari ini seluruh pemainnya under perform.

"Saya takut memang mental, kita sudah terhenti saat di Bandung, ini yang harus dibenahi di mental. Memang gak ada peluang di Malang, tapi saya bingung kok gairah permainan gak ada. Kemudian pemain asing kita juga, padahal di Bandung mainnya enak," ujarnya.

"Lupain aja final, karena kita sudah masuk. Kita cari aja kemenangan di Malang dan Pontianak. Kemenangan aja buat pribadi dan main bagus," sambungnya.

Sementara itu, Pelatih Jakarta Pertamina Enduro, Eko Waluyo mengatakan jika pemain-pemainnya telah menampilkan permainan sesuai arahan saat latihan. Tapi saat set ketiga mereka mengakui ada masalah pada setter.

"Pada set ketiga mungkin hanya kondisi setter kita menurun, makanya saya ganti. Sehingga Set ketiga kita bisa menang. Selanjutnya kita menghadapi Livin, kita harus fokus. Terutama dari servis, kita harus servis menyerang. Sehingga lawan sulit untuk menyerang, kalau servis baik maka kita bisa menyerang," jelasnya.

Pemain Jakarta Pertamina Enduro, Hani Budiarti mengatakan kemenangan ini berkat komunikasi yang baik antar pemain. Mereka memang harus menang jika ingin terus melaju ke final four. Jadi tidak ada ruang untuk kesalahan.

"Pada set ketiga mungkin kita terburu-buru ingin memenangkan pertandingan, sehingga sempat tertinggal. Kalau terjadi lagi, mungkin sesuai instruksi coach agar ganti setter. Agar dia bisa fokus lagi sampai 3 sampai 4 poin," paparnya.

3. Jakarta Lavani Allobank Electric bekuk Jakarta Bhayangkara Presisi

Pro Liga 2024 Series Malang, Megawati dan Tuan Rumah BerjayaPertandingan antara Jakarta Bhayangkara Presisi Vs Jakarta Lavani Allobank Electric di GOR Ken Arok. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Jakarta Bhayangkara Presisi harus menyerah dari Jakarta Lavani Allobank Electric pada pertandingan terakhir hari pertama Pro Liga 2024 Seri Malang. Bhayangkara Presisi kalah telah 3 set sekaligus. Mereka kalah 22-25 pada set pertama, dan kembali kalah pada set kedua dengan skor yang sama.

Bhayangkara sebenarnya memiliki kesempatan memperkecil ketertinggalan pada set ketiga. Mereka beberapa kali unggul dan kejar-kejaran angka, tapi hasil akhir tetap untuk Jakarta Lavani yaitu 23-25.

Asisten Jakarta Bhayangkara Presisi, Ayib Rizal mengatakan banyak strategi di timnya yang tidak jalan, salah satunya blok. Dan menurutnya yang paling fatal adalah beberapa kali gagal servis.

"Mental seharusnya bukan pemain junior lagi, tapi banyak strategi yang tidak jalan. PR kita ada Daud dan Keita, lawan mudah menyerang kita. Jadi kita harus latihan lagi karena masih ada pertandingan lagi," tegasnya.

Sementara Assiten Pelatih Jakarta Lavani Allobank Electric, Samsul Jais mengatakan jika timnya menang karena unggul dari servis dan fisik. Okeh karena itu, mereka sudah tidak kaget masuk final four.

"Pertandingan melawan ini juga tentang mental, siapa yang tahan dari preassure maka akan menang. Bhayangkara ini dominan di pemain asing, jika kedua pemain asing ini lolos block maka Lavani melakukan deffence dan melakukan counter attack," pungkasnya.

Baca Juga: Proliga 2024, bjb Tandamata Sapu Bersih Seri Bandung

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan merajut keabadian. Karena dengan menulis, kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu, keduanya saling tarik-menarik menciptakan sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya