Bursa Transfer Segera Dibuka, Arema FC Berburu Pemain Bertahan

Arema FC membutuhkan permainan fullback

Malang, IDN Times - Dua hari lagi bursa transfer periode kedua Liga 1 Musim 2023/2024 akan dibuka. Setiap tim pastinya akan berburu pemain berkualitas untuk menutupi kelemahan sepanjang putaran pertama. Mereka harus bergerak cepat karena PT Liga Indonesia Baru (LIB) hanya memberikan jatah waktu 28 hari mulai dari tanggal 1-28 November 2023.

Arema FC tampaknya juga akan berbelanja untuk melengkapi skuadnya. Pelatih Arema FC, Fernando Valente tampaknya sudah memberikan list pemain yang ia butuhkan pada manajemen Singo Edan.

1. Fernando Valente mengatakan jika kebutuhan pemain bertahan adalah yang paling urgent

Bursa Transfer Segera Dibuka, Arema FC Berburu Pemain BertahanSesi latihan Arema FC. (Dok. Media Officer Arema FC)

Posisi pertama yang paling jadi perhatian Fernando adalah pertahanan Arema FC. Maklum, mereka jadi tim dengan pertahanan paling rapuh nomor 2 di Liga 1 musim ini. Mereka telah kebobolan sebanyak 31 gol dalam 17 pertandingan. Ini membuktikan pertahanan Arema FC sangat mudah ditembus oleh penyerang-penyerang lawan.

"Kita butuh pemain yang bisa konsisten di pertahanan. Saat ini kita butuh pemain di pertahanan yang konsisten dalam memberikan serangan dan posisi fullback," terangnya saat dikonfirmasi pada Senin (30/10/2023).

Fernando mengatakan jika posisi fullback Arema FC adalah yang paling mengenaskan. Pemain-pemain utama seperti Johan Ahmad Farizi dan Rifad Marasabessy berkutat dengan cedera. Sehingga mereka harus menurunkan pemain-pemain muda seperti Ahmad Figo, Achmad Maulana juga dipaksa menjadi bek kanan meskipun posisi aslinya adalah gelandang.

Baca Juga: Arema FC Masih Berkandang di Bali sampai Akhir Musim

2. Kriteria pemain idaman Fernando Valente adalah pemain pekerja keras

Bursa Transfer Segera Dibuka, Arema FC Berburu Pemain BertahanSesi latihan Arema FC. (Dok. Media Officer Arema FC)

Fernando tidak membocorkan nama-nama yang menjadi incarannya, namun ia membeberkan kriteria pemain yang dia inginkan. Menurutnya pemain tersebut harus memiliki karakter yang berbeda. Pemain tersebut harus memiliki kerja keras, sehingga kehadirannya bisa mendongkrak tim Arema FC dari zona degradasi.

"Kekurangan kami adalah komunikasi antar pemain, tapi tentu saja mereka adalah pemain yang bagus. Pemain tersebut juga harus mau bekerja keras dan bisa bekerja sama sengan saya," bebernya.

Saat ini belum ada pemain bertahan yang dirumorkan akan bergabung dengan Arema FC. Justru 2 gelandang yang diberitakan tengah didekati oleh manajemen Singo Edan, keduanya adalah Wahyudi Hamisi dan Ze Valente.

3. Pemain-pemain Arema FC rawan dibajak tim lain di Liga 1

Bursa Transfer Segera Dibuka, Arema FC Berburu Pemain BertahanGustavo Almeida saat pemusatan latihan Arema FC di Yogyakarta. (Dok Media Officer Arema FC)

Tidak hanya persoalan mencari pemain, Fernando juga dipusingkan dengan memikirkan cara agar pemain-pemainnya tidak dibajak tim lain di Liga 1. Pasalnya beberapa pemain menunjukkan potensinya di tim Singo Edan maupun di Tim Nasional (Timnas) Indonesia.

"Jadi mungkin beberapa klub tertarik sama pemain Arema, pada saat kita bicara tentang pemain yang keluar pasti kita harus mencari pemain baru. Saya akan berbicara dengan manajemen saat transfer window dibuka," jelasnya.

Dua nama yang paling santer diincar oleh tim-tim Liga 1 adalah Gustavo Almeida yang tampil moncer sebagai striker Arema FC, ia bahkan bertengger sebagai top skor Liga 1. Selain itu, ada nama Arkhan Fikri yang tampil memukau bersama Timnas Indonesia U-23.

"Ini bukan bukan tentang saya saja, tapi juga tentang pemain. Tapi kadang juga bukan tentang manajemen, ini tentang situasi bisnis di sebuah tim, dengan kekuatan uang dan kita juga butuh pemain berkualitas," pungkasnya.

Baca Juga: Fernando Valente Ogah Disebut Gagal Menangani Arema FC

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya