Gate 13 akan Jadi Lokasi Sakral di Stadion Kanjuruhan Baru

Akan direnovasi, Gate 13 akan ditutup selama sebulan

Malang, IDN Times - Proses renovasi Stadion Kanjuruhan telah mencapai 48 persen, bahkan progres pengerjaan struktur bangunan sudah menyentuh 80 persen. Sehingga target penyelesaian stadion pada Desember 2024 bisa dicapai. PT Waskita Karya bahkan melakukan percepatan renovasi karena Liga 1 Musim 2024/2025 akan dimulai pada Agustus 2024, jadi Arema FC bisa segera menempati Stadion Kanjuruhan tidak jauh dari start kompetisi.

1. Gate 13 Stadion Kanjuruhan akan jadi lokasi sakral di Stadion Kanjuruhan baru

Gate 13 akan Jadi Lokasi Sakral di Stadion Kanjuruhan BaruKegiatan rekonsiliasi antara Keluarga Korban Tragedi Kanjuruhan bersama Polres Malang, Pemkab Malang, hingga Manajemen Arema FC. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Project Manager Renovasi Stadion Kanjuruhan dari PT Waskita Karya (Persero), Vino Teguh Pramudya mengatakan jika nantinya Gate 13 Stadion Kanjuruhan akan jadi lokasi sakral. Sehingga pintu Gate 13 tidak boleh dibuka kecuali ada kejadian yang urgent. Di sekitar Gate 13 juga akan dibangun monumen untuk mengenang para korban Tragedi Kanjuruhan.

"Kemarin keputusannya pemerintah setempat yaitu Pak bupati sudah menginformasikan, mengarahkan, mengusulkan untuk dinonaktifkan (Gate 13). Menurut saya secara SLF (Sertifikat Laik Fungsi) sih tidak akan terganggu ya, itu hanya masalah operasional saja apakah difungsikan atau tidak," terangnya saat dikonfirmasi pada Rabu (29/5/2024).

Gate 13 juga akan mendapat sedikit sentuhan renovasi untuk memperbaiki dan mempercantik bangunan. Namun bentuk bangunan akan tetap dipertahankan untuk menghormati para korban Tragedi Kanjuruhan.

Baca Juga: Polisi dan Keluarga Korban Tragedi Kanjuruhan Doa Bersama di Gate 13

2. Akan segera direnovasi, Gate 13 segera disterilkan

Gate 13 akan Jadi Lokasi Sakral di Stadion Kanjuruhan BaruProject Manager PT Waskita Karya, Vino Pramudya. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Vino juga mengatakan jika Gate 13 akan segera mendapatkan renovasi, tapi rencana renovasi ini akan dilaksanakan setelah tanggal 22 Juni 2023. Pasalnya pada tanggal tersebut Keluarga Korban Tragedi Kanjuruhan akan melaksanakan pengajian akbar.

Selama pelaksanaan renovasi, redaksi boleh ada satupun orang selain pekerja yang boleh masuk ke dalam area Gate 13. Selama ini memang Keluarga Korban Tragedi Kanjuruhan bebas keluar masuk wilayah Gate 13 untuk berdoa. 

"Dengan adanya kegiatan konstruksi di dalam ya pasti kami akan pasang a pagar pengaman, supaya tak ada pihak luar yang masuk, karena terkait dengan safety dan keamanan. Kurang lebih memakan waktu satu bulan," jelasnya.

3. Wujud Stadion Kanjuruhan akan berbeda jauh dari bentuk awalnya

Gate 13 akan Jadi Lokasi Sakral di Stadion Kanjuruhan BaruDesain Stadion Kanjuruhan terbaru. (Dok. PT Waskita Karya)

Lebih lanjut, Vino menegaskan jika wujud Stadion Kanjuruhan yang baru akan berbeda jauh dibandingkan sebelumnya. Pasalnya renovasi ini fungsinya adalah untuk memenuhi sertifikat laik fungsi.

"Stadion Kanjuruhan yang akan lahir kembali, ini akan memenuhi laik fungsi dinilai dari beberapa prinsip. Pertama dari keselamatan, lali ruang lingkup ruang, terus ada evakuasi, terus kenyamanan, kesehatan dan segala macam," pungkasnya.

Baca Juga: Keluarga Tragedi Kanjuruhan Protes Pemkab Berat Sebelah ke Arema FC

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan merajut keabadian. Karena dengan menulis, kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu, keduanya saling tarik-menarik menciptakan sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya